Anda Penggemar Pecel? Ternyata Manfaat Sayuran pada Pecel Bisa Cegah Kanker

Posted by

Makan pecel? Hampir semua orang suka, apalagi kaum ibu dan para gadis. Masih banyak yang belum tahu bahwa aneka macam sayuran penyusun pecel ini menjadikan sepincuk pecel menjadi makanan sehat dan nikmat untuk dikonsumsi.

Sayuran komplit penyusun pecel antara lain daun kenikir, bayam, kacang panjang dan genjer. Tiap daerah bisa berbeda-beda jenis sayuran untuk pecel mereka tetapi secara umum sayuran diatas paling sering dipakai.

Pada pecel juga sering ditambahkan daun kemangi yang manfaatnya banyak sekali bagi kesehatan juga ditambahkan irisan mentimun yang juga dikenal sebagai buah sayur anti kanker sehingga sering disandingkan dengan makanan yang digoreng dan dibakar seperti pecel lele dan iga bakar maupun sate.

Berikut beberapa manfaat dari sayuran pada pecel bagi kesehatan anda.

Sayur Kenikir si Pencegah Kanker

Kenikir adalah jenis tanaman yang mudah dikembangbiakkan dan biasanya mudah ditemukan disekitar pekarangan rumah. Penelitian menunjukkan daun kenikir mengandung senyawa yang memiliki daya antioksidan cukup tinggi dengan IC50 sebesar 70 mg/L (Lotulung et al., 2001). Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik (jalur mitokondria). Pemacuan apoptosis merupakan salah satu cara penghambatan karsinogenesis. 

Abas et al., (2003) menyebutkan bahwa ekstrak metanolik daun kenikir mengandung flavonoid dan glikosida kuersetin. Senyawa flavonoid diketahui mampu menginduksi terjadinya apoptosis melalui penghambatan aktivitas DNA topoisomerase I/II, modulasi signalling pathways, penurunan ekspresi gen Bcl-2 dan Bcl-XL, peningkatan ekspresi gen Bax dan Bak, serta aktivasi endonuklease (Ren, et al., 2003). Kuersetin memiliki kemampuan menginduksi apoptosis sel kanker kolon Caco-2 dan HT-29 serta sel kanker leukemia HL-60 dengan cara menstimulasi pelepasan sitokrom c dari mitokondria (Taraphdar, 2001). 

Kenikir sebagai sayuran yang mempunyai rasa khas ini banyak disuka sebagai bahan utama pecel meski sebagian orang juga bilang rasanya agak pahit dan getir tetapi itulah rasa khas kenikir yang tidak membosankan.

Sayur Genjer

Banyak yang masih meremehkan jenis sayuran yang satu ini karena dianggap sebagai sayuran yang sangat ndeso, padahal pada sayuran ini juga terdapat manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Kandungan Gizi Tanaman Genjer per 100 gram.

Energi Genjer = 33 kkal
Protein Genjer = 1,7 gr
Lemak Genjer = 0,2 gr
Karbohidrat Genjer = 7,7 gr
Kalsium Genjer = 62 mg
Fosfor Genjer = 33 mg
Zat Besi Genjer = 2 mg
Vitamin B1 Genjer = 0,07 mg

Serat yang tinggi pada Genjer bermanfaat mencegah kanker kolon dan mencegah sembelit. Kanker kolon biasanya terjadi akibat pola makan yang tidak benar dan berdampak akibat pada tidak lancarnya pencernaan. Genjer mengandung serat yang tinggi sehingga berfungsi dalam melancarkan pencernaan. Seseorang yang mengonsumsi genjer secara rutin, dapat dipastikan bahwa dia akan jauh dari risiko terkena kanker kolon. Selain itu berdasarkan sebuah penelitian, bahwa orang yang rutin dalam mengonsumsi genjer tidak akan terkena sembelit (susah buang air besar).

Zat Polifenol pada Genjer membantu mengurasi risiko penyakit jantung dan sebagai anti kanker. Kandungan polifenol dalam genjer dapat berperan sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah terkena penyakit jantung dan kanker.

Manfaat Sayur Bayam pada Pecel juga mampu cegah kanker

Dalam kehidupan sehari hari terdapat dua jenis bayam yang populer yaitu bayam merah dan bayam hijau. Bayam hijau dan merah sama-sama memiliki manfaat baik bagi tubuh karena merupakan sumber kalsium, vitamin A, vitamin E dan vitamin C, serat, dan juga betakaroten. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi untuk mencegah anemia. Kandungan kalsium dalam bayam juga dapat mencegah pengapuran tulang. 
    
Perbedaan dari kedua bayam ini hanya pada warnanya. Bayam hijau memiliki kandungan klorofil dan betakaroten lebih tinggi daripada bayam merah. Sedangkan bayam merah mengandung betasianin dan antosianin-pigmen alami yang lebih tinggi daripada bayam hijau. Bayam hijau dan merah mempunyai sifat antioksidan, anti kanker, anti hipertensi, dan anti hiperglikemik. 

Kacang Panjang pada Pecel

Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, terdapat kandungan serat mencapai 4 gram atau memenuhi 15% kebutuhan serat harian kita. 

Serat akan berguna untuk memperlancar proses pencernaan pada usus kita sehingga berpotensi cegah kanker kolon atau kanker usus besar.

Serat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga untuk metabolisme lemak yang normal.

Manfaat lain dari kacang panjang ini adalah jika dibuat jus dengan ditambah buah tomat secukupnya merupakan obat alami yang bagus untuk pengobatan penyakit diabetes.

Begitu banyak manfaat kesehatan pada makanan yang bernama pecel ini terutama untuk cegah kanker. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menyukai pecel dengan sayuran yang komplit tentunya.

Silakan bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 22:43:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.