Asam Urat Penyebab Bengkak Persendian, Ini Obat Alaminya

Posted by

Pengalaman yang paling berkesan saat makan bareng teman-teman disebuah restoran ternyata ada satu teman yang sama sekali tidak mau makan emping mlinjo. Usut punya usut ternyata teman satu ini memiliki penyakit asam urat yang lumayan berat sehingga hanya dengan makan emping mlinjo beberapa biji saja sudah langsung kumat asam uratnya.

Orang dengan penyakit asam urat memang harus ekstra hati-hati saat menyantap makanan. Ekstra pilih pilih makanan menjadi semacam keniscayaan yang wajib dilakukan oleh penderita asam urat. Makanan yang bagi orang lain baik dan sehat mungkin sangat berbahaya atau tidak baik untuk penderita asam urat. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan penyakit asam urat ini?

Secara umum, penyakit gout atau asam urat disebabkan oleh konsumsi makanan yang banyak mengandung zat-zat purin secara berlebihan.

Zat purin tersebut melalui proses metabolisme diubah menjadi asam urat. Jika konsumsi zat purin berlebihan maka akan terjadi peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Kadar yang berlebihan dalam tubuh mengakibatkan ginjal tidak mampu untuk mengeluarkan asam urat tersebut, sehingga kristal asam urat akan menumpuk, biasanya terjadi penumpukan di persendian. Penumpukan di persendian ini akan menimbulkan rasa nyeri, panas, meradang yang luar biasa dan biasanya juga timbul bengkak. Bahkan tidak jarang penderita gout tidak bisa berjalan karena rasa sakit pada persendian saat bergerak.

Lebih lanjut, penyakit gout atau asam urat yang sudah parah (akut) akan mengakibatkan tulang keropos dan pengapuran.

Asam urat memang lebih sering menjangkiti orang yang telah berumur atau separo baya. Menjelang usia 40 biasanya sudah harus selektif memilih makanan yang akan dikonsumsi. Metabolisme organ organ tubuh yang mulai menurun menjadikan orang berusia diatas 40 tahun rentan dengan penyakit asam urat ini. Lantas bagaimana cara kita untuk mencegah dan mengobati penyakit asam urat? Silakan disimak yang berikut ini:

Kurangi Makanan Yang Tinggi Zat Purin

Kurangi mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat purin misalnya, jeroan, seafood, ekstrak daging (abon, dendeng), makanan yang sudah dikalengkan dsb. Untuk lebih jelasnya, nanti akan saya jelaskan dalam artikel tentang pantangan-pantangan bagi penderita penyakit Asam Urat.

Perbanyak Makanan yang Bersifat Basa

Dalam bukunya yang berjudul "Alkalinize Or Die" Dr Theodore A mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat basa (buah-buahan, sayuran segar, serta biji-bijian rendah lemak) dapat menetralkan asam tubuh (darah dan urin), dan hal tersebut akan membantu mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat.

Obat Alami Asam Urat dengan buah Mengkudu

Bahan-bahan:

Buah Mengkudu
Air bersih
Jahe secukupnya
Kunyit secukupnya
Kapulogo secukupnya
Cengkeh secukupnya
Daun sirih
Kayu manis

Cara Membuat ramuan:

Cuci sampai bersih mengkudu, jahe, kunyit, kapulogo.

Agar sari patinya cepat kaluar, potong jahe, kunyit, kapulogo ukuran sedang. Setelah itu peras buah mengkudu masak untuk diambil airnya.

Tambahkan jahe, kunyit, kapulogo, cengkeh, daun sirih, serta kayu manis. Rebus dengan air bersih menggunakan api sedang selama 20 menit. Ramuan siap diminum.

Minum setiap pagi setelah bangun tidur. Setelah itu jangan makan apapun sampai selama ½ jam kedepan.

Obat Asam Urat dengan Buah Mahkota Dewa

Bahan
Daging buah mahkota dewa 5 g
Sambiloto kering 10 g
Akar sidaguri 15 g
Air bersih 5 gelas

Cara Membuat ramuan

Sebelumnya cuci dulu bahan-bahan yang diperlukan agar bersih dan steril.

Lalu masukkan semua bahan ke dalam panci, tambahkan 5 gelas air bersih, didihkan. Setelah mendidih biarkan hingga tinggal 3 gelas, dinginkan, saring.

Minum sehari tiga kali setiap sebelum makan, tiap minum sebanyak 1 gelas.

Resep obat asam urat dengan herbal meniran dan daun kumis kucing

Bahan
Herbal meniran 4-5 tanaman
Daun kumis kucing 4-5 lembar
Air 2 gls

Cara Membuat ramuan

Meniran dan kumis kucing dicuci bersih terlebih dulu. Lalu masukkan ke dalam panci, tambahkan air, didihkan.

Setelah mendidih biarkan hingga tinggal setengahnya.
Minum herbal asam urat sehari beberapa kali.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Obat alami asam urat

Bahan
Daun sirsak setengah tua tapi masih hijau 6-10 lembar

Cara Membuat ramuan

Ambil daun sirsak, lalu cuci sampai bersih, setelah itu tambahkan air 2 gelas, rebus. Setelah mendidih biarkan airnya tinggal 1 gelas.
Minum ramuan obat ini 2x sehari.

Obat alami asam urat dengan bunga rosella

Bahan
Kelopak bunga rosella kering 3-5 buah
Madu atau gula batu secukupnya
Air panas 200 cc

Cara Membuat ramuan
Seduh kelopak bunga rosella dengan air panas. Tambahkan madu atau gula batu secukupnya. Ramuan herbal rosella sudah siap untuk pengobatan.
Minum ramuan setiap hari selama 1 bulan.

Manfaat Jus Buah Cerry untuk Asam Urat

Minumlah jus buah cerry setiap hari secara rutin, tujuannya yaitu untuk membantu darah dan urin dalam mengimbangi sifat keasamannya. Selain itu, buah cerry juga kaya akan nutrisi dan kalium, sehingga dapat mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat.

Manfaat Jus Lemon untuk terapi asam urat

Konsumsilah buah lemon / jus lemon, karena dengan mengonsumsi jus lemon, akan merangsang tubuh untuk membentuk / memproduksi kalsium kabonat yang berfungsi untuk menetralkan asam urat.

Khasiat Vitamin C untuk asam urat

Perbanyak konsumsi vitamin C, karena vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. untuk mengonsumsi vitamin C 1000mg/jam pada awal serangan nyeri akibat asam urat. Setelah itu 500-300mg / hari sebagai langkah pencegahan.

Cuka Madu Untuk Asam Urat

Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang apa itu cuka madu. Cuka madu dibeberapa tepat dikemas dalam produk obat kesehatan yang bernama propolis.

Konsumsilah cuka madu setiap hari, tujuannya untuk memberikan suasana basa dalam tubuh yang berfungsi untuk menetralkan zat asam dalam tubuh. Selain itu cuka madu juga berfungsi untuk mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat dan menghancurkan kristal-kristal asam urat.

Biji Seledri untuk obat alami Asam Urat

Bahan
Biji seledri 2 gr
Air bersih 110 ml

Cara Membuat ramuan

Ambil biji seledri, lalu cuci sampai bersih, rebus dengan 110 ml air bersih dan biarkan hingga mendidih, atau kurang lebih selama 15 menit, saring supaya lebih jernih.

Minum sehari satu kali.

Atau dengan cara

Ambillah 2 sdm biji seledri, lalu cuci sampai bersih, rebus dengan air bersih sebanyak 2 liter menggunakan api kecil selama 3 jam.

Minum herbal seledri selagi hangat sehari tiga kali, tiap minum sebanyak 1 cangkir.

Silakan dipilih sendiri bahan bahan yang paling mudah dan tersedia disekitar rumah anda. Konsumsi dan gunakan obat herbal secara bijaksana dan sesuai dosis yang dianjurkan agar efeknya bisa efektif. Dilarang menggunakan obat herbal secara berlebihan dan tumpang tindih dengan obat medis tanpa konsultasi pada ahlinya dokter maupun herbalis. Jangan karena ingin cepat sembuh akhirnya mengkonsumsi herbal secara berlebihan bukan kesembuhan yang diperoleh tetapi efek samping yang didapat.

Silakan bagikan dan sebarkan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 22:55:00

1 komentar:

Fahed Syauqi said...

waaduuhh lumayan sulit jga ya sob jika kita terkena asam urat.. sebenarnya lebih bagus mana sih sob jus buah cherry atau jus lemon??

Loading...
Powered by Blogger.