Cara Alami Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Bawang Merah dan Putih

Posted by

Anda mungkin pernah lihat orang bule sedang membakar semacam satai dimana diantara daging yang ditusuk diselipkan juga potongan bawang merah. Ternyata saat kita mengkonsumsi makanan yang dipanggang kita dianjurkan untuk memakan juga satu siung bawang merah dan bawang putih yang bermanfaat untuk menetralisir zat karsinogen hasil bakaran makanan yang bisa menyebabkan kanker. Hal ini karena manfaat bawang merah dan putih sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh kita.

Manfaat bawang merah maupun bawang putih telah lama diketahui dan direkomendasikan sebagai herbal yang ampuh.

Beberapa manfaat Bawang Merah antara lain:

Mengontrol tekanan darah

Sama halnya seperti bawang putih, bawang merah yang dikonsumsi tanpa dimasak atau diolah menjadi jus, diyakini dapat menstabilkan tingkat tekanan darah. Bawang merah mengandung quercetin (suatu flavonol antioksidan) yang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan produksi darah dan juga mengurangi kemungkinan stroke jantung. Membubuhkan bawang merah ke dalam menu salad atau diblender menjadi jus juga bisa membuang racun dari dalam tubuh sekaligus mampu mengontrol masalah hipertensi Anda.

Menyembuhkan sembelit

Serat yang terdapat dalam kandungan bawang mentah membantu keluarnya toksin ataupun partikel makanan yang sulit dicerna oleh usus Anda. Jika Anda mengalami susah buang air besar atau sembelit cobalah konsumsi bawang mentah.

Bawang merah juga menjaga kolesterol baik dalam darah yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung. Penelitian dilakukan para ilmuwan Hong Kong yang memberikan bawang merah yang telah dihancurkan pada hamster yang mengonsumsi makanan tinggi kolesterol.

Meredakan sakit tenggorokan

Bawang juga dikenal sebagai obat ayurveda saat mengalami batuk dan sakit tenggorokan.

Haluskan bawang, seperti membuat jus lalu tambahkan sedikit Jahe dan Madu.

Menurunkan risiko diabetes

Ini juga jadi salah satu manfaat dari bawang mentah. Jika penderita diabetes mengkonsumsi bawang mentah itu sama saja meningkatkan produksi insulin. Untuk para penderita diabetes, seperti dilansir dari Bold Sky, dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang mentah secara rutin.

Mengkonsumsi bawang mentah dapat melindungi hati dari penyakit penyakit koroner. Bawang juga dapat mengendalikan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan sulfur pada bawang yang tinggi dapat melindungi tubuh kita dari pembesaran usus. Ini juga termasuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, paru paru dan kanker prostat.

Bawang juga dipercaya dapat menyembuhkan gangguan saluran kemih.

Menurut penelitian, bawang merah mentah dapat menghentikan perdarahan dan mengurangi rasa nyeri pada dubur akibat wasir atau ambeien. Dengan mengonsumsi tiga kali sehari, rasa nyeri dan perdarahan pada anus akan hilang.

Beberapa Manfaat Bawang Putih antara lain:

Untuk Pengobatan Secara Alami Penyakit-penyakit dibawah ini:

Darah tinggi,  kembung,  sembelit,  disentri,  tukak lambung,  TBC,  broncitis,  diabetes mellitus,  melicinkan darah,  pegal linu, batuk rejan,  impotensi,  monilia dan keputihan,  wasir/hemoroid,  nyeri sendi,  menormalkan berat badan, melancarkan pencernaan,  memperbaiki syaraf otak,  mengurangi rasa sakit saat haid,  menghilangkan cairan serosa di dalam rongga perut,  meningkatkan daya tahan tubuh,  mencegah radang selaput otak belakang.

Cara termudah untuk mendapatkan manfaat bawang tersebut diatas adalah mengkonsumsinya langsung dalam keadaan segar bukan dimasak. Bawang sebaiknya jangan diuleg atau diblender karena akan mengakibatkan banyak enzim yang berguna menjadi hilang.

Cobalah konsumsi rutin 1 siung bawang merah dan 1 siung bawang putih dalam keadaan segar. Lakukan cara tersebut pada malam hari. Setelah beberapa kali rutin dilakukan maka anda akan merasakan efeknya pada tubuh anda. Tubuh menjadi terasa lebih bugar dan fit. Silahkan dicoba.

Sebarkan artikel ini jika dirasa ada manfaatnya. Terima kasih.

Catatan Penting:

Konsumsi bawang putih setengah sampai satu siung sehari secara kontinyu selama satu bulan mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9%.Harap dosisnya diperhatikan benar! Jika terlalu banyak, tak baik bagi kesehatan. 

Mengkonsumsi lebih dari tiga siung setiap hari dapat menimbulkan diare, kentut, sebah, dan demam. Bahkan bisa memunculkan perdarahan lambung.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 16:19:00

0 komentar:

Powered by Blogger.