Cara Membedakan Mangga Golek, Mangga Arumanis dan Mangga Manalagi

Posted by

Saat musim mangga tiba, berbagai macam jenis mangga melimpah ruah di pasaran tetapi yang paling sering dan paling dikenal masyarakat hanya beberapa saja. Mangga-mangga yang terkenal manis dan memiliki rasa yang khas dan berbeda satu dengan yang lainnya hanya terdapat beberapa jenis. Diantara mangga-mangga tersebut adalah mangga arumanis, mangga manalagi dan mangga golek.

Mangga Golek, Mangga Arumanis dan Mangga Manalagi

Ketiga jenis mangga diatas memiliki rasa yang berbeda dan juga tekstur serat buah yang berbeda-beda pula. Berikut yang perlu diketahui tentang ketiga jenis mangga diatas:

Jawa Timur Sentra Mangga Arumanis dan Mangga Manalagi

Saat musim panen mangga harga di petani mangga biasanya akan murah sekali. Secara umum harga perkilogram mangga arumanis lebih mahal daripada mangga manalagi. Harga mangga arumanis bisa dua kali lipatnya mangga manalagi. 

Salah satu sebab mengapa mangga manalagi perawatannya mudah sekali bahkan jika sudah umur berbuah kalau di pekarangan penduduk tanpa perawatan sama sekali hasil buahnya tetap rimbun dan banyak.

Untuk mangga arumanis jika hasil mangganya ingin bagus dan produksinya tinggi diperlukan pemangkasan dan pemupukan sebelum memasuki musim berbunga. Jika tanpa perawatan maka hasil mangganya akan kurang dan tidak akan maksimal.

Mangga Arumanis dan Manalagi sama-sama berasal dari daerah Jawa Timur, bedanya mangga Arumanis dari Probolinggo sedangkan Manalagi dari Situbondo, meskipun di kedua daerah ini juga ada ditanam dua jenis mangga ini. Mangga Arumanis ini merupakan salah satu varietas unggul yang telah dilepas oleh Menteri Pertanian. Buahnya berbentuk jorong, berparuh sedikit, dan ujungnyameruncing. Pangkal buah berwarna merah keunguan, sedangkan bagian lainnya berwarna hijau kebiruan. Kulitnya tidak begitu tebal, berbintik-bintik kelenjar berwarna keputihan, dan ditutupi lapisan lilin. Daging buahnya tebal, berwarna kuning, lunak, tak berserat, dan tidak begitu banyak mengandung air. Rasanya manis segar, tetapi pada bagian ujungnya kadan:gkadang terasa asam. Bijinya kecil, lonjong pipih, dan panjangnya antara 13-14 cm. Panjang buahnya dapat mencapai 15 cm dengan berat rata-rata per buah 450 g. Produktivitasnya cukup tinggi, dapat mencapai 54 kg/pohon.

Adapun bentuk daun buah mangga Manalagi ini cenderung lonjong dengan bagian ujung yang agak runcing. Adapun bunga pohon manalagi ini berbentuk majemuk dan seperti kerucut. Warna bunga tersebut kuning dengan bagian tangkai agak hijau kemerahan.

Buah mangga manalagi lebih kecil jika dibandingkan dengan golek. Ukurannya sedang dengan kulit buah yang masih muda hijau dan apabila matang juga masih hijau tetapi agak keabuan. Kulit mangga yang satu ini juga dipenuhi dengan bintik-bintik putih yang jumlahnya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis mangga lainnya. Sementara itu daging buahnya padat dan berserat. Kulit buah tebal dan berlilin. Mangga manalagi ini termasuk mangga yang tahan lama paska pemetikan dari pohon.


Yang paling membedakan antara mangga Golek dengan Arumanis dan Manalagi adalah ukurannya yang lebih besar dan panjang serta lonjong. Mangga Golek mempunyai bentuk panjang meruncing tapi tidak berparuh, rasanya manis dan ketika matang kulitnya tetap berwarna hijau. Buah mangga golek memiliki daging yang tebal rasanya manis dan harum yang tajam, warna kuning tua, lunak, tak berserat, dan jika diiris banyak mengeluarkan air.

Jenis mangga golek sudah sangat tenar di daerah sentra hortikultura jawa barat, namun yang membedakan dengan jenis mangga golek asal pasuruan dan probolinggo ini dari sosok buahnya yang lebih besar dari mangga golek seperti umumnya. Buah mangga ini bentuknya panjang, ujungnya meruncing, dan tak berparuh. Warna buah muda hijau, sedangkan yang tua berwarna kuning pada pangkalnya dan kehijauan pada ujungnya.
Kulit mangga Golek tidak begitu tebal, halus. Daging buah tebal, berwarna kuning tua, lunak, tak berserat, dan jika diiris banyak mengeluarkan air. Rasanya sangat manis dan aromanya harum tajam. Panjang buahnya 17 cm dengan berat kurang lebih 500 g. Produktivitas rata-rata per pohon sekitar 52 kg. Tanaman mangga golek termasuk tanaman dataran rendah. Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah dengan ketinggian antara 0-300 m di atas permukaan laut.

Untuk ketiga jenis tanaman mangga ini memang sudah banyak ditanam di daerah-daerah lain juga, tetapi dari segi rasa tetapi belum bisa mengalahkan rasa mangga yang dari daerah aslinya.


Inilah Yang Akan Anda Dapatkan Dengan Mengkonsumsi Buah Mangga
  • Buah Mangga terbukti bisa Menjauhkan kanker. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah dimana para peneliti mendapatkan fakta menarik seputar kandungan anti-oksidan dalam sebuah mangga. Anti-oksidan ini sangat berperan dan efektif melindungi tubuh manusia dari berbagai resiko kanker seperti pada payudara, usus besar, kakner darah, prostat dan masih banyak lagi lainnya. Senyawa yang ada di dalam buah mangga yang sangat ampuh mereduksi ancaman kanker adalah asam galat, astragalin, filsetin, quercetin dan juga methylgallat.
  • Mencerahkan kulit. Manfaat buah mangga yang satu ini tentu menggiurkan para wanita. Dengan mengkonsumsi buah mangga, pori-pori Anda akan bersih dan jerawat akan jauh. Sebagai efeknya, kulit Anda akan jauh lebih cerah dan sehat. Manfaat ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi mangga atau dengan menggunakannya sebagai bahan kecantikan seperti masker misalnya.
  • Mereduksi angka koleterol. Manfaat ini bersumber pada kandungan vitamin c di dalam mangga yang memang tinggi. Vitamin c ini mampu mendetoks darah dari unsur-unsur yang tak penting seperti kolesterol jahat.
  • Membuat mata lebih cerah. Dengan mengkonsumsi mangga secangkir setiap harinya akan membantu mata Anda seba ia sangat kaya akan vitamin A. Mangga juga membantu agar mata terus lembab dan terhindar dari kekeringan.
  • Manfaat mangga lainnya adalah memenuhi kebutuhan alkali manusia. Senyawa yang ada di dalam mangga seperti asam tartrat, asam sitrat dan juga asam malat bisa menahan cadangan alkali di dalam tubuh manusia.
  • Meningkatkan gairah dan energi sex. Manfaat yang satu ini tentunya sangat didambakan mereka yang telah berpasangan. Kabarnya kadar vitamin E di dalam mangga bisa membantu meningkatkan gairah sex! Jadi jangan ragu mengkonsumsi buah mangga setoap hari.
  • Mangga mampu memperbaiki sistem pencernan. manfaat yang satu ini terkait erat dengan kandungan fiber atau serat alami dalam mangga.
  • Melenyapkan panas dalam. Mangga bisa berfungsi sebagai pendingin tubuh. Panas dalam biasanya muncul saat ginjal terbebani dengan cuaca yang panas. Dengan mengkonsumsi mangga, Anda bisa menetralkan racun dan suhu di dalam ginjal Anda.
  • Manfaat buah mangga lainnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Hal ini terkait erat dengan kandungan vitamin A juga C yang banyak dijumpai dalam buah mangga. Selain itu, buah dengan warna daging cantik ini mengandung sedikitnya 25 karotenoid yang sangat baik dalam menjaga kondisi fit tubuh.
Tips aneka cara mengupas mangga untuk dikonsumsi:

Dikupas biasa dan dipotong potong kecil masukkan wadah atau mangkok dan siap dinikmati

Dipotong dua melintang keluarkan bijinya dan mangga bisa langsung dimakan menggunakan sendok tanpa perlu dikupas tinggal disendok daging mangganya.

Iris mangga menyamping tanpa dikupas kemudian hasil irisan disayat kotak kotak dan tekuk potongan mangga tersebut maka daging akan menyembul tinggal disantap.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:50:00

0 komentar:

Powered by Blogger.