Cara Menghilangkan Bau Khas "Prengus" Daging Kambing

Posted by

Menghilangkan Bau Khas Daging Kambing dengan Memanfaatkan Bumbu Rempah, Jeruk Nipis, Tebu, Kacang Hijau, Lobak, Nanas dan Daun Pepaya.

Bagian Daging Kambing

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menghilangkan bau "prengus" yang merupakan bau khas pada daging kambing. Bau khas ini memang mengganggu terutama bagi mereka yang sangat peka dengan bau-bauan. Untuk menghilangkan bau tak sedap. Anda Juga bisa menambahkan bumbu dapur beraroma kuat seperti kapulaga. kayu manis, cengkeh, dan bumbu rempah lainnya. Bumbu-bumbu yang beraroma kuat seperti itu tidak hanya membuat rasa masakan menjadi nikmat, tetapi juga membantu menghilangkan bau tidak sedap pada daging.

Berikut cara mudah untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan bau "prengus" yang khas keluar dari daging kambing:

Menggunakan Cairan Jeruk Nipis

Cara yang pertama dan paling mudah dilakukan adalah dengan memanfaatkan cairan dari jeruk nipis, sebelum dimasak daging kambing disiram dengan tetesan air jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis bisa dengan menggunakan daun jeruk limau. Kemampuan dari cairan atau air perasan jeruk nipis maupun daun jeruk limau ini sangat efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap yang berupa "prengus" pada daging kambing.

Daun Jambu Biji

Selain air jeruk nipis bisa juga menggunakan daun jambu klutuk. Daun jambu biji selain banyak manfaatnya untuk kesehatan seperti untuk obat diare ternyata juga bisa untuk mengurangi atau menghilangkan bau prengus yang khas dan tidak sedap pada daging kambing. Cara menggunakan daun jambu biji untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing adalah: Ambil beberapa lembar daun jambu, kemudian daun jambu biji itu diremas-remas atau dibejek-bejek bersama dengan daging kambing sebelum dimasak. Lakukan hal ini selama beberapa menit baru kemudian daging siap untuk dimasak.

Menggunakan Arang

Arang adalah bahan bakar hasil pengolahan dari berbagai jenis kayu maupun batok kelapa yang dibakar dan kemudian dikubur dalam tanah. Salah satu manfaat arang adalah untuk detoksifikasi racun dalam tubuh kita. Sedangkan cara menggunakan arang untuk bahan penghilang bau tak sedap pada daging kambing adalah seabgai berikut:
  • Ambillah 2 potong arang lalu cucilah sampai bersih dari kotoran lain. 
  • Rebuslah daging kambing bersama-sama arang tsb, niscaya daging kambing tidak akan berbau lagi.
  • Setelah itu masaklah dengan rempah-rempah sesuai resep pilihan anda

Daging Tanpa Dicuci

Sebenarnya mencuci daging adalah suatu keharusan karena kita tidak tahu bagaimana kondisi rumah potong hewan saat binatang disembelih, apakah kotor atau bersih. Tetapi jika kita tahu pengolahan awal dari RPH yang higienis maka kita bisa langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih, tanpa mencucinya terlebih dahulu baik dengan air maupun bahan pencuci lainnya. Bau amis itu akan berkurang dengan sendirinya jika dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu). Jangan lupa berhati-hati ketika memotong daging kambing agar tidak terkena kotoran (sehingga kita tergoda alasan harus membilasnya dengan air). Jika bulu-bulu kambing masih menempel halus dan tipis, cabuti saja pelan-pelan. Daging kambing siap olah tidak mengapa disimpan dulu di dalam kulkas sebelum dimasak, sepanjang tidak dicuci dengan air. Jadi sebelum melakukan metode ini pastikan dulu kondisi daging kambingnya memang terlihat bersih sehingga bisa diperlakukan tanpa dicuci langsung dimasak. Jika kondisi daging terlihat kotor sebaiknya tetap dicuci dan gunakan metode lain untuk menghilangkan bau tidak sedap pada daging kambing tersebut. (Di artikel ini disediakan banyak pilihan cara untuk menghilangkan bau khas daging kambing, anda tinggal pilih mana yang paling mudah dan bahannya tersedia di dapur rumah anda).


Potong Daging Searah Serat Daging
Memotong daging kambing searah serat daging bisa mengurangi adanya bau khas dari daging kambing yang hendak dimasak. Teknik ini agak lumayan susah karena kita harus benar-benar memperhatikan arah serat daging kambing. Jadi kalau anda merasa kesulitan dengan metode ini, silahkan aja pilih cara yang lain, baik yang diatas maupun yang dibawah.

Menggunakan Buah Nanas dan Daun Pepaya
Sebelum dimasak bungkus dengan daun pepaya dan buah nanas. karena daun pepaya bikin daging menjadi empuk setelah matang sedangkan nanas untuk menghilangkan bau amisnya. diperkirakan bau nanas lebih kuat daripada jeruk

Memanfaatkan Rimpang Jahe


Jahe memang sungguh banyak manfaatnya baik dalam bidang kesehatan dan kecantikan maupun dalam bidang kuliner. Salah satu fungsi jahe dalam bidang kuliner adalah untuk mengurangi bau tidak sedap pada daging kambing.

Caranya adalah cincang, memarkan atau lumat jahe, kemudian campurkan pada daging yang akan diolah. Aroma Jahe akan menutupi bau lebus pada daging. Agar hasilnya maksimal, lebih baik lagi Jahe yang dlhaluskan bersama bumbu lain.

Merebus daging Kambing dengan Lobak

Rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian keluarkan lobaknya. Setelah itu pergunakan daging kambing untuk memasak sesuai dengan resep masakan daging kambing yang disukai.

Menggunakan Kacang Hijau

Rebus 1 kilogram daging kambing atau domba dengan kacang hijau sebanyak 5 gram. Setelah 10 menit, angkat dan tiriskan daging tersebut. Kemudian dimasak sesuai dengan keperluan.

Memakai Bubuk Kare

Rebus 1 kilogram daging kambing dengan dimasukkan bersama bubuk kare sekitar 10 gram. Banyaknya bumbu kare disesuaikan dengan jumlah kilogram daging yang akan dimasak

Memanfaatkan Potongan Tebu

Tebu juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bau daging kambing, caranaya sebagai berikut: Rebus 1 kilogram daging kambing atau domba dengan dimasukkan 200 gram tebu yang sudah dipotong-potong. Rebus kurang lebih selama setengah jam

Tambahkan Cuka

Cara menggunakan cairan cuka untuk menghilangkan bau tak sedap pada daging kambing adalah sebagai berikut: Rebus 1 liter air, setelah mendidih masukkan 1 kilogram daging kambing dan 50 gram cuka. Setelah mendidih, tiriskan daging kambing itu dan dimasak ulang sesuai keinginan.

Rendam Dalam Susu Segar
Untuk menghilangkan bau khas daging kambing dapat dilakukan dengan  merendam daging kambing dengan menggunakan susu segar, rendam semalaman, lalu pagi harinya tiriskan dan daging kambing siap untuk di masak, selain bebas dari prengus, merendam dengan susu juga membikin daging kambing lebih gampang empuk.

Menggunakan Yoghurt
Bila memiliki yoghurt, anda juga dapat merendam daging kambing dengan yoghurt, yoghurt mengandung mikroorganisme yang baik, sehingga ketika memasak daging kambing akan lebih bersih dan juga kenyal waktu di masak.

Hilangkan atau Bersihkan Lemak pada Daging Kambing
Lemak dari daging kambinglah yang membikin daging kambing menjadi bau, caranya ketika hendak membuat masakan daging kambing, pastikan daging bebas dari lemak kambing yang dapat merusak bau dari dagingnya sendiri. Cara ini menurut saya adalah cara paling sehat karena daging menjadi lean alias tanpa lemak sehingga sedikit mengandung kolesterol dan tentunya lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi. Cara ini juga bisa digabungkan dengan metode yang lain yaitu setelah lemak benar-benar dibersihkan dari daging kambing tersebut, teteskan juga cairan atau air perasan jeruk nipis secukupnya pada daging tersebut, maka dijamin bau prengus pada daging kambing akan benar-benar lenyap.

Ternyata banyak sekali bukan cara-cara sederhana untuk  menghilangkan atau mengurangi bau khas "prengus" pada daging kambing sebelum dimasak.

Silahkan bagikan dan sebarkan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel lainnya. Semoga bermanfaat.

(Diolah dari berbagai sumber)

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 00:44:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.