Jangan Bosan Minum Air Kelapa Muda, Ini Segudang Manfaatnya!

Posted by

Manfaat Minum Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan.

Kelapa Muda. Degan atau kelapa muda sebenarnya adalah kelapa biasa jenis apa saja yang dipetik sebelum waktunya yaitu antara umur pertengahan sebelum tua. Jika terlalu muda dan belum ada daging buahnya sama sekali rasanya tidak senikmat jika sudah berdaging agak tebal tetapi masih sangat empuk.

Kelapa muda sangat nikmat dikonsumsi siang hari saat cuaca sedang panas-panasnya.

Minum air kelapa muda sangat dianjurkan untuk mereka yang banyak mengkonsumsi makanan-makanan berlemak tinggi seperti daging dan aneka gorengan.

Ternyata air yang terdapat pada kelapa muda banyak memiliki kandungan nutrisi penting bagi kesehatan tidak hanya melulu air bening. Banyak yang tidak menyangka bahwa Air kelapa muda mempunyai kandungan protein yang cukup lengkap seperti asam aspartat, alanin, arginin, asam glutamat, fenilalanin, tirosin dan histidin.

Dengan kandungan protein tersebut maka air kelapa bisa dimanfaatkan untuk sumber protein pembangun sel-sel tubuh kita.

Air kelapa muda juga tinggi kandungan glukosanya sehingga ketika kita minum akan terasa manis.  Glukosa adalah sumber energi sehingga air  kelapa muda bermanfaat mengembalikan energi yang loyo.

Air kelapa muda kaya dengan mineral seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, besi, dan tembaga.

Air kelapa muda juga banyak mengandung vitamin. Ada vitamin C dan 7 macam vitamin B yaitu nikotinik, asam pantotenat, biotin, riboflavin (B2), asam folat, tiamin (B1), dan piridoksin (B6).

Air kelapa bisa dijadikan sebagai obat herbal karena mempunyai sifat seimbang (isotonis) dan kaya dengan elektrolit. Karenanya, sangat baik diminum ketika tubuh kekurangan elektrolit, misal setelah aktifitas atau olah raga berat.

Sekarang coba kita kupas apa saja manfaat dari air kelapa muda ini.

Bagus bagi penderita diabetes.
Karena kemampuannya untuk memperlancar peredaran darah maka minum air kelapa muda dianjurkan untuk penderita diabetes dalam jumlah terbatas karena air kelapa muda juga mengandung glukosa yang tidak baik dikonsumsi secara berlebihan.

Sebagai minuman elektrolit yang baik bagi tubuh
Air kelapa muda  mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

Bagus untuk mengontrol berat badan
Air kelapa bergizi dan sehat bagi tubuh karena rendah lemak dan kalori, sehingga mencegah Anda dari kelebihan berat badan.

Mencegah penyakit Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Aliran darah yang tidak lancar karena penyempitan saluran kardiovascular akan terbantu dengan rutin minum air kelapa muda yang mampu melancarkan aliran darah. Aliran darah yang lancar akan mampu menurunkan tekanan darah.

Minuman isotonik
Air kelapa tidak hanya menyegarkan, tapi juga memberikan efek pendinginan untuk tubuh Anda dan saluran pencernaan. Sistem kerja pada lambung dapat menyebabkan peradangan dan ini dapat disembuhkan dengan air kelapa. Ini juga mengontrol suhu tubuh.

Air kelapa juga dikenal sebagai minuman isotonik karena merehidrasi tubuh. Jadi, teguklah dua hingga tiga gelas air kelapa saat tubuh Anda dehidrasi. Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari air kelapa itu rendah gula yang membuatnya menjadi minuman bergizi bagi pasien jantung dan diabetes. Hal ini juga membantu dalam penurunan berat badan. Banyak pelaku diet lebih suka minum lima-enam gelas air kelapa untuk menurunkan berat badan.

Mengandung Enzim Bioaktif
Ini adalah minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme Anda dan meredakan rasa lelah. Manfaat air kelapa pada sistem pencernaan seperti membersihkan racun dari tubuh. Air kelapa adalah obat alami untuk menyembuhkan infeksi urin. Hal ini tentu berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra.

Bagus untuk mencegah rambut rontok
Air kelapa juga menanggulangi masalah kerontokan pada rambut karena air kelapa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Mencegah Penuaan Dini
Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Air ini bisa kita katakan sebagai air super, ia sangat kaya nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin & piridoksin, dan folat. Air kelapa memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus seperti flu.

Mengatasi Penyakit Batu Ginjal
Air kelapa juga membantu dalam melarutkan batu ginjal karena memiliki kandungan kalium yang memainkan peran kunci dalam proses alkali urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Air kelapa muda Baik untuk ibu hamil
Air kelapa merupakan minuman sehat untuk ibu hamil karena dapat meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung Vitamin C yang dibutuhkan selama waktu kehamilan.

Air kelapa muda menyehatkan kulit anda
Untuk mengatasi jerawat  dan mencegah terjadinya jerawat pada wajah, air kelapa merupakan salah satu nutrisi yang dapat anda usapkan di wajah dan biarkan semalaman. Ia memiliki sifat memperbaiki dan baik untuk kulit bahkan dapat diterapkan pada tangan dan kuku.

Baik untuk pencernaan
Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya. Enzim ini membantu untuk mempermudah pencernaan dan metabolisme tubuh. Air juga memiliki lebih mineral seperti kalsium, mangan dan seng seperti buah-buahan termasuk jeruk. Air kelapa juga merupakan sumber dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, pyridoxine, dan folat.

Obat alami Cacingan dan Sebagai Pelancar Buang Air Seni
Air kelapa bisa digunakan sebagai dieuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa juga bisa digunakan untuk memerangi cacing yang berada di dalam perut anak-anak.

Mengobati Rasa Panas Akibat Terbakar
Air kelapa dapat mengurangi rasa panas akibat terbakar yakni dengan cara mencampurkan air kelapa dengan satu sendok bubuk kunyit dan air kapur sirih, lalu oleskan pada bagian yang terbakar. Rasa panas akibat terbakar pun akan segera hilang dan tidak meninggalkan bekas melepuh.

Mempercepat penyembuhan Disentri
Bila air kelapa kelapa hijau diminum secara teratur 2 kali sehari, maka penderita disentri akan cepat sembuh.

Salah satu Obat alami Demam Berdarah

Air kelapa dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah, yakni dengan cara mencampurkan air kelapa dengan perasan jeruk nipis, akan lebih baik bila dicampur sedikit garam dan madu.

Mengatasi Gangguan Perut seperti Sembelit
Air kelapa mampu mengatasi sembelit dan mual karena makanan, yakni dengan mencampurkan air kelapa dengan susu.

Detoksifikasi atau Penetral Racun

Air kelapa muda ternyata berkhasiat sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit, terutama buat menetralkan racun yang masuk kedalam tubuh.

Cara Minum Air Kelapa Muda dengan Benar

Waktu paling tepat minum air kelapa muda adalah pada pagi atau siang hari.

Tidak dianjurkan minum air kelapa muda pada malam hari karena air kelapa muda mengandung glukosa yang mudah terserap tubuh sehingga bisa menimbulkan kelebihan energi saat hendak tidur yang akhirnya bisa memicu obesitas atau kegemukan.

Minumlah air kelapa muda secara alami tanpa campuran gula maupun sirup dan lain-lain.

Konsumsi rutin air kelapa muda  sangat dianjurkan untuk mereka yang punya keluhan darah tinggi dan gangguan kardiovascular dan keluhan jantung.

Kandungan Nutrisi Air Kelapa:

Kadar air 90,59 % 
Kalori 437 kkal/100gr 
Minyak 26,67 % 
Protein 10,67 % 
Serat kasar 3,98 % 
Total karbonhidarat 38,45 % 
Pati 13,53 % 
Glukosa 24,92 % 

Asam Amino Esensial

Isoleusin 2,5 gr/16 gr N, 
Leusin 4,9 gr/16 g N, 
Lisin 2,7 gr/16 gr N, 
Metionin 1,5 gr/16 gr N, 
Threosin 2,3 gr/16 gr N, 
Tripthopan 0,6 gr/16 gr N 
Valin 3 ,8 gr/16 gr N 

Kandungan Mineral 

Fe 17 ppm 
S 4 ,4 ppm 
Cu 3 ,2 ppm 
P 2.4 ppm 

Kandunga Vitamin 

vitamin C 10 ppm 
vitamin B 15 IU,
vitamin E 2 ppm

Demikian segudang manfaat air kelapa muda.

Silakan sebarkan artikel ini jika bermanfaat....terima kasih.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 02:29:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.