loading...
Toko Pertanian MARDIKA TANI. Jl. Raya Sragen-Solo KM 7, Sragen Jawa Tengah. "Sedia AOS AMINO Ternak Untuk Sapi Cepat Gemuk dan Sehat" Kontak: Hp. 0822 2656 7891 / 0822 2122 5555

Jangan Kupas Kulit Kentang, Ini Manfaatnya!

Posted by

Kentang memang bukan makanan pokok di masyarakat kita. Kentang lebih banyak dipakai untuk sayur jika dipedesaan dan juga lauk seperti  perkedel kentang, sambel kentang dan lain-lain.

Sedangkan bagi anak-anak kentang lebih dikenal sebagai camilan  berupa keripik kentang yang dikemas jadi semacam snack dengan berbagai merek dan berbagai rasa.

Belakangan ini timbul kesadaran di masyarakat untuk mencoba diversifikasi makanan pokok agar tidak terbatas pada beras atau nasi. Salah satu pilihannya adalah kentang. Cara yang paling sederhana cukup rebus kentang dan jadikan pengganti nasi.

Salah satu anjuran penting adalah agar saat merebus kentang jangan kupas kulitnya karena pada kulit kentang ada manfaat tersembunyi bagi kesehatan. Sebagai gambaran sebuah kentang berukuran besar seberat 300 gram yang direbus bersama dengan kulitnya, mengandung 261 kalori, 5,6 gram protein dan 0,3 gram lemak. Namun jika Anda mengupas kulitnya sebelum direbus, maka Anda akan kehilangan sekitar setengah gram protein. Namun kandungan kalori dan lemak tetap sama. Umbi kentang yang direbus mengandung 5,4 gram serat, dan 2,6 gram gula alami.

Manfaat Kentang Yang Direbus Bersama Kulitnya

Menurunkan Tekanan Darah dan Mengatasi Dehidrasi

Mengkonsumsi kentang beserta kulit mengandung 1.600 mg kalium, setengah dari jumlah kalium yang dibutuhkan tubuh per harinya. Kalium mampu menurunkan tekanan darah dan mengembalikan ion tubuh untuk mencegah dehidrasi.

Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Diabetes.

Jika makan kentang beserta kulitnya, artinya telah mengonsumsi kebutuhan serat sekitar 7 gram atau sekitar seperempat dari kebutuhan per hari. Namun jika tanpa serat, banyaknya serat dalam kentang hanya 1 gram.

Konsumsi kentang akan membuat kenyang lebih lama. Selain itu mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan kolesterol dan membantu mencegah diabetes.

Kentang juga kaya akan vitamin B6 yang membantu Anda mencegah serangan jantung. Vitamin B6 mampu menurunkan homosisteine yang merupakan akar penyebab penyakit degeneratif dalam tubuh.

Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Kesehatan Tulang dan Gigi serta Melawan Stress.

Kentang adalah sumber besar vitamin C yang dapat menyerang virus-virus terjadinya flu.

Kentang juga dapat menjaga kesehatan gigi, perkembangan tulang, pencernaan, dan pembentukan sel darah. Vitamin ini juga membantu dalam penyembuhan, meningkatkan elastisitas kulit dan membantu melawan stres.

Kentang menyimpan vitamin D yang dapat membantu dalam membangun tulang yang sehat, melindungi saraf, jantung, meredakan suasana hati Anda dan mengurus kelenjar tiroid dalam tubuh.

Melancarkan Pengolahan Protein dan Kolesterol oleh Tubuh.

Salah satu zat penting lainnya yang terkandung dalam kulit  kentang yaitu Zat mangan. Zat ini dibutuhkan oleh tubuh meskipun bukan dalam jumlah yang besar. Zat mangan ini berperan penting dalam mengolah protein, karbo, dan kolesterol.  Saat seseorang mengonsumsi 1 butir kentang beserta  kulitnya, maka kebutuhan sepertiga kebutuhan zat mangan untuk tubuh telah terpenuhi.

Tips Mengolah Kentang:

Mengolah kentang yang paling bagus adalah dengan direbus atau dipanggang dalam oven setelah sebelumnya dibungkus dengan aluminium foil.

Sebaiknya kentang jangan digoreng karena minyak goreng akan manaikkan jumlah kalori pada kentang. Disamping itu mengkonsumsi gorengan terlalu sering juga tidak bagus bagi tubuh kita.

Rebus kentang selalu dengan kulitnya untuk mendapatkan manfaat kulit kentang bagi kesehatan.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 14:27:00

0 komentar:

Powered by Blogger.