Jangan Pernah Lakukan Hal Berikut Pada Sapi Anda

Posted by

Mengglonggong, Memberi pakan konsentrat ayam, Memberi Obat BA2 dan Berlaku Kasar Adalah Sebagian Hal yang Dilarang Dilakukan Peternak Sapi.
Sebenarnya ada banyak hal yang tidak boleh dilakukan pada sapi anda. Berikut ini hanya beberapa diantaranya yang tidak layak dilakukan peternak terhadap ternak sapinya.
Menconthang atau Mengglonggong Sapi
Kegiatan mengglonggong sapi merupakan penyiksaan terhadap ternak sapi juga termasuk penipuan dan kecurangan seorang peternak. Mengglonggong sapi artinya memasukkan cairan secara paksa ke dalam perut sapi biasanya untuk tujuan menaikkan bobot sapi juga bobot daging. Bahkan dalam kondisi ekstrim sapi bisa sampai mati akibat diglonggong.
Menconthang sapi hanya bisa dibenarkan ketika kita memasukkan ramuan obat ke mulut sapi baik itu berupa jamu sapi maupun obat cacing oral. Bisa juga dibenarkan ketika sapi tidak mau makan sama sekali tentunya dengan takaran pakan yang normal.
Jadi jika anda masih memiliki rasa kebinatangan maka hentikan kegiatan mengglonggong sapi.
Memberi Pakan Sapi Dengan Konsentrat Ayam
Pakan atau konsentrat ayam dilarang diberikan pada sapi karena mengandung tepung darah dan tepung tulang. Kedua bahan tersebut adalah pemicu merebaknya kasus sapi gila atau mad cow di negara-negara eropa.
Dan secara hukum positif di negara kita, memberi makan sapi dengan konsentrat ayam juga melanggar hukum karena ada UU yang melarangnya.
Memberikan Obat Terlarang Semacam Beta Agonis (Semacam Steroid).
Pemberian Beta Agonis pada sapi memiliki efek samping yang berbahaya baik bagi ternak sapinya sendiri maupun bagi manusia yang mengkonsumsi dagingnya.
Pada sapi timbul semacam kecanduan dan bila pemakaian BA2 ini dihentikan sapi bisa sakau dan tremor. Sedangkan bagi manusia bisa menimbulkan berbagai macam penyakit degeneratif dan penyakit berbahaya lainnya.
Berlaku kasar, Memukul , Menendang dan Menggebuk Sapi
Sapi adalah makhluk bernyawa yang memiliki indera perasa sakit sehingga saat kita gebuk akan merasakan sakit seperti manusia. Perlakuan kasar pada sapi juga mengakibatkan sapi stress dan makin sulit ditangani. Jika sapi stress saat akan dipotong bisa menyebabkan kealotan pada daging karena produksi asam laktat yang tinggi saat sapi stress.
Sapi akan memberi respon yang sama dengan perlakuan kita, jika kita tenang dan tidak kasar maka secara umum sapi akan ikut tenang dan menurut saat dihandling. Perlakuan kasar yang sering dilakukan disamping merupakan penyiksaan juga menyebabkan sifat sapi semakin galak dan bermusuhan saat didekati manusia.
Demikian beberapa hal yang sebaiknya anda hindari saat merawat atau memelihara sapi. Masih banyak hal lain yang tidak boleh dilakukan oleh seorang peternak terhadap hewan ternaknya. Mudah-mudahan bisa dibahas dilain kesempatan.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:54:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.