Jenis Hijauan Pakan Ternak Alternatif Yang Kadang Terlupakan

Posted by

Pilihan Hijauan Pakan Ternak sebagai Alternatif Saat Kemarau panjang.

Hijauan Makanan Ternak (HMT). Pakan hijauan yang biasanya berasal dari rumput maupun legume memang harus ada dalam ransum sapi. Perkembangan mikroba rumen ternak sapi tidak akan bagus tanpa ada pakan hijauan sumber serat kasar seperti rumput gajah, rumput raja, rumput setaria dan rumput odot serta jenis rumput lainnya.

Saat musim penghujan umumnya ketersediaan hijauan melimpah, ladang rumput hijau dan subur produksi perhektar tinggi. Saat kemarau banyak ladang rumput yang anjlok produksinya sehingga peternak mulai kesulitan dalam pengadaan hijauan pakan ternak. Alternatif hijauan pakan harus dicari dan dimanfaatkan jika ingin ternaknya cukup pakan. Banyak jenis hijauan pakan ternak yang pada saat musim hujan kurang diperhatikan dan dianggap tetapi saat kemarau jadi penyelamat peternak dalam memberi pakan hijauan pada ternaknya.

Apa saja jenis dan macam hijauan pakan ternak yang bisa diandalkan pada saat kemarau baik sebagai bahan pakan utama maupun pakan suplemen dan selingan pakan. Berikut daftar nama  beberapa jenis hijauan alternatif untuk pakan saat kemarau. 

  • Daun nangka
    Daun pisang dan batang pisang
    Daun singkong
    Daun kelor
    Daun lamtoro
    Daun jaranan
    Daun katuk
    Jerami padi
    Jerami kacang tanah
    Jerami kangkung/rendeng kangkung
    Jerami kedelai
    Jerami kacang hijau
    Daun kelapa
    Daun sawit
    Daun ubi jalar
    Daun alang-alang
    Daun indigofera
    Daun sengon
    Biji kapuk randu
    Limbah dan ampas sagu
    Enceng gondok
  • Daun Jati
  • Daun Pepaya
  • Daun Bambu
Jenis jenis Pakan dari limbah industri pertanian:
Ampas tahu, ampas gula cair, ampas pabrik tapioka (onggok/gamblong), limbah jagung pipil yang berupa janggel atau bonggol jagung, limbah ubi jalar, limbah kulit nanas, limbah kulit jagung/klobot dan lain-lain.
Daftar nama hijauan pakan alternatif dan pakan dari limbah industri tersebut diatas akan terus diupdate untuk jenis-jenis lainnya saat ada tambahan.

Secara rinci untuk kandungan nutrisi, cara pemanfaatan, pemakaian dan penyimpanan serta pengolahan bahan pakan ternak alternatif tersebut akan dibahas secara terpisah.

Minimal dari daftar nama dan jenis hijauan tersebut, peternak sapi lokal bisa mendapatkan pilihan alternatif pakan ternak yang bisa dimanfaatkan saat kemarau panjang ketika rumput lapangan banyak yang meranggas dan mengering. Semoga bermanfaat.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 07:16:00

0 komentar:

Powered by Blogger.