Memilih Pakan Hijauan Yang Cocok Untuk Pakan Pedet

Posted by

Pedet Perlu Pakan Hijauan Untuk Melatih Pencernaannya terutama Setelah Lepas Sapih

Sobat Calon Peternak, setelah kita mendapatkan pedet yang berkualitas baik dipasar hewan, maka pengetahuan yang perlu diperdalam adalah mengenai pakan pedet, kali ini yang akan ditampilkan adalah memilih hijauan yang cocok untuk melatih pencernaan pedet sebelum benar-benar diberikan pakan konsentrat.



Pedet pada masa awal pertumbuhannya, sebaiknya banyak diberikan hijauan daripada konsentrat untuk pembentukan rangkanya. Jika saat masih kecil pedet diberikan konsentrat biasanya yang terjadi pedet menjadi terlihat buntet akibat kegemukan. Hal ini akan berpengaruh jelek terhadap perkembangan pedet berikutnya karena perkembangan rangka tubuh yang belum sempurna sementara pedet sudah kegemukan. Efek negatifnya adalah perkembangan pedet akan lambat yaitu pertambahan berat badan hariannya rendah sehingga tidak menguntungkan jika dipelihara untuk penggemukan.

Berikut beberapa jenis hijauan yang cocok untuk Pedet

Rumput Odot
Rumput odot sangat cocok untuk pedet karena disamping kandungan nutrisinya lebih bagus daripada jenis rumput yang lain seperti rumput gajah maupun rumput raja, palatabilitasnya juga sangat bagus karena rumput odot saat panen lebih banyak didapatkan daun daripada batang. Batang rumput odot yang dipanen umur 30 - 35 hari juga cenderung lebih empuk sehingga cocok untuk Pedet.

Tebon Muda
Tebon adalah komoditas hijauan penting dalam usaha penggemukan sapi maupun breeding sapi, bahkan merupakan hijauan yang sangat bagus untuk sapi perah. Untuk pedet akan lebih bagus jika diberikan tebon muda yaitu tanaman jagung yang dipanen saat baru keluar bunga dan belum ada buahnya karena saat itu kandungan nutrisi daun/tebon jagung sangat bagus dan palatabilitasnya juga tinggi karena batang masih relatif empuk.

Rumput Lapangan.
Ini adalah pilihan terakhir jika hijauan yang berupa rumput odot dan tebon tidak ada atau jika ada rumput gajah atau rumput setia bisa digunakan asal dipanen lebih cepat (umur muda). Untuk rumput lapangan sebaiknya diambil pada siang hari setelah tidak ada lagi embun yang menempel pada rumput tersebut, hal ini untuk menghindari pedet terkena cacingan.

Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:46:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.