Pelaku-pelaku Utama Pasar Hewan, Blantik Sampai Jagal

Posted by

Tataniaga peternakan sapi lokal tidak mungkin bisa dilepaskan dari keberadaan pasar hewan. Pasar hewan adalah salah satu pilar perekonomian rakyat kecil, dimana banyak orang mencari nafkah didalamnya.
Pelaku pasar hewan tidak terbatas cuma penjual dan pembeli sapi saja, tetapi ada banyak pelaku lain yang juga berperan menjaga dinamika pasar hewan agar tetap bergairah. Mereka yang sama sekali tidak pernah bersentuhan dengan dunia peternakan mungkin sama sekali tidak tahu jika dinamika di pasar hewan sangatlah khas dan unik.
Bagi mereka yang baru memulai usaha dibidang peternakan atau sedang coba-coba memelihara sapi maka mau tidak mau harus bersentuhan dengan dunia pasar hewan. Agar tidak gagap dan bingung saat masuk ke pasar hewan sebaiknya anda kenali pelaku-pelaku pasar hewan berikut ini.
BLANTIK
Inilah pelaku pasar yang kadang bisa memainkan harga sapi di pasar hewan. Blantik berfungsi hampir seperti maklar yang menghubungkan antara peternak dan calon pembeli sapi. Karena fungsinya inilah mereka punya kesempatan untuk menaikkan atau menurunkan harga sapi demi keuntungan yang lebih tinggi.
Petani/Peternak
Peternak disini adalah selaku pemilik sapi yang sengaja membawa sapinya ke pasar hewan untuk dijual. Peternak yang sudah berpengalaman lebih sering menjual sendiri sapinya langsung ke pembeli di pasar. Sedangkan mereka yang tidak mau repot otomatis memanfaatkan jasa blantik.
Pembeli
Mereka yang membutuhkan sapi dan mencarinya dipasar hewan adalah salah satu pelaku utama pasar hewan. Tanpa pembeli pasar hewan akan mati.
Pembeli bisa dibedakan menjadi beberapa golongan tergantung profesinya antara lain:
Jagal
Adalah pembeli sapi untuk dipotong dan dijual sebagai karkas dan daging.
Pedagang
Adalah pembeli sapi untuk dijual lagi baik dipasar tersebut maupun dibawa ke pasar hewan lainnya.
Peternak
Peternakpun termasuk pembeli juga karena saat mereka menjual sapi piaraannya mereka juga butuh replacement  atau pengganti berupa pedet atau sapi bakalan untuk dipelihara lagi.
Penarik Sapi
Jika dipelabuhan ada yang namanya kuli panggul maka dipasar hewan ada yang namanya penarik sapi yang bertugas menangani sapi dan membawanya serta memamerkannya kehadapan pembeli.
Ekspedisi / Truk / Pick up dll
Ini adalah sarana penting dalam kegiatan jual beli di pasar hewan. Membantu melancarkan pengiriman sapi sampai ke lokasi tempat tinggal pembeli.
Pedagang asesoris dan alat peternakan
Peranan pedagang jenis ini juga sangat penting dipasar hewan kareba dengan keberadaan mereka pembeli sapi akan mudah mencari tampar atau tali untuk tongar atau keluh, sabit untuk keperluan "ngarit", topi laken cowboy sampai jamu ternak dan jamu untuk manusia juga tersedia.
Untuk isi perut jangan kuatir banyak warung berderet disepanjang pinggiran pasar hewan dan biasanya dengan menu favorit sate gule kambing.
Tips dan Info :
Dipasar hewan biasanya lokasi sapi dibedakan mulai dari pedet, sapi bakalan, sapi indukan dan sapi siap potong. Meskipun tidak terpisah secara khusus tapi tempat jual beli jenis jenis sapi tersebut akan menetap diarea yang sama tiap hari pasaran
Tingkatan harga sapi di pasar hewan jika dikonversi ke kg yang paling mahal biasanya pedet disusul  sapi bakalan dan terakhir sapi siap potong.
Bobot 150 kg ke bawah biasanya masuk area pedet dengan harga perkilo saat artikel ini dimuat dikisaran Rp 60.000 - 70.000 per kg. Tapi untuk harga pedet ada kekhususan jika sudah senang dengan jenis pedetnya maka harga 100 ribu per kg juga akan dibeli. Jadi harga pedet sangat tergantung jenis turunan pedet dan kualitas pedetnya.
Harga bakalan dengan bobot badan 300 an kg sekitar Rp 45.000 - 48.000 /kg.
Harga sapi siap potong dengan berat 450 kg ke atas sekitar Rp 42.000 - 45.000/kg.
Catatan harga diatas adalah harga bulan Oktober 2015. Area pasar hewan Jatim

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:22:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.