Cara dan Proses Terjadinya Pelangi Yang Berwarna warni di Langit

Posted by

Pelangi. Semasa kita kecil jika melihat benda melengkung dilangit dengan berbagai macam warna yang indah tanpa terasa kita berteriak kegirangan tanpa peduli darimana benda itu berasal. 


Kali ini agar adik-adik lebih tehu tentang pelangi akan dijelaskan secara mudah apa itu pelangi dan bagaimana proses terjadinya pelangi. Pelangi jika dalam bahasa Inggris disebut rainbow sebenarnya hanyalah hasil fenomena optik baik yang terjadi dilangit maupun bias dibuat dimedia lain. Pelangi yang tampak dilangit biasanya berbentuk melengkung dan terjadi saat hujan rintik-rintik dan posisi kita membelakangi matahari.
Jika adik-adik melihat cahaya matahari maka yang tampak biasanya hanya cahaya berwarna putih saja, padahal sebenarnya penyusun cahaya matahari adalah berwarna-warni dengan susunan utama tujuh warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Jadi dengan kata lain cahaya matahari tersusun dari banyak warna atau istilah kerennya "polikromatik".

Sebenarnya Pelangi hanyalah busur lingkaran spektrum warna besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh tetes. Ketika sinar matahari melewati tetesan air, itu membias seperti ketika menembus prisma kaca dan keluar ke spektrum warna pelangi. Jadi dalam tetesan air, kita punya warna yang berbeda berturut-turut dari satu sisi ke sisi lain dari tetesan air. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh di tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air. Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada warnanya. Warna pelangi dibuat dengan warna merah di atas dan ungu di bagian bawah pelangi. Posisi adik-adik harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Matahari, mata pengamat, dan pusat busur pelangi harus berada dalam garis lurus. Dengan cara seperti itu maka adik-adik akan dapat melihat pelangi.

Dengan demikian warna-warna yang ada pada pelangi adalah refleksi dari warna cahaya matahari. Untuk menghafalnya biasanya bapak dan ibu guru menggunakan singkatan MEJIKU HIBINIU (MErah, JIngga, KUning, HIjau, BIru, NIla dan Ungu).

Demikian ulasan singkat tentang pelangi. Tentunya adik-adik tahu bahwa semua benda dan mahluk hidup di dunia ini adalah ciptaan Tuhan termasuk juga Pelangi seperti lagu tentang pelangi yang tentu saja sudah adik-adik hafal:
Pelangi pelangi
Alangkah Indahmu
Merah Kuning Hijau
Dilangit yang Biru
Pelukismu Agung
Siapa Gerangan
Pelangi pelangi
Ciptaan Tuhan
Gampang bukan ternyata penjelasan tentang terjadinya pelangi? Selamat belajar dan jangan lupa berdoa agar semua ilmu yang adik-adik tuntut bisa bermanfaat..aamiin.

Catatan:
Definisi Pelangi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :

"Pelangi adalah lengkungan warna spektrum di langit sebagai akibat adanya pembiasan sinar matahari oleh titik hujan atau embun."

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:31:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.