Cara Menentukan dan Membedakan Jenis Kelamin Itik Jantan dan Betina

Posted by

Tiga Macam Cara dan Metode untuk menentukan jenis kelamin pada itik jantan dan betina

Penentuan jenis kelamin itik jantan dan betina sangat dibutuhkan oleh peternak itik terutama peternak itik petelur. Sedangkan peternak itik pedaging relatif tidak terlalu memerlukan keahlian untuk membedakan jenis kelamin itik karena baik jantan maupun betina jika untuk itik pedaging relatif tidak ada masalah.


Lain halnya dengan itik petelur, apabila dari awal sudah salah dalam menentukan jenis kelamin itik maka efeknya produksi telur tidak akan lancar. Coba saja dibayangkan memulai usaha itik petelur ternyata keliru yang dipelihara 50% nya adalah itik jantan. Berapa kerugian yang ditanggung karena memberi makan itik jantan yang tentunya tidak akan bisa menghasilkan telur.

Keahlian untuk membedakan jenis kelamin pada itik dapat dipelajari dan dilatih. Pada awalnya mungkin terlihat sulit tetapi seiring dengan pengalaman dan waktu serta kebiasaan hasil berlatih setiap hari, kemampuan membedakan itik jantan dan betina bisa berkembang dan dengan mudah dilakukan oleh peternak itik.


Menentukan jenis kelamin pada itik dewasa tentunya tidaklah sesulit menentukan jenis kelamin itik pada saat masih kecil apalagi yang masih berumur sehari yang dikenal dengan istilah Day Old Duck (DOD). Agar pemeliharaan ternak itik petelur sesuai keinginan dalam arti itik yang dipelihara benar-benar betina makan jenis kelamin itik harus diketahui dari kecil saat itik berumur 1 hari (DOD).

Berikut tips cara membedakan jenis kelamin itik:

Dengan Melihat Gerak-gerik Itik (Bend Sexing)
Metode/Cara Bend sexing adalah cara membedakan kelamin betina dan jantan anak bebek/itik dod (day old duck) dengan melihat gerak-gerik itik. Yang jantan kepala lebih besar, badan lebih besar, warna bulu gelap, gerakan lebih tenang, bulu kepala kasar panjang, paruh runcing gelap melengkung, sedangkan yang betina kebalikannya.

Mengamati dan Memegang Bagian Kloaka Itik (Hand Sexing)
Metode Hand sexing adalah cara menentukan bebek jantan betina dengan memegang dan melihat bagian anus / dubur / kloaka bebek. Pegang itik dengan tangan kiri dengan punggung ke arah bawah serta tangan kanan membuka dubur. Jika ada tonjolan runcing warna putih seperti akar kecambah maka itu jantan, sedangkan apabila tidak ada maka betina.

Mengamati dan Mendengarkan Suara Itik (Voice Sexing)
Voice sexing adalah cara menentukan itik jantan betina dengan mendengar suaranya. Pegang itik dan tekan bagian pangkal leher di dekat tembolok. Jika suara serak maka jantan dan jika melengking nyaring itu itik betina.

Demikian 3 macam metode untuk membedakan dan menentukan itik jantan dan betina agar kita tidak salah memilih jenis kelamin itik. Penentuan yang tepat terhadap jenis kelamin itik betina akan menentukan optimalnya produksi telur karena kita tidak sia-sia memberi makan itik jantan dari kecil hingga dewasa. Semoga bermanfaat.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 22:16:00

0 komentar:

Powered by Blogger.