Loading...

Doa Sapujagad, Bahagia dan Selamat di Dunia dan Akherat

Loading...

Doa

Doa adalah permohonan seorang hamba kepada Tuhannya yang dipanjatkan dengan sungguh-sungguh dari dalam hati yang paling dalam dengan pengharapan yang besar agar dikabulkan. Doa adalah komunikasi intens antara makhluk dan penciptanya. Doa adalah juga permintaan dari hamba kepada Tuhannya agar diberikan kebaikan.

Apa Doa Terbaik?
Sering permintaan manusia bermacam macam bahkan kadang aneh aneh. Mohonlah doa kepada Allah dengan memohon kebaikan bagi kita bukan dari versi atau sudut pandang kita tetapi kebaikan dari versi Allah swt. Sesuatu yang menurut kita baik belum tentu baik menurut Allah. Contoh doa yang insya Allah baik buat kita dan baik menurut Allah antara lain:

Doa mohon ampun atas segala khilaf, dosa dan kesalahan
Doa memohon rejeki yang barokah
Doa memohon keturunan yang shalih dan shalihah
Doa mohon dijauhkan dari siksa kubur dan siksa api neraka
Doa mohon diselamatkan dari fitnah dunia
Doa mohon agar tetap istiqomah dijalan yang lurus yaitu Islam

Dan tentunya masih banyak lagi doa yang baik bagi kita dan baik menurut Allah seperti doa mohon keselamatan untuk seluruh umat muslim di dunia misalnya.

Doa boleh memakai bahasa apa saja karena Allah adalah sang pencipta semua bahasa didunia. Pakai bahasa Indonesia, Inggris, jerman, italia, perancis, Belanda, china, korea, jepang, dll dan tentu saja Arab. Jika anda mampu dan bisa maka berdoalah dalam bahasa arab karena banyak sekali doa-doa yang diajarkan nabi Saw yang bisa anda gunakan. Anda juga bisa ambil doa doa dari Al Quran. Doa dengan bahasa arab seperti yang dicontohkan dalam sunnah dan Quran tentu akan lebih afdol.

Doa Sapujagad.
Ada satu doa yang bisa anda praktekkan jika anda sama sekali belum menguasai doa doa lainnya dalam bahasa arab. Doa ini dikenal umum sebagai doa sapujagad. Doanya pendek saja tetapi mencakup semua aspek yang diinginkan manusia di dunia dan diakherat. Bunyi doanya sebagai berikut:

"Rabbanaa Aatina Fiddun ya Hasanah Wa fil Akhirati Hasanah Wa Qinna 'adzabbannar".

Ya Tuhanku hamba memohon kebaikan di dunia dan di akhirat serta dijauhkan dari adzab neraka.

Dengan doa diatas sebenarnya semua kebutuhan manusia sudah tercakup didalamnya. Semua orang tentu ingin selamat dan bahagia di dunia dan diakhirat serta terhindar dari api neraka. Kebaikan didunia mencakup semua harapan manusia yang selaras dengan jalan lurus yaitu Islam. Kebaikan akhirat adalah buah dari amal dan kebaikan kita didunia, serta tentunya karena adanya rahmat dari Allah untuk kita umat islam.

Jadi mohonlah selalu doa sepanjang waktu, mulailah belajar dan menghafal doa dalam bahasa arab yang berasal dari Quran dan hadits. Percayalah dengan berdoa dalam bahasa arab anda akan merasakan perbedaan "rasa". Meskipun sekali lagi perlu dicatat bahwa doa boleh pakai bahasa apa saja, bahasa jawa, sunda, bahasa Madura, bahasa batak, bahasa bali, irian, maluku, makasar, padang dan lain-lain.

Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 11:27:00