Faktor Penyebab Nilai CPC Adsense Kecil

Posted by

Apa kabar Juragan internet? Atau juragan adsense atau calon juragan google adsense yang sedang merintis penghasilan sebagai publisher adsense. Mudah-mudahan trafik blog juragan terus naik sehingga kesempatan mendulang dolar dari google makin besar. Tetapi kadang kita dibuat heran juga oleh google saat trafik tinggi dan klik nya banyak tetapi nilai dollar yang didapat malah kecil sekali. Lain waktu saat kliknya sedikit malah nilai pendapatan yang kita peroleh besar. Untuk publisher yang sudah lama bergelut dengan adsense tentu tidak akan heran dengan kejadian ini tetapi mereka yang masih newbie alias baru pasti bertanya-tanya kenapa bisa terjadi seperti itu.

Memang semua itu sebenarnya hal yang wajar. Jumlah pendapatan dari adsense disamping tergantung banyaknya klik juga tergantung nilai perklik dari iklan yang diklik pengunjung. Nilai per klik ini istilah kerennya adalah CPC ( Cost Per Click). Nilai CPC berbeda-beda antara iklan satu dengan yang lainnya. Mari kita kupas mengapa kadang saat trafik tinggi pendapatan kita kecil meskipun jumlak klik banyak hal ini  karena CPC nya kecil. Beberapa kemungkinan faktor penyebab CPC kecil antara lain:

Pengiklan di Google adsense sedang sedikit.

Seperti diketahui pengiklan juga memilih timing yang menurut analisa mereka tepat untuk ditampilkan di google. Sebagai contoh iklan hotel dan paket wisata akan banyak menghiasi google saat menjelang liburan.

Jadi saat tidak ada moment penting iklan di google juga sedikit sehingga google memasang iklan global alias iklan cadangan yang tentunya nilai CPC kecil. Jadi sangat wajar jika saat saat sepi tersebut pendapatan adsense anda turun meskipun banyak yang klik iklan karena yang di klik cuma iklan cadangan.

Terlalu banyak dan sering share artikel di Sosmed  atau Sosial Media.

Banyak yang bilang bahwa google akan menampilkan iklan bernilai tinggi jika artikel kita dibaca orang atau pengunjung yang mendapatkan link dari mesin pencari seperti google search.

Jika kita terlalu banyak share artikel sendiri ke sosmed seperti facebook misalnya ada kemungkinan google akan menganggap kita melakukan spam dan infonya lagi nilai CPC iklan yang berasal dari link sosmed akan makin kecil. Silakan dibuktikan sendiri.

Lokasi dan Negara Pengunjung dan Blogger

Sudah bukan rahasia lagi jika nilai CPC iklan google di Indonesia atau bahkan mungkin di Asia secara umum memang lebih kecil dari nilai CPC di negara Eropa dan Amerika. Hal ini sebenarnya wajar saja karena sepertinya google juga memberikan penawaran harga kepada pengiklan di Indonesia juga lebih murah dari di eropa untuk menarik pemasang iklan.

Untuk mensiasati hal ini coba juragan bikin blog khusus berbahasa inggris agar pengunjungnya sebagian besar orang dari negara maju seperti eropa dan amerika yang otomatis iklan yang akan tayang adalah iklan dari negara tersebut yang CPC nya tinggi.

Iklan Yang Tampil Hanya Iklan Situs dan Sosmed Saja

Iklan semacam ini jika ditelusuri nilai perkliknya kecil. Coba saja lihat iklan dari google adwords penawaran harga iklan perkliknya nilainya kecil sekali. Jadi kalau iklan yang sering tampil di blog anda hanya iklan facebook, iklan situs dan iklan bikin gmail maka jangan kaget jika nilai CPC nya kecil sekali.

Itulah beberapa penyebab yang menjadikan nilai CPC kecil sehingga pendapatan juragan dari adsense juga tipis.....semoga bermanfaat dan tetap semangat sebagai publisher adsense yang tahan banting dan tidak cepat putus asa meskipun pendapatan yang diperoleh pelan sekalu peningkatannya seperti lomba balap siput. Yakinlah jika kita sungguh sungguh dan tidak neko neko sekali waktu akan menuai hasil juga...aamiin.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 05:25:00

0 komentar:

Powered by Blogger.