Jangan Jauhi Kopi Kecuali Anda Alergi

Posted by

Kopi Bukan Sekedar Minuman

Anda para pecinta kopi tentu sangat mengetahui jenis-jenis dan macam-macam kopi. Kopi luwak, kopi Lampung, Black Coffee dan White coffee serta banyak lagi jenis yang lain. Sedangkan untuk tanaman kopi yang banyak dibudidayakan adalah jenis robusta dan arabica.

Ternyata banyak fakta menunjukkan bahwa secangkir kopi hitam tanpa gula yang tentunya pahit rasanya memiliki banyak manfaat tidak hanya sebatas minuman kegemaran. Kopi hitam tanpa gula cukup 1/2 cangkir dapat  meringankan serangan migrain yang membuat kepala anda berdenyut sebelah.

Bagi anda yang sering menderita migrain ada baiknya untuk mulai minum kopi hitam non sugar cukup setengah gelas sehari sebagai terapi cegah migrain dan sebagai pereda migrain yang terlanjur menyerang.

Kopi lebih dari sekedar minuman kegemaran yang  berwarna hitam karena terkandung banyak nutrisi di dalam biji kopi, seperti:

Riboflavin (Vitamin B2)
Asam pantotenat (vitamin B5)
Mangan
Kalium
Magnesium
Niacin (B3)

Ada yang menganjurkan minum kopi terbaik adalah 2 cangkir sehari. Tetapi ada juga yang terbiasa minum kopi sampai 3-4 cangkir dan ternyata tidak berefek negatif pada kesehatannya. Tetapi jika anda bukan pecandu kopi dan ingin minum kopi untuk mendapatkan manfaatnya sebaiknya jangan lebih 2 cangkir sehari sesuai anjuran para ahli.

Manfaat kopi untuk menyegarkan kembali badan yang loyo dan otak yang capek sudah lama diketahui orang. Sebagian besar mereka yang menekuni bidang transportasi seperti bus malam, kereta malam dan juga truk yang sering harus jalan malam sudah sangat familiar dengan manfaat kopi untuk menyegarkan lagi badan yang lelah selama dijalan.

Secangkir Kopi memang bukan hanya sekedar sebagai minuman favorit sebagian orang tetapi menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Jadi jangan hindari kopi selama anda tidak memiliki riwayat alergi terhadap kopi. Memang sebagian orang memiliki semacam alergi jika minum kopi seperti perut menjadi kembung atau getaran jantung yang berdegup terlalu kencang akibat peka terhadap kafein yang terkandung pada kopi dan gangguan lainnya.

Berikut Manfaat Kopi Bagi Kesehatan:

Kopi adalah sumber antioksidan ampuh penangkal radikal bebas dalam tubuh juga memiliki manfaat mempercantik kulit anda.

Kafein dalam kopi ternyata ampuh untuk membakar lemak sehingga secangkit kopi pahit tanpa gula bisa dijadikan alternatif menurunkan kandungan lemak Tubuh. Pada orang obesitas kafein mampu meningkatkan pembakaran lemak hingga 10 % sedangkan pada orang kurus lebih tinggi efeknya bisa minaikkan pembakaran lemak sampai 29%. Secara umum kafein yang terkandung pada kopi mampu meningkatkan metabolisme tubuh antars 3 - 11% lebih tinggi dari metabolisme normal tubuh.

Kopi ternyata bisa menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer pada manula dengan usia diatas 60 tahun. Penelitian yang dilakukan terhadap orang-orang penggemar kopi hitam atau kopi pahit tanpa gula membuktikan hal tersebut.

Kafein pada kopi mampu merangsang peningkatan fungsi otak saat seseorang yang sedang loyo meminum secangkir kopi hitam. Kafein mampu memberi efek segar pada tubuh dengan menstimuli fungsi otak. Kinerja atau performance fisik juga akan meningkat karena kafein pada kopi hitam juga berefek meningkatkan adrenalin dalam darah.

Secangkir kopi hitam setiap hari mengurangi resiko serangan penyakit diabetes type 2.

Kewaspadaan dan reaksi kognitif akan meningkat dengan meminum secangkir kopi hitam tanpa gula.

Kandungan Kafein pada Kopi Bisa Menurunkan Risiko terkena Parkinson sekitar 30 - 60%. Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum kedua, setelah Alzheimer. Sama seperti dengan penyakit Alzheimer, belum ada obat-obatan medis yang bisa menyembuhkan penyakit ini, sehingga sangat penting untuk fokus pada pencegahan. Dan salah satu alternatif cegah parkinson dengan secangkir kopi hitam.

Empat gelas atau 4 cangkir kopi ternyata menurunkan resiko terkena sirosis hati sampai 80%. Dan ternyata kebiasaan minum kopi hitam sampai 4 gelas sehari juga mengurangi resiko depresi sampai 20% menurut penelitian dari Harvard University. Juga mengurangi resiko bunuh diri sampai 53%.

Rumor atau mitos yang mengatakan kopi adalah penyebab penyakit  jantung adalah salah karena ternyats kopi hitam adalah salah satu minuman yang bisa menurunkan resiko stroke dan sakit jantung.

Jadi tidak ada alasan sama sekali untuk tidak menyukai kopi selama pencernaan a.da tidak memiliki riwayat alergi terhadap kafein dalam kopi.

Silakan bagikan dan sebarkan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 05:05:00

0 komentar:

Powered by Blogger.