Loading...

Manfaatkan Biji Pepaya Untuk Obat Alami, Ini Cara Mengolahnya!!

Loading...
loading...
Atasi Kolesterol dan Detoks Tubuh Dengan Memanfaatkan Biji Pepaya
Tags: Biji Pepaya, manfaat biji pepaya, khasiat biji pepaya, teh biji pepaya, kopi biji pepaya, biji pepaya kering, obat biji pepaya, membuat obat dari biji pepaya
Anda penggemar buah pepaya? Saat anda mengonsumsi buah pepaya masak tentunya akan ditemukan banyak sekali biji pepaya saat anda membelah buah pepaya ini. Umumnya biji pepaya akan dibuang begitu saja karena memang tidak enak kalau dimakan.

Biji buah pepaya yang dibuang kadang tumbuh menjadi pohon pepaya baru ketika jatuh pada tempat yang sesuai untuk tumbuh. Memang pohon pepaya adalah salah satu jenis pohon yang sangat mudah dikembangkan dengan biji. Asal bisa mendapatkan buah pepaya yang sudah tua atau masak, tinggal ambil bijinya, keringkan sebentar dibawah sinar matahari dan bisa langsung ditanam pada polybag yang telah diisi media tanam semisal kompos dan sekam dengan perbandingan 1 : 1. Beberapa hari kemudian akan tumbuh bibit pepaya, lakukan penyiraman pagi dan sore. Mudah sekali bukan?

Buah pepaya banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, lantas bagaimana dengan biji pepaya? Biji pepaya yang selama ini hanya dibuang percuma ternyata memiliki manfaat kesehatan yang mencengangkan.

Berikut ini Manfaat Hebat dari Biji Pepaya sebagai Obat Alami

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL) dan Menaikkan Kadar Kolesterol Baik (HDL)

Gaya hidup tidak sehat yang berkembang saat ini telah memicu meningkatnya penyakit akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah. Pola makan yang tidak baik, konsumsi lemak, santan dan seafood yang berlebihan menjadikan tingginya kadar kolesterol dalam darah yang bisa memicu sakit jantung dan penyakit kardiovaskuler menjadi penyakit yang sangat trend saat ini. Kelebihan kolesterol jahat dalam darah tidak hanya menyerang warga perkotaan yang nota bene memiliki tingkat kemakmuran yang lebih tinggi secara umum, tetapi juga banyak menyerang warga-warga dipedesaan. Akibat pengaruh informasi dari televisi yang gencar mengiklankan produk-produk olahan yang sudah banyak menjangkau sampai pelosok desa.

Mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah memiliki banyak pantangan makanan. Berbagai macam obat juga banyak ditawarkan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol darah mulai dari obat pabrikan, herbal sampai tradisional.

Salah satu obat tradisional yang luput dari perhatian adalah biji pepaya, penelitian menunjukkan hasil yang mencengankan akan manfaat biji pepaya untuk menurunkan kadar LDL dan menaikkan kadar HDL. Ekstrak biji pepaya ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides. Dengan adanya kandungan ekstrak tersebut, biji pepaya ini mempunyai efek hipolipidemia dan antioksidan dalam darah yang luar biasa. Efek hipolipidemia ini, sangat berguna bagi terapi alternatif hiperlipidemia yang disebabkan adanya lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi. Adapun, saponin yang ada dalam biji pepaya, bermanfaat untuk menurunkan aktifitas kolesterol serum seperti aksi resin, yaitu dengan mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu.

Biji Pepaya Menurunkan Resiko Kanker

Flavonoid yang merupakan antioksidan dalam biji pepaya adalah penangkal radikal bebas sehingga bisa mencegah dan menurunkan resiko terkena kanker. Zat papain yang terkandung pada biji pepaya juga sangat bagus untuk melancarkan dan membersihkan pencernaan sehingga bisa menurunkan resiko kanker usus. Biji pepaya juga mengandung alkaloid anthelmintik unik yang disebut carpaine yang telah terbukti sangat efektif untuk membunuh cacing parasit dan amuba. Inilah mengapa biji pepaya bisa berfungsi sebagai pembersih saluran pencernaan sekaligus sebagai pencegah kanker.

Cara Membuat Ramuan dari Biji Pepaya dan Cara Pemakaiannya

Cara termudah untuk mendapatkan manfaat dari biji pepaya untuk menurunkan kadar kolesterol darah adalah dengan memblender buah pepaya berserta biji pepaya secukupnya dibuat sebagai jus dan diminum. Lakukan sekali sehari 1 gelas setiap kali minum.

Cara berikutnya adalah dengan membuat "kopi" biji pepaya
  • Siapkan biji pepaya secukupnya
  • Cuci bersih dan jemur dibawah sinar matahari sampai kering ( 2 - 3 hari)
  • Setelah kering tumbuk/giling biji pepaya sampai menjadi serbuk
  • Cara Pemakaian:
  • Masukkan 1 sendok teh bubuk biji pepaya dalam 1 gelas air panas
  • Aduk rata dan minum rutin setiap hari 1 gelas
  • Untuk lebih nikmat bisa ditambahkan madu secukupnya.
Berdasarkan pengalaman yang pernah mencoba cara ini, dengan meminum 1 - 2 gelas serbuk biji pepaya, dalam 10 hari kadar kolesterol darah turun dari 270 turun menjadi 170. Dan dalam 14 hari pencernaan makin terasa sehat dan kondisi tubuh  menjadi lebih segar. (Mengutip pengalaman dari seorang dokter).

Silahkan sebarkan dan bagikan informasi ini jika bermanfaat. Terima kasih

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 20:36:00