Mengapa Bisa Terjadi Hujan Bagaimana Caranya?

Posted by

Arti Hujan dan Cara Terjadinya Hujan

Artikel kali ini saya tujukan untuk adik-adik TK dan SD mengenai pertanyaan mengapa bisa terjadi hujan. Hujan adalah turunnya air dari awan atau dari langit. Tidak semua awan dilangit adalah awan hujan adik-adik. Banyak jenis awan dilangit yang memiliki nama yang lucu-lucu seperti awan cumulus dan cumulonimbus yang bentuknya juga berbeda-beda.

Disini kakak hanya akan menjelaskan secara mudah proses terjadinya hujan dimulai dari penguapan air sampai terbentuk awan hujan dan akhirnya jatuh menjadi air hujan yang diguyur dari langit.

Siap ya? Begini prosesnya:

Proses pertama adalah penguapan air. Penguapan air terjadi adanya panas dari sinar matahari. Air apa saja yang diuapkan oleh adanya sinar matahari? Bisa air laut, air sungai, danau, telaga, sumur dan bahkan air dalam panci yang adik adik taruh didepan rumah jika terkena terik panas matahari bisa menguap juga.
Proses berikutnya adalah uap air yang naik keatas akibat penguapan oleh sinar matahari akan mencapai ketinggian tertentu dan akan berubah menjadi bentuk lebih padat sehingga terbentuk yang namanya awan hujan. Jika awan hujan sudah banyak dan jenuh dengan kandungan air maka dengan adanya gaya tarik bumi butir butir air dari awan hujan akan jatuh menuju bumi. Dan butir butir air inilah yang dinamakan air hujan.

Mudah kan ya adik-adik? Jadi mulai sekarang jika ditanya oleh bapak atau ibu guru maka adik adik semua bisa menjelaskan proses terjadinys hujan dengan gampang.

Catatan istilah penting:

Evaporasi : Penguapan
Kondensasi : Perubahan bentuk zat cair menjadi lebih padat
Gravitasi : Gaya tarik bumi adalah penyebab semua benda jatuh ke bawah/bumi.
Koalensi : Butir butir air yang saling menggabung hingga hingga membentuk awan hujan.
Atmosfir: Lapisan udara yang menyelimuti bumi.

Agar lebih jelas maka kakak siapkan gambar animasi atau kartun yang bisa adik pelajari dan pasti asyik belajar pakai gambar kartun dibawah ini:

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 09:08:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.