Nabi Idris as, Manusia Pertama Yang Menulis dengan Pena

Posted by

Siapakah nabi Idris as?
Nabi Idris as adalah seorang nabi yang ditinggikan derajatnya dan menjadi manusia pertama yang menulis dengan pena. Dalam riwayat Bukhari disebutkan bahwa nabi Muhammad saw saat isra' mi'raj bertemu nabi Idris di langit ke empat.

Kepada siapa nabi Idris diutus?
Nabi Idris diutus kepada kaum nabi Syits as yang merupakan keturunan putra nabi Adam dari jalur Qabil.

Dimana nabi Idris tinggal dan diutus?
Di wilayah Irak Kuno, beliau dilahirkan di Munaf Mesir dan dibesarkan di Babilonia.

Tahun berapa nabi Idris hidup dan berapa tahun umurnya?
Nabi Idris hidup dari tahun 4533-4188 SM dan berusia sekitar 345 tahun. Ada riwayat yang menyebut berusia 308 tahun.

Apa saja keistimewaan yang juga merupakan mukjizat nabi Idris?
Nabi Idris AS diakui oleh banyak ulama dan ahli tafsir, adalah seorang nabi yang memiliki banyak keistimewaan, diantaranya kemampuannya dalam menulis, menggambar, menjahit, menguasai ilmu perbintangan (astronomi).
Dalam kitab Tarikh al-Hukamadisebutkan bahwa Idris bernamaHurmus Al-Haramisah. Namanya berasald ari bahasa Yunani, Armia.Kemudian diistilahkan menjadi bahasa arab Hurmus. Dinamakan Hurmus karena Ia ahli dalam ilmu perbintangan, dan dinamakan Idris karena Ia pandai menulis dan suka belajar (daras).

Dalam Al-Quran namanya disebut Idris karena Allah memuliakannya sebagai utusan-Nya yang memiliki kepandaian dalam bidang ilmu pengetahuan dan rajin belajar (daras). Allah memberikannya 30 mushaf (shuhuf) sebagai bekal untuk diajarkan kepada kaumnya.

Pada masanya manusia sudah berbicara dalam 72 bahasa. Saat ia berdakwah kepada kaumnya, Idris sudah menggambar pembangunan kota-kota sehingga kota yang berhasil dibangunnya berjumlah 188 kota. dan Nabi Idris pula yang membagi wilayah bumi menjadi empat bagian dan menetapkan setiap bagiannya seorang raja. Nama-nama raja itu adalah Elaus, Zous, Esqlebeos, dan Zous Amon.

Benarkah bahwa nabi Idris adalah manusia pertama yang menulis dengan pena?
Ibn Ishaq menerangkan, Idris adalah manusia pertama yang menulis dengan pena. Rasul SAW bersabda;“Dahulu, ada seorang nabi yang menulis dengannya (maksudnya menulis di atas pasir). Barang siapa yang sejalan dengan tulisannya, demikian itulah (tulisannya).”

Sebagian riwayat menyebutkan, Nabi Idris-lah yang dimaksud dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dari Mu’awiyah bin Al-Hakam As-Sulami tersebut. Kepandaian menulis yang dimiliki Nabi Idris AS sejalan dengan hadis Nabi SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad dalam Musnad Ahmad yang menyatakan, “Makhluk yang pertama kali Allah ciptakan adalah pena. Lalu, Dia berkata kepada pena tersebut, ‘Tulislah.’ maka pada saat itu, berlakulah segala apa yang ditetapkan hingga akhir kiamat”(lihat Musnad Ahmad RA.).

Peninggalan apa saja yang merupakan kepandaian nabi Idris dan diwariskan hingga saat ini?
Ilmu arsitektur perkotaan
Ilmu menjahit
Ilmu perbintangan
Ilmu mengukur/ilmu ukur
Dan yang sangat penting adalah ilmu menulis

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 06:15:00

0 komentar:

Powered by Blogger.