Loading...

Manfaat Seledri Untuk Ginjal, Penurun Tekanan Darah Sampai Bronkhitis

Loading...
loading...

Manfaat Daun Seledri Tidak Hanya Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.

Daun Seledri memiliki aroma khas yang sangat menyegarkan. Irisan kecil kecil daun seledri yang ditaburkan pada kuah baso akan menciptakan aroma harum yang mengundang selera. Seledri adalah jenis sayuran yang sangat mudah tumbuh dan memang lebih dikenal sebagai bumbu pelengkap sayur.

Pada awalnya seledri selain untuk makanan sudah lama diketahui bermanfaat untuk penyakit hipertensi karena kemampuannya menurunkan tekanan darah. Karena manfaatnya inilah maka mereka yang memiliki riwayat darah rendah dianjurkan untuk berhati hati saat konsumsi seledri.

Kemampuan seledri untuk menurunkan tekanan darah ini sekaligus bisa memperingan kerja jantung sehingga jantung akan lebih sehat.

Ternyata saat ini diketahui bahwa seledri bermanfaat juga untuk menyehatkan ginjal karena kemampuannya membersihkan dan mengeluarkan kotoran dan garam garam yang mengendap pada ginjal. Seledri juga bermanfaat sebagai obat batuk, pereda rematik dan juga bisa digunakan untuk menyuburkan rambut.

Tanaman Seledri (Apium graveolens L. Dulce) termasuk dalam famili Umbelliferae dan merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak digunakan untuk penyedap dan penghias hidangan.

Selain daun seledri yang banyak manfaatnya, biji seledri juga digunakan sebagai bumbu dan penyedap dan ekstrak minyak bijinya berkhasiat sebagai obat. Apiin (apigenin 7– apiosilglukosida) adalah glukosida penghasil aroma daun seledri dan umbi celeriac.

Cara Menggunakan Seledri Sebagai Obat Alami dan Pencuci Ginjal Alami

Seledri untuk Cuci Ginjal

Siapkan  1 ikat daun seledri
Cuci  daun seledri hingga benar benar  bersih.
Iris seledri  kecil-kecil dan kemudian masukan ke dalam panci yang berisi air.
Selanjutnya rebus seledri selama 10 menit dan kemudian diamkan/dinginkan.
Setelah dingin saringlah air rebusan daun seledri.
Minum sehari sekali satu gelas.
Garam dan racun yang sudah menumpuk akan keluar melalui air seni ketika buang air kecil.

Seledri untuk Obat Reumatik 

Siapkan seikat seledri
Iris seledri kecil-kecil  cukup 1 genggam daun dan batang seledri, kemudian rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.
Setelah air rebusan dingin saring air rebusan tersebut untuk kemudian diminum sekaligus

Seledri untuk Obat Mata Kering 

Mengonsumsi daun seledri sebagai lalapan bersama dengan nasi setiap hari merupakan acara alami untuk mengatasi keluhan mata kering. Cuci dulu daun seledri, daun bayam dan daun kelor masing-masing sebanyak 1/3 genggam hingga bersih. Kemudian giling semua daun tersebut sampai halus. Tambahkan garam dapur seujung sendok teh dan 3/4 cangkir air putih yang sudah dimasak. Remas campuran daun ini hingga rata kemudian peras dan saring. Minum air perasannya sekaligus dan dianjurkan untuk meminumnya secara rutin 3 kali sehari.

Seledri Obat Alami Tekanan Darah tinggi 

Cara membuat ramuan:
Siapkan seledri secukupnya Cuci  dan ambil 100 gram daun seledri seutuhnya hingga bersih kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 cangkir air, peras dan saring. Selanjutnya tim hingga mendidih dan setelah dingin bagilah porsinya untuk 2 kali minum di pagi dan siang hari. Atau bisa dnegan mencuci 16 batang seledri seutuhnya hingga bersih lalu potong-potong kasar. Masukkan ke dalam panic email, tambahkan 2 gelas air dan rebus hingga airnya tersisa 3/4 nya saja. Setelah dingin, air rebusannya diminum dan seledrinya bisa dimakan. Lakukan tiap 2 kali sehari dengan porsi masing-masing separuhnya.

Seledri untuk Obat Penyakit Bronkitis 

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah daun seledri, kulit jeruk mandarin dan gula aren.

Cara membuat ramuan: Cuci 60 gram daun seledri segar, 10 gram kulit jeruk mandarin kering dan 25 gram gula aren hingga airnya tersisa setengahnya. Setelah dingin, lalu saring dan porsi air saringannya dibagi untuk 2 kali minum saat pagi dan sore hari masing-masing sebanyak 3/4 gelas.

Seledri untuk Obat Batuk 

Siapkan seledri secukupnya
Ambil dan Cuci 30 gram seledri segar seutuhnya, kemudian potong-potong. Selanjutnya rebus daun seledri dalam 3 gelas air bersih. Setelah dingin, lalu saring dan tambahkan madu sesuai selera. Gunakan ramuan minuman ini untuk 2 kali minum saat pagi dan sore hari.

Seledri Sebagai Penyubur Rambut 

Ternyata seledri bisa dimanfaatkan sebagai penyubur rambut alami yang murah meriah. Anda tinggal menyiapkan seledri secukupnya.

Cara membuat ramuan penyubur rambut dari seledri:

Ambil dan Cuci 7 atau 10 tangkai daun seledri hingga bersih lalu tumbuk sampai halus.
Setelah selesai dikeramas, gosokkan secara perlahan tumbukan daun seledri tersebut ke bagian kulit kepala dan rambut sampai merata sembari dipijat halus. Setelah selesai, bungkus rambut Anda dengan menggunakan handuk dan diamkan sekitar 60 menit / 1 jam.
Selanjutnya, bilaslah rambut hingga bersih dan lakukan selama 1 minggu sekali untuk menyuburkan rambut secara alami.
Dalam satu bulan khasiat seledri akan terasa pada rambut anda.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 20:13:00