Cara Mencegah Insomnia dan Amnesia Dengan Selada (Lactuca sativa)

Manfaat Sayur Selada Untuk Kesehatan, Terutama Mencegah Anemia dan Insomnia

Selada adalah sayur yang lebih populer dimakan mentah sebagai lalapan. Selada yang memiliki nama latin Lactuca sativa ini sangat populer sebagai sayuran hijau yang wajib ada pada jenis makanan yang bernaman burger dan hotdog serta kadang juga pada sandwich. Selada (Lactuca sativa) adalah tumbuhan sayur yang biasa ditanam di daerah beriklim sedang maupun daerah tropika. Kegunaan utama adalah sebagai salad. Produksi selada dunia diperkirakan sekitar 3 juta ton,yang ditanam pada lebih dari 300.000 ha lahan.

Nutrisi pada daun selada ternyata sangat banyak dan memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan terutama untuk melancarkan proses metabolisme dalam tubuh anda.
Berbagai manfaat daun selada
  • Menjaga kesehatan jantung. Daun selada kaya akan folat.
  • Merawat kecantikan kulit. Kekurangan asupan vitamin A dapat membuat warna kulit jadi tidak rata atau belang.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Mencegah komplikasi kehamilan.
  • Menjaga kesehatan mata.
  • Mencegah tulang keropos.
Tanaman selada (Lactuca sativa L.) termasuk famili compositae dari genus Lactuca. Selada adalah tanaman semusim polimorf (memiliki banyak bentuk), khususnya dalam hal bentuk daunnya. Ada empat jenis selada yang dikenal, yaitu selada telor, selada daun, selada rapuh dan selada batang. Jenis yang banyakdiusahakan didataran rendah adalah selada daun. Selada umumnya dimakan mentah (lalap), dibuat salad atau disajikan dalam berbagai bentuk masakan Eropa maupun Cina. Jarang sekali selada disayur masak, karena rasanya menjadi kurang enak. Selada mengandung gizi cukup tinggi terutama kandungan mineralnya.

Daun selada berbentuk bulat panjang, biasanya berposisi duduk (sessile), dan tersusun berbentuk spiral dalam roset padat. Daun selada berwarna hijau segar, tepinya bergerigi atau berombak. Warna daunnya beragam mulai dari hijau muda hingga hijau tua. Daun tak berambut, mulus, berkeriput atau kusut berlipat1.

Bunga selada berwarna kuning, terletak pada rangkaian yang lebat dan tangkai bunganya dapat mencapai ketinggian 90 cm. Bunga ini menghasilkan buah berbentuk polong yang berisi biji. Biji selada berbentuk pipih, berukuran kecil-kecil serta berbulu dan tajam1.
Kandungan Kimia

Daun selada kaya akan antioksidan seperti betakarotin, falat, dan lutein serta mengandung indol yangberkhasiat melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan serat alaminya dapat menjaga kesehatan organ-organ pencernaan. Keragaman zat kimia yang dikandungnya seperti air, kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fospat, besi, vitamin A dan B1.
Salada mengandung gizi cukup tinggi terutama sumber mineral. Kandungan zat gizi dalam 100 g selada antaralain kalori 15,00 kal, protein 1,20 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 2,9 g, Ca 22,00 mg,P 25 mg, Fe 0,5 mg, Vitamin A 540 SI, Vitamin B 0,04 mg, dan air 94,80 g1.

Berikut ini beberapa Manfaat Selada

Mencegah Anemia. Sayur selada memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki keluhan anemia. Untuk mereka yang sehat pun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi selada karena manfaatnya yang mampu mencegah anemia.

Memperkuat tulang dan gigi. Salah satu manfaat kesehatan dari selada adalah untuk memperkuat tulang dan gigi anda karena adanya kandungan fosfor dan kalsium pada selada.

Melancarkan proses metabolisme tubuh. Kandungan mineral seperti  Iodium, Fosfor, Zat besi, Tembaga, Kobalt, Seng, Kalsium, Mangan, dan Potasium pada daun selada sangat bermanfaat dalam melancarkan dan membantu proses metabolisme tubuh. Peredaran darah menjadi lancar, mencegah insomnia dan juga mencegah badan menjadi cepat lelah, lesu dan letih.

Demikian beberapa manfaat dari daun selada untuk menjaga kesehatan anda.

Silakan sebarkan dan bagikan artikel manfaat daun selada ini jika bermanfaat. Terima kasih.

loading...

Blog, Updated at: 02:01:00
loading...