Aneka Manfaat Tanaman Lidah Buaya dan Kandungan Nutrisinya

Posted by

Cara Menggunakan Lidah Buaya Untuk Pengobatan Alami, Kecantikan dan Kesehatan Secara Umum


Tanaman Lidah Buaya. Umumnya jika kita mendengar tentang tanaman lidah buaya maka yang tergambar dibenak kita adalah tanaman yang bermanfaat untuk perawatan rambut sebagai shampoo dan juga penyubur rambut. Dalam hal manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut memang sudah teruji dan terbukti khasiatnya sehingga saat ini banyak sekali beredar dipasaran produk shamphoo yang menggunakan bahan tanaman lidah buaya sebagai kandungan utamanya.



Lidah buaya juga dimanfaatkan untuk makanan yang dikemas sedemikian rupa. Setelah diolah dengan cara-cara tertentu, lidah buaya bisa dijadikan makanan yang serupa dengan manisan lidah buaya dan minuman nata yang berasal dari lidah buaya.

Pada perkembangannya ternyata diketahui masih banyak lagi manfaat lidah buaya bagi kehidupan manusia, baik untuk kesehatan, perawatan tubuh, rambut dan juga untuk kecantikan. Apa saja manfaat lidah buaya?

Berikut ini beberapa manfaat tanaman Lidah Buaya:
Lidah Buaya Untuk Asam Lambung. Caranya adalah siapkan 2 atau 3 ons lidah buaya melalui mulut setiap kali Anda mengalami serangan asam lambung. Lidah buaya diyakini membantu menenangkan luka bakar. Oleh karena itu, jus dipercaya untuk membantu menenangkan kerongkongan Anda dari luka bakar asam perjalanan kembali dari perut Anda. Aloe vera manfaat kulit eksternal Anda dari luka bakar dan iritasi dan diperkirakan untuk membantu kulit internal yang ketika diambil dalam bentuk cair. Anda juga bisa minum jus lidah buaya dalam 2 sampai 3 ons. jumlah 1 sampai 3 kali per hari, atau 20 menit sebelum makan untuk membantu mengobati asam lambung, serta mencegah masalah di masa depan mungkin Anda miliki dengan asam lambung. Hal ini penting untuk mulai mengambil lisan lidah buaya perlahan, dimulai dengan sekali sehari, untuk membantu menghindari efek samping potensial dari diare.

Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah. Lidah buaya juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk penderita diabetes. Caranya dengan merebus lidah buaya yang sudah dibuang durinya dengan air 3 gelas dan menyisakan air rebusan hingga setengahnya. Ramuan ini dapat dikonsumsi tiga kali per hari masing-masing setengah gelas.

Obat Alami Untuk Luka-luka Ringan, Memar dan Lecet. Dalam menangani luka-luka ringan, lidah buaya memiliki banyak fungsi. Anda dapat menggunakannya untuk mengobati luka bakar, meredakan rasa perih karena terbakar sinar matahari (sunburn), mengurangi warna lebam karena memar, meredakan rasa perih karena lecet, dan mengurangi kerusakan sel akibat frostbite.

Obat Alami untuk Ambeien/Wasir. Cara menggunakan lidah buaya untuk obat wasir adalah sebagai berikut: siapkan setengah dari batang lidah buaya beserta dua sendok madu dan setengah cangkir air matang. Cara membuatnya cukup mudah yaitu parut lidah buaya, kemudian ditambahkan madu dan setengah cangkir air matang pada parutan tadi. Aduk sampai rata ramuan ini dan saring kemudian. Minum ramuan ini tiga kali sehari.

Mencegah Sembelit dan Membantu Pencernaan Lebih Lancar. Pencernaan yang sehat merupakan kunci dari tubuh yang sehat sebab pencernaan yang buruk dapat berujung pada berbagai macam penyakit. Nah, lidah buaya ini sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat yang membantu melancarkan pencernaan dan menjaga pencernaan supaya tetap sehat.

Manfaat Lidah buaya untuk Detoksifikasi dengan Mereduksi dan Mengeluarkan racun (radikal bebas) dari dalam tubuh. Sama seperti rumput laut, lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung gelatin. Gelatin tersebut berfungsi untuk menyerap racun yang berada pada usus dan mengeluarkannya bersama dengan kotoran. Proses detoksifikasi ini jelas sangat menguntungkan bagi tubuh Anda.

Obat Alami Jerawat dan Flek Hitam. Caranya sangat sederhana dan dapat dilakukan dirumah tanpa harus pergi keluar rumah. Ambil saja lidah buaya, kemudian belah, lalu ambil getahnya atau lendir yang terdapat didalamnya. Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat sekali dalam sehari kurang lebih selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Sedangkan bagi mereka yang memiliki flek-flek hitam diwajah karena pengaruh kosmetik atau bekas jerawat lidah buaya adalah metode ampuh untuk membantu menghilangkannya dengan cara alami. Caranya: setelah muka dibersihkan, ambil jelly lidah buayanya, lalu bersihkan dari lendir-lendirnya dan siapkan ke muka setiap pagi juga malam hari. Biarkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih lalu keringkan. Lakukan minimal 2x sehari berturut-turut. Dijamin, muka anda akan mulus dan terbebas dari flex-flex hitam.Walau memakan waktu lama, namun bila dilakukan secara rutin, hasilnya pun akan maksimal.

Lidah Buaya Menyuburkan Alis dan Bulu Mata. Caranya: setiap akan tidur, atau pun saat anda bersantai, cuci bulu mata anda agar terbebas dari bahan kimiawi seperti maskara. Lalu ambil jelly Lidah Buaya, dan oleskan dengan lembut serta pelan-pelan pada bulu mata anda. Biarkan selama 30 menit lalu cuci dengan air biasa hingga bersih. Bila teratur menggunakannya, dijamin bulu mata anda akan kuat, tidak mudah rontok dan tebal. Jelly lidah buaya juga bisa digunakan untuk mempertebal alis anda. Caranya setiap tidur diolekan ke alis anda, lalu keesokan harinya dicuci bersih. Semakin anda rajin melakukannnya, maka hasilnya pun akan maksimal.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Rambut. Caranya: Ambil 2 pelepah lidah buaya yang sudah dicuci, kemudian gosokkan isinya pada kulit kepala yang telah dicuci (lakukan pada sore hari). Lalu balut rambut dengan kain dan bilas keesokan harinya, usahakan melakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Menjaga Kesehatan Kulit. Caranya Ambil sepotong lidah buaya dan sisihkan bagian gelnya saja. Ingat, ini tidak termasuk cairan lengket yang menempel pada kulitnya. Hancurkan gel ini dan oleskan sebelum Anda tidur. Selain jerawat hilang, kulit juga akan menjadi lembut, bersinar dan katakan goodbye pada kulit keriput. Apabila Anda ingin bercukur dengan nyaman dan aman, Anda tak harus menggunakan krim cukur. Cukup mengoleskan gel yang terdapat pada lidah buaya maka Anda akan mempermudah Anda mencukur bulu serta mencegah iritasi. Lidah buaya akan membuat kulit tetap dingin dan nyaman tanpa terasa pedih. Anda boleh mencoba gel lidah buaya ini untuk membersihkan makeup Anda. Langsung mengambil gel alaminya, maka ia akan membersihkan makeup dengan lembut tanpa meninggalkan iritasi. Tak perlu bingung mencari pelembab yang alami dan aman untuk kulit sensitif. Anda cukup mencari yang berbahan lidah buaya sehingga kulit menjadi tetap dingin. Ia juga aman untuk kulit sensitif, kulit berjerawat. Bahkan lidah buaya akan membantu menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat.

Kandungan Nutrisi/Gizi Lidah Buaya
Manfaat yang demikian banyak dari lidah buaya tentunya tidak terlepas dari kandungan kimiawi tanaman lidah buaya sendiri. Berikut ini adalah kandungan gizi pada lidah buaya yang diambil dari  berbagai sumber Informasi gizi lidah buaya seperti publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Kandungan Gizi dalam 100 gram Lidah Buaya:
  • Bagian Lidah Buaya yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 73 %
  • Energi Lidah Buaya = 4 kkal
  • Protein Lidah Buaya = 0,1 gr
  • Lemak Lidah Buaya = 0,2 gr
  • Karbohidrat Lidah Buaya = 0,4 gr
  • Kalsium Lidah Buaya = 85 mg
  • Fosfor Lidah Buaya = 186 mg
  • Zat Besi Lidah Buaya = 0,8 mg
  • Vitamin A Lidah Buaya = 0 IU
  • Vitamin B1 Lidah Buaya = 0,01 mg
  • Vitamin C Lidah Buaya = 0 mg
Ciri-ciri Khas Tanaman Lidah Buaya
  • Daun pada Lidah Buaya adalah daun tunggal dengan helaian yang berbentuk tombak memanjang berupa pelepah dengan ukuran panjang sekitar 50 cm, lebar mulai dari 5 hingga 10 cm, dan daun yang memiliki ketebalan 2-3 cm.
  • Khas dan uniknya daun lidah buaya yang tidak dimiliki tanaman lain adalah daun lidah buaya tidak bertulang, memiliki daging tebal dengan warna kulit hijau keabu-abuan.
  • Daun Lidah Buaya pada bagian luar daun terdapat lapisan semacam lilin.
  • Kandungan lendir dan getah pada daun. Di dalam daun lidah buaya terdapat lendir, air dan getah (sukulen).
  • Bagian bawah daun lidah buaya berbentuk bulat atau cembung, sedangkan bagian atas daun berbentuk rata.
  • Terdapat bercak yang berwarna putih pada daun lidah buaya ataupun warna hijau pucat dimana bercak ini biasanya akan hilang pada saat daun lidah buaya dewasa tua.
  • Adanya duri-duri tumpul pada pinggiran daun. Bagian tepi daun lidah buaya ditumbuhi duri yang tidak berwarna dan tumpul.

Demikian beberapa manfaat lidah buaya dan kandungan nutrisinya yang sangat bagus bagi kesehatan anda. Silahkan bagikan dan sebarkan artikel lidah buaya ini jika bermanfaat. Terima kasih.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:47:00

0 komentar:

Powered by Blogger.