Bunga Sedap Malam, Harum Baunya dan Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Posted by

Manfaat Tanaman Bunga Sedap Malam Bagi Kesehatan
Bunga Sedap Malam. Tanaman bunga sedap malam adalah tanaman bunga potong yang banyak diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional. Bunga sedap malam sering dibutuhkan dan dicari orang di daerah Jawa baik di Jawa tengah maupun di Jawa Timur sebagai sarana untuk berbagai upacara budaya dan juga tradisi kejawen. Sesuai dengan namanya bunga sedap malam memang memiliki aroma yang harum terutama pada malam hari. Bunga sedap malam juga ternyata sering dicampurkan pada beberapa jenis masakan yang biasanya berupa sup. Beberapa jenis sup memanfaatkan juga tanaman sedap malam untuk campuran masakannya. Sup yang memiliki kandungan sedap malam akan terasa lebih nikmat dan juga akan terasa lebih gurih dan wangi.


Anda tentu lebih familiar dengan aroma bunga melati maupun bunga mawar yang sudah sering dipakai sebagai campuran pada produk parfum dan juga sabun kecantikan. Ternyata manfaat tersebut juga terdapat pada bunga sedap malam yang memiliki bau harum semerbak tersebut. Bunga sedap malam merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki keharuman yani luar biasa, tidak kalah dengan keharuman melati. Karena itu, bunga sedap malam juga seringkali dibuat sebagai bahan wewangian atau parfum. Biasanya, bunga sedap malam dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya ayng dapat membantu meningkatkan keharuman, serta sering juga dibuat sebagai pengharum ruangan.

Manfaat Bunga Sedap Malam Sebagai Obat Alami

Obat Alami pada Bengkak dan Bisul. Cara menggunakan bunga sedap malam untuk obat bisul dan bengkak adalah ambil bunga dan juga akar tanaman bunga sedap malam secukupnya kemudian cuci kedua bahan tersebut hingga bersih. Tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus. Tempel dan kompres hasil tumbukan tersebut pada bagian tubuh yang sakit.

Obat Alami Rematik. Caranya siapkan bahan-bahan: 30 gr akar bunga sedap malam, 20 gr gua merah dan jahe merah secukupnya dan 450 cc air. Cara membuat: Satukan semua bahan itu lalu rebuslah dalam 450 cc air hingga mendidih. Selanjutnya saring dan bagi menjadi dua bagian untuk diminum sebanyak dua kali sehari.


Obat Alami untuk Katarak. Caranya adalah ambillah 50 kuntum bunga sedap malam.  Rebus ke-50 kuntum bunga sedap malam tersebut dengan air sebanyal 1.5 liter hingga mendidih. Tunggu hingga airnya menjadi dingin dan bersuhu normal, setelah itu gunakan air tersebut untuk mengompres mata dan juga mencuci mata anda yang terserang katarak.
Meningkatkan Gairah Seksual
Mengatasi penyakit susah tidur / insomnia
Mengatasi dan Mencegah terjadinya anemia
Aroma bunga Sedap Malam Membuat Relaks dan Menenangkan
Anti Depresi 

Melancarkan Aliran Darah
Untuk meningkatkan Stamina Tubuh. Caranya adalah ambil 50 kuntum bunga sedap malam, 50 gr kacang kapri, 100 gram udang, 1 telur ayam, jahe dan juga bawang putih. Tumis semua bahan-bahan tersebut hingga menjadi suatu masakan tumisan, yang bisa membantu meningkatkan energi dan juga stamina anda.

Mengobati influenza. Kombinasi dari bunga sedap malam, jahe, dan juga daun bawang putih juga memliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menyembuhkan influenza. Jadi bagi anda yang ingin sembuh dari flu yang sangat mengganggu, maka cobalah untuk mengobatinya dengan menggunakan campuran ramuan tersebut.

Meredakan radang tenggorokan. Caranya adalah: Anda bisa mencampurkan bunga sedam malam dan juga jahe untuk direbus hingga mendidih. Setelah itu, tunggu hingga dingin, lalu kemudian minumlah ramuan tersebut secara teratur. Dengan begitu, maka radang tenggorokan yang anda rasakan bia segera sembuh.

Budidaya dan Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Pilihlah umbi yang sudah cukup tua dari rumpun tanaman induknya yang sudah berusia sekitar 2 tahun atau bisa juga degan besar sekitar 2-3 cm. Kemudian keringkan selama 3-4 minggu, selanjutnya simpan bibit selama 1,5 bulan agar kelak umbi tersebut dapat dengan mudah bertunas. Untuk media tanam yang bisa digunakan untuk menanam bunga Sedap Malam dapat dibuat dari campuran arang sekam, pupuk kandang halus/kompos dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. setelah semua bahan media tanamnya ada, campurkan sampai merata dengan sempurna. Kemudian masukkan kedalam pot tanaman atau polybag sesuai ukuran yang diinginkan. Usahakan pot atau polybag memiliki lubang drainase, hal ini bertujuan untuk mencegah agar air tidak menggenang didalamnya yang dapat mengakibatkan tanaman menjadi busuk.


Dalam proses penanaman, siapkan lubang tanam sesuai dengan ukuran umbi yang akan ditanam. Kedalaman lubang tanam itu sendiri berkisar 5-6 cm. Kemudian masukkan umbi kedalam lubang tanam, selanjutnya ditutup dengan tanah dan jangan lupa padatkanlah area sekitar penanaman. Agar bibit cepat bertunas, lakukanlah penyiraman secara teratur. Bunga sedap malam perlu penyiraman secara rutin setiap sore dan pagi hari. Kemudian lakukan proses pemupukan jika tanaman sudah masuk usia 6 bulan. Pupuk yang diberikan bisa berupa campuran TSP dan Urea dengan komposisi 1:1. Setelah itu bunga Sedap Malam akan berbunga ketika telah menginjak usia 4-5 bulan sejak pertama kali ditanam.

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 01:47:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.