Bunga Wijayakusuma, Bunga Mistis Menyimpan Manfaat Kesehatan

Posted by

Bunga Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma

Ciri khas Bunga wijaya kusuma adalah bunga yang mekar di malam hari dan biasanya akan layu pada pagi hari. Bunga Wijaya Kusuma yang memiliki nama latin Epiphyllum Anguliger ini termasuk jenis tanaman kaktus. 

Bunga wijaya kusuma ini berasal dari Venezuela, Amerika Selatan. Bunga wijaya kusuma memiliki jenis bunga wijaya kusuma warna putih, bunga wijaya kusuma merah. 

Buahnya mirip dengan buah naga tapi sedikit lebih kecil. Batang tanaman bunga wijayakusuma sebenarnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil. Helaian daunnya bunga wijaya kusuma pipih, berwarna hijau dengan permukaan daun halus tidak berduri, lain halnya dengan kaktus-kaktus pada umumnya. 

Pada setiap tepian daun tanaman wijayakusuma ini terdapat lekukan-lekukan yang ditumbuhi tunas daun atau bunga . Bunga Wijayakusuma ini dapat tumbuh baik ditempat yang tidak terlalu panas. Tanaman bunga wijaya kusuma ini dapat hidup subur di daerah sedang sampai tropis. 

Bunga wijaya kusuma untuk obat biasanya digunakan pada bagian daunnya. Bunga wijaya kusuma legenda untuk orang jawa, bunga ini memiliki kekuatan magis yang cukup besar sehingga raja-raja tempo dulu diwajibkan memiliki sekuntum bunga wijayakusuma yang ia peroleh dari tanaman yang ia tanam sendiri. 

Bunga kusuma mitos bagi sebagian orang bila seseorang yang tanpa sengaja menyaksikan mekarnya bunga wijayakusuma, maka orang tersebut akan mendapatkan kebaikan di hari selanjutnya, baik berupa rezeki yang berlimpah, kesehatan, kebahagiaan, dan hal-hal positif lainnya.

Beberapa khasiat bunga ini antara lain mampu meredam rasa sakit, menetralisir pembekuan darah, dan menyembuhkan luka abses. Selain itu, Wijayakusuma mempunyai manfaat sebagai obat anti radang, obat batuk, juga pendarahan (hemostatis), dan mengatasi batuk asma, batuk darah, hingga muntah darah.

Kandungan Kimia Bunga Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya kusuma kandungannya yang sudah di ketahui adalah mengandung asam sitrat. Dan Bunga nya memiliki rasa manis dan bersifat netral.


Manfaat dan Khasiat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan

Meredam rasa sakit

Mampu menetralisir pembekuan darah.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Bunga wijaya kusuma untuk kecantikan adalah untuk menghilangkan bisul jerawat

Pendarahan

Tuberkolosis

Batuk

Muntah darah

Asma.

Catatan
Wanita hamil dilarang minum ramuan dari tanaman ini.

Bunga wijayakusuma (Epiphyllum oxypetalum) disebut juga sebagai bunga ‘ratu malam’ dan bakawali (Melayu). Dalam bahasa Inggris kerap dinamai sebagai Dutchman’s Pipe, kardable, dan Night Queen. Nama latinnya, Epiphyllum oxypetalum, mempunyai beberapa sinonim, diantaranya adalah : 

Cactus oxypetalus Moc. & Sessé ex DC.
Cereus latifrons Zucc.
Cereus oxypetalus DC.
Epiphyllum acuminatum K.Schum.
Epiphyllum grande (Lem.) Britton & Rose
Epiphyllum latifrons (Zucc.) Pfeiff.
Epiphyllum oxypetalum var. purpusii (Weing.) Backeb.
Epiphyllum purpusii (Weing.) F.M.Knuth
Phyllocactus acuminatus (K. Schum.) K. Schum.
Phyllocactus grandis Lem.
Phyllocactus latifrons (Zucc.) Link ex Walp.
Phyllocactus oxypetalus (DC.) Link
Phyllocactus purpusii Weing.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:19:00

0 komentar:

Powered by Blogger.