loading...

Cara Membuat Pakan Sapi Alternatif Dengan Batang Rumbia

loading...
Cara Membuat Pakan Sapi Alternatif dengan Memanfaatkan Batang Pohon Rumbia

Batang Rumbia Untuk Pakan Sapi. Jenis bahan pakan sapi memang banyak sekali, tetapi dapat dikelompokkan dalam dua kelompok besar  yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat. Dari dua jenis pakan tersebut ada lagi bahan pakan alternatif yang bisa diberikan pada ternak sapi terutama saat kekurangan pakan saat kemarau atau untuk menghemat biaya pakan saat harga pakan ternak sapi melambung tinggi.



Berikut ini adalah cara memanfaatkan batang rumbia untuk pakan sapi.

Bahan yang dibutuhkan tentunya batang rumbia (sagu rumbia).
Cara mengolah batang rumbia menjadi bahan pakan ternak sapi:
  • Langkah pertama adalah kupas kulit terluar dari batang pohon rumbia
  • Cincang atau hancurkan batang (pohon) rumbia yang telah dikupas tersebut dengan mesin atau manual hingga ukuran butiran (remah-remah) ½ cm atau lebih kecil.
  • Rendam hasil cincangan dengan air, biarkan selama sehari.
  • Setelah direndam selama sehari semalam, pakan dari batang rumbia siap diberikan pada sapi.

Kandungan dari hancuran batang rumbia ini jauh lebih baik dari kandungan dedak (bekatul), didalamnya terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi. Harga pohon rumbia per kilo saat ini jauh lebih murah daripada harga bekatul. Sehingga biaya produksi penggemukan sapi potong dapat diminimalisir. Pohon rumbia sebagai pakan ternak telah banyak dicobakan oleh peternak yang didaerah mereka terdapat banyak pohon rumbia.

Sekilas Tentang Pohon Rumbia



Pohon Rumbia. Sagu atau disebut juga Rumbia dalam bahasa ilmiah disebutMetroxylon sago sedangkan dalam bahasa inggris disebut Sago Palmmerupakan tanaman penghasil sagu. Jenis pinang-pinangan ini tumbuh merumpun dengan akar rimpang yang panjang dan bercabang yang menjulur di permukaan tanah. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari Papua atau Maluku. Pohon rumbia ini tumbuh di seluruh wilayah Indonesia, daunnya sering dijadikan sebagai atap rumbia.

Klasifikasi ilmiah tanaman Rumbia:
Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas:Liliopsida; Ordo: Arecales; Famili: Arecaceae; Genus: Metroxylon; Spesies: Metroxylon saguSinonim: Metroxylon rumphi; M. squarrosum

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 20:09:00