Loading...

Cara Mencegah Diare Pada Pedet (Calf)

Loading...
Diare Pada Pedet dan Cara Pencegahannya

Diare. Salah satu momok penyakit pedet yang sangat ditakuti dan berusaha dihindari oleh peternak sapi baik sapi lokal maupun sapi potong adalah terjadinya diare atau mencret pada pedet yang dipeliharanya. Diare atau mencret pada pedet memang sangat merugikan peternak karena bisa berakhir pada kematian pedet. Diare yang sudah parah padat pedet biasanya akan sangat sulit diobati karena pedet sudah mengalami dehidrasi parah.


Tindakan mencegah diare pada pedet sangat dianjurkan daripada mengobati pedet yang terlanjur terkena mencret atau diare. Dengan mencegah maka kerugian yang tinggi akibat pedet yang bertambah kurus dan bahkan pedet yang mati bisa dihindari.

Berikut Tips dan Cara Mencegah Diare Pada Pedet
  • Siapkan tempat induk melahirkan dengan seksama, pastikan kebersihan kandang yang akan digunakan induk yang siap melahirkan dan hindari tempat melahirkan yang kotor, basah dan lembab.
  • Segera setelah dilahirkan celupkanlah tali pusar pedet menggunakan larutan iodine tincture
  • Pastikan pedet yang baru lahir mendapatkan kolostrum yang berkualitas baik dengan jumlah yang cukup. Antibody yang terkandung dalam kolostrum merupakan pertahanan utama pedet yang baru lahir hingga system imunitas pedet tersebuit berkembang.
  • Setelah dipastikan pedet mendapatkan kolostrum susu pertama induk maka pisahkan pedet dari induk atau sapi dewasa lainnya.
  • Isolasi pedet yang mengalami diare secepat mungkin. 
  • Jika ada pedet yang terkena diare, setelah pedet dipisahkan bersihkan dan desinfeksi lingkungan kandang.
  • Lakukan vaksinasi untuk dara atau induk saat bunting.
  • Untuk pedet yang sudah belajar makan pastikan pakan yang diberikan sudah sesuai dengan umur pedet dan tidak menyebabkan pedet diare
  • Hindarkan pedet yang baru lahir dari kehujanan terus menerus ataupun kepanasan terus menerus (terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama). Kalau untuk sekedar pedet berjemur tidak ada masalah dengan sinar matahari, bahkan akan berpengaruh sangat bagus pada pertumbuhan dan perkembangan tulang pedet.

Demikian beberapa cara mencegah terjadinya diare pada pedet, mengenai cara pengobatan diare atau mencret pada pedet akan dibahas pada artikel terpisah. Semoga bermanfaat. 

Tags: Diare pada pedet, cara mencegah diare, diare atau mencret, pedet mencret, pedet diare, kerugian pedet diare, cegah diare, cegah pedet diare. diare berbahaya bagi pedet

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 02:01:00