Loading...

Daun Sirih Merah, Bermanfaat Untuk Obat Alami Mimisan, Bronkhitis Sampai Sakit Gigi

Loading...
Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Daun Sirih. Daun Sirih, terutama sirih hijau sudah lama dimanfaatkan sebagai obat alami untuk pengobatan berbagai penyakit pada tubuh kita. Saat kita kecil, jika hidung kita berdarah maka sirih hijau ini menjadi andalan obat tradisional yang efektif untuk menghentikan pendarahan hidung akibat mimisan. Sirih juga sudah sangat lama digunakan oleh nenek moyang kita sebagai sarana "nginang". Nginang biasa dilakukan dengan mencampur daun sirih dan juga kapur sirih serta kadang-kadang dengan tembakau dan dikunyah dalam mulut. Kunyahan dari nginang ini biasa disebut sebagi "susur" dikalangan orang jawa.

Ternyata seiring perkembangan waktu diketahui bahwa "nginang" yang dilakukan oleh mbah-mbah kita dahulu memiliki manfaat tersembunyi terutama untuk kesehatan mulut dan gigi. Salah satu manfaat nginang sirih hijau antara lain mencegah sariawan, mencegah dan mengobati sakit gigi, menjaga kekuatan gigi dan lain-lain. Hanya saja mereka yang suka nginang akan terlihat gigi mereka seperti tampak kemerahan saat mereka nginang sehingga jaman sekarang sudah sangat jarang ditemukan orang yang mau nginang kecuali dari kalangan orang-orang yang sudah sangat tua.

Lain sirih hijau, lain pula sirih merah. Sirih merah mulai dikenal belakangan ini setelah diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Sirih merah juga sangat bagus jika ditanam debagai tanaman hias. Apalagi jika anda mau mengkombinasikan atau menggabung tanaman sirih merah dan sirih hijau dalam satu pot dan diberikan tempat khusus untuk memanjat maka anda akan memiliki tanaman hias yang unik dan menarik. Selain itu anda juga akan memiliki atok tanaman obat keluarga yang berupa sirih hijau dan sirih merah yang mungkin anda perlukan sewaktu-waktu.


Daun Sirih Merah. Tanaman sirih merah memiliki sifat tumbuh yang sama dengan sirih hijau yaitu merambat dan menjalar. Baik sirih merah maupun sirih hijau keduanya sangat mudah dikembangkan atau diperbanyak dengan di stek karena pada setiap ruas batang yang ditumbuhi daun biasanya akan sangat mudah tumbuh akar. Untuk menanamnya kita tinggal memotong beberapa ruas batang tanaman sirih ini dan menanmnya dalam tanah yang gembur dan subur. Lakukan penyiraman secara rutin maka tanaman sirih baru akan tumbuh dengan baik. Hidarkan dari  matahari langsung saat melakukan penanaman dengan stek ini.

Sirih merah memiliki nama latin Piper crocatum dan memiliki kandungan zat penting seperti flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin, minyak atsirih, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan propoda. Senyawa flavoid dan polifenol sendiri berguna sebagai antioksidan, antiflamasi, dan antidiabetic. Sementara itu, senyawa alkaloid sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kangker. Rebusan daun sirih merah yang diberikan pada tikus putih yang terkena diabetes juga ternyata mampu menurunkan kadar gulanya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa sirih merah dapat digunakan sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh penderita diabetes mellitus. Kandungan senyawa karvakol dalam sirih merah memiliki manfaat sebagai desinfektan dan antijamur, Sangat baik jika digunakan sebagai obat kumur dan obat keputihan. Selain itu, kandungan senyawa eugenol dalam sirih merah berfungsi analgesic atau pereda nyeri. Kandungan senyawa tannin berfungsi sebagai penyembuh diare dan antiseptik pada luka. Meramu sirih merah dapat dilakukan oleh dua cara, dalam keadaan segar dan dikringkan. Sirih merah juga dapat digunakan sebagai ramuan tunggal maupun digambungkan dengan jenis herbal lain.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan dan Cara Pemakaian Sirih Merah Sebagai Obat Alami

Menghentikan Pendarahan Hidung Akibat Mimisan
Seperti halnya pada daun sirih hijau, sirih merah juga bisa untuk mengobati mimisan. Ambil 1 lembar daun sirih yang agak muda, kemudian lumatkan, gulung sambil ditekan hingga keluar airnya dan gunakan untuk menyumbat hidung hingga tidak keluar darah lagi.

Obat Alami Untuk Sakit Gigi
Ambil satu lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air hingga mendidih. Air rebusan daun sirih tersebut digunakan untuk berkumur. Lakukan erulang-ulang hingga sembuh.


Obat Alami untuk Penyakit Sfilis
Cara Penggunaan daun sirih untuk sifilis adalah sebagai berikut: Siapkan 25-30 lembar daun sirih bersama tangkainya, 1/4 kg gula aren dan garam dapur secukupnya. Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Ramuan tersebut diminum 3 kali 1 hari secara terus menerus.

Meringankan Penyakit Bronkhitis
Cara penggunaan daun sirih untuk meringankan bronkhitis adalah sebagai berikut: Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Daun sirih dirajang, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, dan disaring. Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari 3 sendok makan.

Obat Alami Untuk Menghentikan  Diare atau Mencret
Cara pemakaian daun sirih untuk obat diare, Siapkan 6 lembar daun sirih, 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak. Kemudian tumbuk ketiga bahan tersebut hingga lembut, kemudian gosokkan pada perut penderita diare.

Meringankan sakit batuk
Caranya ambil 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun bidara upas dan madu secukupnya. Daun sirih diiris-iris, kemudian direbus bersama daun bidara upas dalam 2 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, tambah madu secukupnya, kemudian ramuan tersebut dibuat untuk berkumur. Usahakan untuk menjangkau daerah kerongkongan.

Mencegah ASI Berlebih
Jika daun katuk bermanfaat untuk memperbanyak ASI, maka sebaliknya daun sirih bisa untuk menekan produksi ASI bagi ibu-ibu yang memiliki produksi ASI berlebih yang akhirnya terbuang percuma. Cara pemakaian daun sirih untuk mengurangi ASI yaitu siapkan 4 lembar daun sirih dan olesi dengan minyak kelapa. Setelah itu panggang diatas api, jangan sampai hangus terbakar. Dalam keadaan masih hangat, daun sirih tersebut ditempelkan di sekitar payudara.

Terapi Alami untuk Penyakit jantung
Cara Pemanfaat daun sirih untuk sakit jantung sebagai berikut: Ambil 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok makan jintan putih. Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. Ramuan tersebut diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.


Cegah dan Obati Pendarahan Pada Gusi
Cara atau resep daun sirih untuk gusi berdarah: ambil 4 lembar daun sirih kemudian direbus dengan dua gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur. Lakukan berulang-ulang hingga sembuh.

Mengatasi Susah Buang Air Kecil
Daun sirih bersifat diuretik yang bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil. Caranya adalah dengan mencampurkan jus daun sirih dengan madu dan susu, kemudian diminum selama 1 minggu sekali.

Meningkatkan Nafsu Makan
Caranya : Ambil daun sirih merah yang tidak terlalu tua sebanyak 10 lembar, cuci, kemudian rendam dalam alkohol 70 persen selama 30 menit agar bakteri yang menempel pada daun mati. Daun sirih merah ditambah gula putih 100 gram direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Setelah dingin, tuangkan ke dalam botol yang bersih dan steril. Ramuan ini bisa diminum tiga kali sehari, sekali minum satu sendok makan.

Untuk Kesehatan Organ Kewanitaan
Caranya: Ambil daun sirih merah tua sebanyak 8 lembar dicuci bersih, kemudian diiris-iris selebar 1 cm. Rebus dengan air 800 ml sampai mendidih. Setelah dingin, dipakai untuk membersihkan organ kewanitaan dua kali sehari.

Mengobati dan Mengatasi Radang pada Mata
Cara Pemakaiannya: Siapkan daun sirih merah yang agak muda (daun kelima dari pucuk) sebanyak 4 lembar, cuci bersih. Rebus dengan air dua gelas hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Setelah dingin, air tersebut digunakan untuk merendam mata yang sakit.

Obat Alami untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Kulit

Caranya dengan mengambil 15 hingga 20 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih dan rebus. Sebisa mungkin gunakan air rebusan daun sirih dalam keadaan masih hangat. Untuk Bisul caranya: tumbuk daun sirih tua secukupnya, lalu bubuhkan ke area yang terkena bisul. Agar daun sirih tidaj lepas, sebaiknya balut menggunkan kain. Untuk Jerawat Caranya: Ambil 8 hingga 10 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih, remas atau ditumbuk kasar, kemudian seduh dengan air panas dan gunakan air tersebut untuk membasuh luka. Lakukanlah cara ini hingga 2 atau 3 kali sehari.

Cegah Bau Badan
Cara pemakaian daun sirih untuk mencegah dan menghilangkan bau badan adalah ambil 5 lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Rebus terus hingga tersisa hingga 1 gelas saja. Kemudian minumlah pada siang hari. Jika anda lakukan secara rutin, mudah-mudahan bau badan akan cepat berkurang/hilang.

Ringkasan Manfaat Lain Daun Sirih Merah. Daun sirih merah memiliki efek mencegah ejakulasi dini, antikejang, antiseptik, analgetik, antiketombe, mengendalikan gula darah, lever, antidiare, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meredakan nyeri. Juga dipercaya mampu mengatasi radang paru, radang tenggorokan, radang gusi, hidung berdarah atau mimisan, dan batuk berdarah. Ekstrak daun sirih merah juga mampu mematikan jamur Chandida albicans penyebab sariawan. Selain itu, berkhasiat mengurangi sekrasi pada liang vagina, keputihan dan gatal-gatal pada alat kelamin, sekaligus sebagai pembersih luka (efek antiseptik). Secara empiris ekstrak daun sirih merah dalam pemakaian tunggal atau diformulasikan dengan tanaman obat lain mampu membatasi aneka keluhan. Contohnya gangguan gula darah, peradangan akut pada organ tubuh, luka yang sulit sembuh, kanker payudara dan kanker rahim, leukemia, TBC dan radang hati, wasir, jantung koroner, darah tinggi, dan asam urat.

Demikian manfaat daun sirih merah yang ternyata banyak sekali untuk mengobati dan mengatasi berbagai macam penyakit secara alami. Semoga bermanfaat.

Silakan sebarkan info manfaat dan khasiat daun sirih ini jika bermanfaat. Terima kasih.

Loading...

Blog, Updated at: 19:22:00