Jamur Merang, Manfaat dan Kandungan Nutrisinya

Posted by

Kandungan Nutrisi Jamur dan Manfaatnya

Jamur Merang. Jenis jamur ini sering disebut juga sebagai jamur kancing karena bentuknya yang mirip kancing baju. Jamur merang awalnya hanyalah tanaman biasa yang dianggap jamur-jamur liar pada umumnya tetapi seiring waktu pembudidayaan jamur merang semakin intensif hingga dilakukan oleh perusahaan besar, sebagai contoh adalah pembudidaya jamur merang di pegunungan dieng dan juga pembudidaya jamur di lereng pegunungan bromo. Jamur merupakan salah satu bahan pangan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi non kolesterol.


Jamur Merang juga merupakan sumber dari berbagai macam enzim terutama tripsin yang berperan penting untuk membantu proses pencernaan. Jamur Merang dapat juga di gunakansebagai pelindung, karena kandungan vitamin B - kompleksnya yang termasuk riboflavin serta memiliki asam amino esensial yang cukup lengkap.

Salah satu media yang paling umum digunakan untuk membudidayakan jamur merang adalah dengan jerami padi yang diolah dan ditata sedemikian rupa sehingga cocok untuk tumbuh kembang jamur merang. Dalam budidayanya, jamur di budidayakan dengan di tanam dengan temperatur dan kelembaban yang terkontrol. Jamur Merang atau banyak yang mengenal dengan jamur kancing yang memang bentuknya seperti kancing banyak mengandung manfaat / khasiatnya. Saat ini Jamur merang dalam kemasan khusus sudah banyak di jual di pasar swalayan atau supermarket dengan berbagai merk sesuai pabrik dan pembudidayanya.

Kandungan Nutrisi Jamur Secara Umum, Sebagai Contoh Kandungan Nutrisi pada Jamur Tiram dan Jamur Merang.

Kandungan Nutrisi pada Jamur Tiram. Dari hasil penelitian Departemen Sain, Kementerian Industri Thailand, jamur tiram (Oyster mushroom) mempunyai kandungan: protein 5,94 persen, karbohidrat 50,59 persen, serat 1,56 persen, lemak 0,17 persen, abu 1,14 persen. Per 100 gram jamur tiram segar, mengandung 45,65 kalori, 8,9 miligram (mg) kalsium, 1,9 mg besi, 17,0 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg Vitamin C. Jamur juga mengandung folic acid yang cukup tinggi, konon mampu menyembuhkan anemia.

Kandungan Nutrisi pada Jamur Merang. Kandungan nutrisi per 100 gram dari jamur merang adalah Protein 5.94 %, karbohidrat 0,59 %, lemak 0,17 %, abu 1,14 %, serat 1,56 %, besi 1,9 mg, fosfor 17 mg, vitamin B-1 0,15 mg, vitamin B-2 0,75 mg, vitamin C 12,40 mg, Mineral tambahan asam folat, kalium dan tembaga.

Apabila kandungan nutrisi pada jamur ini kita bandingkan dengan tempe yang terbuat dari kedelai yang kaya serat dan juga sebagai sumber berbagai nutrien seperti calsium, Vitamin B, dan besi, mempunyai kandungan sebagai berikut: kalori 204, protein 17 gram, lemak 8 gram, karbohidrat 15 gram, calium 80 mg, Fe (Besi) 2 mg, dan Zn 0,2 mg. atau dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18,2 gram, lemaknya 25,0 gram, namun karbohidratnya 0,0 gram dan Vitamin C-nya juga 0,0 gram. Maka terlihat bahwa kandungan gizi jamur lebih lengkap.

Manfaat Jamur Merang Bagi Kesehatan

Mengurangi dan Mencegah Timbulnya Penyakit Kanker seperti Kanker Payudara dan Kanker Prostat. Manfaat pertama dari jamur merang yang sangat penting adalah sebagai antikanker karena jamur merang membantu menghindari pertumbuhan sel kanker pada payudara dan kanker prostat. Jamur mengandung beta-glukan dan asam linoleat terkonjugasi memiliki efek karsinogenik. Asam linoleat membantu menurunkan efek hormon estrogen. Kandungan hormon estrogen terlalu tinggi dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Beta-glukan akan menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat. Kandungan selenium pada jamur efektif menghambat sel kanker.

Konsumsi Jamur Merang Untuk Menambah Daya Tahan dan Imunitas Tubuh. Jamur merang dan beberapa jenis jamur lainnya memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi. Jamur merang mengandung ergothioneine yaitu antioksidan yang kuat dalam jamur dan efektif untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan ini akan menghambat infeksi jamur, mikroba dll. Dapat membantu menyembuhkan borok atau luka berbisul. Kandungan yang baik seperti vitamin A, B kompleks dan C yang terdapat dalam jamur bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

Jamur Merang untuk Menangkal Radikal Bebas. Banyaknya polusi udara seperti asap kendaraan bermotor, kebakaran hutan juga asap rokok adalah sumber radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Radikal bebas ini bisa ditangkal dengan konsumsi jamur merang yang mengandung selenium. Selain flavonoid yang dikenal baik untuk mengatasi radikal bebas, selenium pun juga sama. Selenium yang ada di dalam kandungan jamur merang membantu kita untuk mengatasi radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas yang masuk seperti dari asap polusi, alkohol, makanan dengan lemak jahat, dan radiasi elektrmagnetik bisa menyebabkan penyakit serius.

Jamur Merang Makanan Penurun Berat Badan. Manfaat Jamur merang bagi manusia tidak mengandung lemak yang baik untuk program diet, sehingga kandungan protein dalam makanan akan dimanfaat untuk membakar lemak. Serat yang banyak baik untuk pencernaan.

Memperkuat Tulang dan Gigi serta Bagus Untuk Masa Pertumbuhan. Untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan sangat dianjurkan mengonsumsi jamur merang dengan dibuat berbagai macam produk olahan. Kandungan protein jamur cukup tinggi. Protein digunakan untuk pertumbuhan. Dibandingkan dengan putih telur, jamur merang tidak mengandung lemak apalagi kolestrol sehingga baik untuk menurunkan kolesterol. Konsumsi jamur merang di masa pertumbuhan akan membantu proses pertumbuhan secara maksimal.

Jamur mengandung kalsium yang tinggi. Selain kalsium juga ada vitamin D yang bahkan jamur merang ini memiliki kandungan vitamin D terbesar kedua setelah cod liver oil. Oleh sebab itu, kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang kita.

Jamur Merang Bagus Untuk Mengatasi Anemia. Kita membutuhkan zat besi untuk bahan pembuatan darah kita. Kekurangan zat besi akan menyebabkan kita kekurangan darah atau istilahnya adalah penyakit anemia. Manfaat jamur merang memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk membantu kita terhindar dari resiko anemia.

Menjaga Kesehatan Jantung. Jamur merang adalah jenis makanan sehat non kolesterol sehingga aman dikonsumsi segala usia bahkan orang yang sudah lanjut usia. Tetapi perlu diperhatikan cara memasaknya agar jangan menambahkan zat-zat atau bumbu-bumbu atau minyak yang menyebabkan masakan jamur jadi berkolesterol dan berbahaya untuk mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Jamur merang memiliki kandungan mineral tambahan yang tinggi, salah satunya adalah kalium dan tembaga. Kita tahu bahwa tembaga memiliki sifat anti bakteri yang menjaga organ dalam kita terhindar dari serangan bakteri penyakit. Ditunjang dengan kalium yang tinggi yang ini sangat baik untuk menjaga fungsi pembuluh darah kita. Akibatnya jantung kita akan terjaga fungsi dengan baik. Jamur merang mengandung banyak protein, tidak mengandung lemak jahat, dan kandungan karbohidrat yang rendah. Selain itu kandungan serat dan enzim pada jamur membantu melancarkan seistem pencernaan. Ditunjang dengan protein yang sehat, maka kandungan protein yang tinggi tersebut dapat membakar kolestrol di dalam sistem pencernaan

Jamur Merang Aman dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes. Secara umum Jamur mengandung insulin alami yang baik untuk penderita diabetes, jamur yang rendah lemak dan karbohidrat. Manfaat jamur merang baik untuk fungsi hati, pankreas dan kelenjar endokrinal lainnya sehingga dapat meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat. Kandungan antibiotik pada jamur baik menghindari infeksi akibat luka diabetes.

Jamur Merang Bagus Untuk Melancarkan Proses Pencernaan. Kandungan serat pada jamur merang akan membantu memperlancar proses pencernaan dalam lambung dan usus kita sehingga bisa mencegah sembelit.

Demikian beberapa manfaat dari jamur merang. Silahkan bagikan dan sebarkan artikel tentang jamur merang ini jika bermanfaat. Terima kasih.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:51:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.