Kulit dan Biji Anggur, Ternyata Memiliki Manfaat Tersembunyi Bagi Kesehatan

Posted by

Manfaat Kulit dan Biji Buah Anggur Bagi Kesehatan

Buah Anggur. Tanaman buah anggur adalah tanaman yang pada dasarnya tumbuh secara menjalar dan merambat sehingga butuh semacam "lanjaran" atau penopang atau juga para-para. Ada dua macam kebiasaan cara orang dalam mengonsumsi buah anggur yaitu dikupas dan dimakan daging buahnya saja ada yang dimakan tanpa dikupas atau dimakan langsung bersama kulitnya tentunya setelah dicuci bersih terlebih dahulu.

Sangat disayangkan jika orang mengonsumsi buah anggur dengan dikupas dan dibuang kulitnya karena ternyata salah satu kandungan antioksidan pada buah anggur ada pada kulitnya. Antioksidan dalam anggur yaitu zat polifenol dan resveratol sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Radikal bebas bisa berasal dari luar tubuh seperti polusi asap kendaraan, polusi asap rokok, polusi asap kebakaran hutan dan lain-lain. Radikal bebas bisa juga berasal dari dalam tubuh yang berupa sisa-sisa proses metabolisme tubuh yang mengendap dalam tubuh dan haru dikeluarkan karena jika tidak dikeluarkan akan menjadi racun yang membahayakan kesehatan tubuh.

Manfaat kulit anggur bagi kesehatan karena adanya kandungan flavonoid yang bermanfaat sebagai antioksidan penangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit pada tubuh manusia. Lantas apa saja manfaat kulit anggur bagi kesehatan?

Berikut beberapa manfaat kulit buah anggur untuk kesehatan:
  • Mencegah terjadinya penuaan dini
  • Mencegah dan Mengatasi polio
  • Obat Alami untuk Mengatasi influenza
  • Obat Alami untuk penyakit herpes
  • Menetralisir racun dari dalam tubuh
  • Membersihkan saluran usus dari kotoran
  • Mengatasi kelelahan
  • Mencegah kerusakan sel-sel tubuh
  • Sumber antioksidan
  • Penangkal radikal bebas
  • Melancarkan proses pencernaan
Begitu banyak manfaat yang terdapat pada kulit anggur karena pada kulit anggur juga terkandung resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin. Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membantu awet muda dan mencegah kanker. Begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kulit anggur karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam kulit anggur yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat polusi dan zat beracun. Untuk itu tubuh sangat membutuhkan antioksidan, dan antioksidan yang terkandung dalam buah anggur ini lebih tinggi dibandingkan dengan antioksidan yang terdapat dalam vitamin C.

Ternyata manfaat untuk kesehatan tidak hanya terkandung dalam kulit anggur saja, biji buah anggur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang tidak kalah dengan manfaat kulit anggur. Apa saja manfaat biji anggur untuk kesehatan? 

Manfaat Biji Buah Anggur
Biji Anggur. Selama ini biji anggur adalah bagian dari buah anggur yang jarang dimakan bahkan hampir tidak pernah dan selalu dibuang begitu saja. Padahal jika kita mau mengonsumsinya bersama dengan buah anggur kita akan mendapatkan manfaat yang tidak sedikit dari biji anggur untuk kesehatan tubuh kita. Dikutip dalam The Times of India, ekstrak dari biji anggur menambah deret penghalau sel kanker untuk berkembang biak. Rajesh Agarwal, PhD, salah satu peneliti di University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences, menyatakan bahwa ekstrak biji anggur memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat. Ekstrak biji anggur mampu menjaga sel sehat agar tidak terserang sel kanker dan hanya menghancurkan sel kankernya saja. Potensi lain yang dihasilkan oleh ekstrak biji anggur yaitu sebagai lini kedua dalam pengobatan kanker leher dan kepala, meski demikian Agarwal berharap agar temuan ini lebih di kembangkan dalam pengujian secara klinis. Jadi masih dibutuhkan penelitian yang lebih intensif agar manfaat biji anggur untuk penyakit kanker ini bisa lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Beberapa Manfaat Biji Anggur Bagi Kesehatan
  • Mampu membunuh sel kanker tanpa membahayakan sel yang sehat
  • Membantu Mencegah Peradangan Prostat
  • Mencegah Penuaan Dini
  • Mencegah Stroke
  • Mencegah Sakit Jantung
  • Menjaga Vitalitas dan Libido
  • Mencegah Penyempitan Pembuluh darah
  • Melancarkan Peredaran darah

Manfaat Biji Anggur untuk mencegah Peradangan Protat. Menurut dosen ilmu gizi Fakutas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dr. Febri Endra Budi Setyawan M.Kes, Biji anggur memiliki khasiat sama besar dengan daging dan kulitnya. Dalam biji anggur terdapat mineral mikro yaitu seng dan mangan. Dua mineral ini banyak terdapat pada anggur merah. Febri menambahkan, seng dan mangan sangat penting untuk menjaga libido seks dan kesuburan pria juga dapat membantu mencegah dan membantu mengatasi peradangan prostat.

Manfaat lain dari biji anggur adalah kemampuannya untuk mengerem laju penuaan sehingga biji anggur bisa dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini, mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) yang sering kali menjadi penyebab stroke dan serangan jantung.

Biji Anggur untuk mencegah Stroke. Manfaat Biji anggur untuk mencegah stroke karena mengandung endungeoned pycnogenol, zat penguat kologen yang bisa melenturkan pembuluh darah (anti aging), kata ahli kesehatan gizi masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Ali Khomsan, di Jakarta, Rabu. Ditambahkan bahwa semakin bertambah tua usia manusia, pembuluh darahnya akan semakin rapuh dan rentan terjadi penyumbatan yang menyebabkan stroke maupun penyakit jantung koroner. Pycnogenol berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah yang rentan terjadi pembekuan. Hasil penelitian Ali, zat pycnogenol tersebut banyak terdapat pada biji anggur, baik anggur lokal maupun impor dari beberapa negara lain.

Alasan utama mengapa biji anggur juga aman untuk dikonsumsi adalah karena biji anggur juga bersifat lebih lunak dibanding biji cabe, sehingga tidak akan membahayakan kesehatan usus seperti usus buntu dan lainnya. Selain itu, biji anggur juga diyakini mengandung mineral, seng dan mangan yang bermanfaat bagi tubuh.

Demikian manfaat yang terkandung dalam kulit dan biji anggur jadi tips mengonsumsi anggur yang baik adalah dimakan bersamaan antara kulit, daging buah dan bijinya karena biji anggur relatif aman bagi pencernaan dan memiliki banyak manfaat tersembunyi.

Silahkan sebarkan dan bagikan info manfaat biji dan kulit anggur bagi kesehatan ini jika bermanfaat. Terima kasih.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 01:40:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.