Kulit Durian, Ternyata Menyimpan Manfaat Yang Tak Terduga

Posted by

Kulit Durian, Adakah Manfaatnya?
Kulit Durian.  Jarang orang berfikiran bahwa kulit buah yang satu ini bisa ada manfaatnya, kulit durian. Mendengar namanya saja orang sudah malas membayangka bentuknya yang dipenuhi duri-duri tajam meskipun jika disuruh makan daging buahnya tidak akan mungkin menolak. Tetapi jangan memandang sesuatu hanya dari tampilan fisiknya saja karena yang luarnya menyeramkan kadang dalamnya malah selembut salju..he..he.


Jika dulu penulis hanya tahu kalau kulit durian yang ditaruh begitu saja didalam rumah bisa untuk mengusir nyamuk karena nyamuk tidak menyukai aroma durian katanya. Hanya saja resikonya seluruh rumah jadi bau durian. Yang lebih repot jika ada sebagian anggota keluarga yang tidak menyukai durian bisa jadi masalah gara-gara meletakkan kulit durian dalam rumah. Bisa juga kulit durian yang sudah kering dibakar sebagai alat untuk mengusir nyamuk. Nah ada tips mudah untuk menghilangkan bau aroma durian saat setelah selesai mengonsumsi durian dengan menggunakan kulit durian. Caranya mudah, cukup dengan menaruh air pada cekungan kulit durian. Air tersebut selanjutnya digunakan untuk mencuci tangan. Cara ini juga praktis mengusir aroma durian pada mulut, gunakan air dengan cara kumur-kumur.

Penemuan lainnya dari manfaat kulit durian adalah sebagai pengisi batere kering atau sebagai sumber energi listrik sederhana. Caranya? siapkan kulit durian, pisahkan bagian berduri dengan kulit dalam yang putih. Ambil bagian putih tersebut dan tumbuk halus. Selanjutnya, ambillah batre bekas dan buang arang di dalam batre tersebut. Ganti dengan kulit durian yang telah halus. Tutup kembali batre dan ceklah dengan menggunakan AVO meter. Maka batre bekas Anda tadi sudah bisa digunakan seperti batre baru. Batre dengan kulit durian ini bisa bertahan lima jam. Mengapa bisa demikian? Jawabnya adalah karena kulit Durian memiliki kandungan zat kalium dan natrium tinggi yang bisa digunakan untuk mengalirkan ion positif dan negatif. Kandungan dua zat inilah yang kemudian menciptakan aliran listrik. Unsur kalium dan natrium tinggi inilah yang bisa digunakan untuk mengalirkan ion positif dan negatif. Dengan sejumlah proses, kulit Durian ini mampu menghasilkan tegangan sebesar 1,25 volt. Tegangan ini cukup untuk menghidupkan kembali aliran listrik baterai yang sudah mati.

Kulit durian sebagai pupuk organik. Manfaat ini ditemukan oleh seorang siswa SMA Negeri 1 Sawahlunto bernama Alen Salvo Pratomo. Pupuk organik dari kulit durian ini cukup baik sebab seratnya banyak sehingga bagus dalam meresap air. Cara membuat pupuk organik ini mudah sekali. Pertama, rebuslah kulit durian. Setelah itu, jemur sampai kering. Kemudian haluskan kulit durian tadi dan campur bersama tanah.

Manfaat Kulit Durian Bagi Kesehatan

Obat alami untuk sakit perut: caranya kuliat durian diambil kemudian kita lumatkan dengan cara ditumbuk atau juga bisa diblender. Setelah itu lumatan kulit yang sudah menjadi halus kita ambil kemudian di tempelkan pada perut kita yang sedang sakit hingga rasa sakit pada perut berkurang dan biarkan sampai lumatan itu mengering.

Kulit durian bermanfaat mengatasi sembelit: caranya sama seperti mengobati sakit perut dengan cara kulit durian dilumatkan terlebih dahulu.

Obat alami untuk penyakit bisul : caranya ambil secukupnya kulit durian lalu cuci hingga benar-benar bersih. Kemudian bakar kulit durian hingga menjadi arang dan berwarna hitam (menjadi arang bukan abu). Setelah itu arang kulit durian di tumbuk hingga menjdi seperti buuk kopi. Setelah itu kita bisa menburkan bubuk kopi durian ke bisul. Cara ini bisa dilakukan 2x sehari.

Manfaat Lain Kulit Durian
  • Dalam Kulit durian secara proporsional mengandung unsur selulose yang tinggi (50-60 persen) dan kandungan lignin (5 persen) serta kandungan pati yang rendah (5 persen) sehingga dapat diindikasikan bahan tersebut bisa digunakan sebagai campuran bahan baku papan olahan serta produk lainnya yang dimampatkan. nilai keteguhan lengkung (Modulus of Elastisity) produk papan partikel dari limbah kulit durian yang menggunakan perekat mineral (semen) adalah sebesar 360 kg/cm2 dengan nilai keteguhan patah (Modulus of Rupture) sebesar 543 kg/cm2
  • Kandungan kimia kulit durian yang dapat dimanfaatkan adalah pektin. pektin merupakan senyawa yang baik digunakan sebagai pengental dalam makanan. sehingga pektin yang diperoleh dari kulit durian dapat dimanfaatkan sebagai pengental dalam pembuatan cendol. 
  • Kulit durian untuk bahan pengusir nyamuk atau bahan bakar memasak (hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kalor kulit durian sebesar 3786,95 kal/gram dengan kadar abu rendah yaitu 4 persen), sebuah ajang lomba internasional (forum Indonesian Young Scientists (Inays) 2008 di Universitas Parahyangan, Bandung ) pernah menampilkan temuan obat nyamuk dari ekstrak kulit durian
  • Lumatan kulit durian dapat perut akan mempermudah buang air besar, mengobati ruam pada kulit (sakit kurap), air abu kulit buah durian dapat digunakan sebagai obat pelancar haid dan juga penggugur kandungan (abortivum). Abu dan air rendaman abu bisa digunakan sebagai campuran pewarna tradisional.
Demikian info manfaat yang tersembunyi dalam kulit durian. Silakan sebarkan dan bagikan info kulit durian ini jika bermanfaat. Terima kasih.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:25:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.