Loading...

Manfaat dan Cara Membuat Kwaci Biji Melon, Camilan Sehat Kaya Nutrisi

Loading...
Biji Melon, Manfaat dan Cara Mengonsumsinya Untuk Kesehatan

Biji Melon. Biji melon adalah biji yang terdapat pada buah melon tentunya. Biji melon biasanya hanya terbuang percuma dan tidak pernah dimanfaatkan karena dianggap tidak ada khasiatnya. Ternyata anggapan bahwa biji melon barang yang tidak berguna adalah aslah besar karena biji melon ternyata memiliki manfaat yang tidak kecil bagi kesehatan.

Biji melon ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Menurut seorang ahli diet asal Inggris yang bernama Dr. Sarah Sc., biji melon dapat dimanfaatkan sebagai camilan sehat yang tidak kalah dengan biji bunga matahari maupun biji labu kuning yang umum dibuat kwaci. Menurut Sarah, kandungan mineral dalam biji melon seperti kalsium, sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang. Biji melon juga mengandung lemak tunggal tak jenuh yang penting bagi kesehatan jantung. Masih ada lagi, biji melon mengandung serat yang baik bagi mereka yang sedang berdiet.


Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh H. Baghaeui dari Ferdowski University of Mashhad, Iran dan dipublikasikan di World Applied Sciences Journal, dari hasil ekstraksi biji melon, dihasilkan 3,6 persen protein, 4 persen lemak, dan 2,5 persen karbohidrat yang mirip dengan kandungan susu kedelai dan bisa dikonsumsi dan diambil manfaatnya oleh balita. Selain kandungan-kandungan tersebut, biji melon juga mengandung banyak serat sehingga dapat bermanfaat untuk usus.

Menurut laporan di Vegetarian In Paradise, biji melon juga punya kemampuan membersihkan dahak yang menyumbat, meski demikian, biji melon tidak bisa dianggap sebagai obat jika usus atau tenggorokan Anda bermasalah. Biji melon mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Vitamin A, B6, B12, D, E dan K dalam biji tersebut, serta niasin, riboflavin, thiamine, asam pantotenat, betaine dan kolin. Mineral termasuk kalsium, kalium, zat besi, magnesium, natrium, tembaga, seng, fosfor, fluoride, mangan dan selenium.

Cara Membuat Biji Melon Menjadi Kwaci
  • Siapkan Biji Melon secukupnya
  • Bersihkan sisa-sisa daging buah melon yang menempel pada biji
  • Setelah bersih biarkan biji melon mengering
  • Kemudian di sangrai di wajan/teflon dengan sedikit minyak atau bisa juga dengan di oven
  • Setelah warnanya menjadi kecoklatan, angkat dan taburkan garam secukupnya secara merata.
  • Dinginkan, biji melon (kwaci biji melon) siap disantap.
Mudah dan simple sekali bukan?

Dibuat Jus. Disamping dibuat camilan berupa kwaci biji melon anda juga bisa mendapatkan manfaat biji melon dengan cara diblender. Saat anda membuat jus buah melon, campurkan saja biji melonnya, jangan dibuang. Blender biji melon berserta buah melon dan minumlah seperti anda meminum jus pada umumnya. Untuk Anda yang membutuhkan makanan kaya nutrisi-nutrisi penting, Anda bisa membuat jus dengan campuran buah melon, biji melon dan air yang menghasilkan nutrisi vitamin A, vitamin C, dengan kalori hanya sebesar 25, tanpa lemak atau kolesterol.

Sedangkan Manfaat Yang Terkandung pada Buah Melon antara lain:

Menyehatkan Jantung
  • Kandungan adenosine pada buah melon juga mampu mencegah dan menghentikan penggumpalan peredaran sel darah yang dapat berakibat serangan jantung dan bahkan penyakit stroke. Cara kerja adalah dengan cara melancarkan peredaran sel darah merah yang dapat mengurangi serangan jantung dan stroke.
Menurunkan Resiko Kanker
  • Karotenoid yang terkandung dalam buah melon, adalah pigmen yang berfungsi sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, khususnya gejala kanker paru-paru dan gejala kanker payudara.
Bagus Untuk Mata
  • Beta-karoten pada buah melon akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan memperbaiki dan menjaga kesehatan mata.
Menangkal Radikal Bebas
  • Buah melon juga sangat kaya kandungan antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk membantu melindungi sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari radikal bebas.
Cegah Stroke
  • Kalium dalam buah melon merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
Bagus Untuk Kulit
  • Kolagen pada buah melon adalah merupakan senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan kulit. Kolagen juga memiliki fungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit.
Penting Untuk Menyukseskan Program Diet
  • Manfaat Melon untuk diet karena memiliki kandungan sodium yang rendah, bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah kalori. Selain itu efek makan melon akan membuat anda kenyang dan menunda/mengurangi lapar karena kandungan airnya sangat tinggi.
Silakan Sebarkan dan Bagikan info manfaat biji melon dan cara membuat kuaci biji melon jika bermanfaat. Terima kasih.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 18:52:00