loading...

Manfaat Jeruk Purut dan Cara Penggunaannya Sebagai Ramuan Obat

loading...
Cara Memanfaatkan dan Membuat Ramuan Jeruk Purut Untuk Obat Alami Berbagai Penyakit

Buah Jeruk Purut. Sebenarnya tanaman buah jeruk purut sudah sangat lama dimanfaatkan kaum ibu untuk bumbu berbagai macam masakan tradisional. Bagian dari tanaman buah jeruk purut yang banyak dimanfaatkan untuk keperluan kuliner adalah pada bagian daunnya. Sedangkan pada buahnya masih sangat jarang dimanfaatkan, padahal pada buah jeruk purut ini ternyata juga tersembunyi banyak manfaat. Manfaat yang terdapat pada buah jeruk purut antara lain manfaat kesehatan juga manfaat lain dalam kehidupan sehari-hari. Ciri khas dari jeruk purut dibandingkan dengan jenis jeruk yang lainnya adalah banyak benjolan-benjolan kecil pada kulit buahnya. Jeruk purut juga memiliki aroma yang harum menyengat, lebih menyengat daripada buah jeruk pada umumnya.

Buah dan Daun Jeruk Puru
Tanaman buah jeruk purut bisa diperbanyak dengan menggunakan biji, stek batang dan cangkok. Batang tanaman jeruk purut dipenuhi duri, jadi hati-hati menempatkan tanaman ini di pekarangan anda agar tidak membahayakan anak-anak kecil atau balita karena durinya yang sangat tajam.

Apa saja manfaat dan khasiat tanaman jeruk purut bagi kita? Berikut ini beberapa manfaat tanaman buah jeruk purut:

Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan

Menghaluskan dan Melembabkan Kulit
Kita tentunya akan merasa risih jika kulit kita kering dan bersisik, kita ingin memiliki kulit yang normal tentunya. Masalah kulit bersisik ini bisa diatasi dengan jeruk purut, bagaimana caranya? Caranya mudah sekali, pertama siapkan satu buah jeruk purut yang sudah tua kemudian belah jeruk purut yang sudah tua tersebut menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan pada bagian kulit yang bersisik atau kering. Sebaiknya lakukan sebelum tidur cukup sekali sehari

Daun Jeruk Purut Untuk Menghilangkan Capek, Lelah, Letih, Lesu.
Cara pemakaian daun jeruk purut untuk mengatasi kecapaekan adalah dengan merebus 2 genggam daun jeruk purut yang masih segar dengan 3 liter air sampai mendidih, kemudian campurkan dengan air bersih agar menjadi hangat dan gunakan untuk mandi.

Obat Alami Untuk Penyakit Flu
Pemakaian jeruk purut untuk mengobati flu caranya adalah potong jeruk purut yang sudah masak dan banyak airnya, lalu peras dan seduh dengan air panas secukupnya. Selagi hangat minum air jeruk purut tersebut. Selain itu, bisa juga dengan menyantap lalapan daun dan buah jeruk purut yang sudah di potong-potong, kandungan minyak astiri dalam daun jeruk purut bisa membantuk memperbaiki metabolisme tubuh.

Untuk Keramas Mencegah Ketombe
Cara memanfaatkan buah jeruk purut untuk mengatasi ketombe adalah siapkan sekurangnya 2 butir jeruk purut kemudian belah dua buah jeruk purut masing-masing menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan perlahan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, selanjutnya bersihkan dengan berkeramas. Sebaiknya saat melakukannya kondisi kepala dalam keadaan bersih atau habis keramas.

Manfaat Lain Tanaman Buah Jeruk Purut
  • Daun Jeruk Purut untuk bumbu masakan / kuliner. Gunakan 2 - 3 lembar daun jeruk purut untuk masakan-masakan yang berbahan ikan atau daging maka bau amis dari bahan-bahan tersebut akan sangat berkurang dan masakan menjadi lebih nikmat saat disantap
  • Aroma buah jeruk purut untuk aroma terapi. Caranya iris-iris buah jeruk purut tipis-tipis, tempatkan pada wadah terbuka dan taruh pada sudut ruangan maka aroma wangi akan menyebar dan menyegarkan seluruh ruangan.
  • Buah jeruk purut untuk mengepel lantai yang memiliki noda membandel. Caranya belah jeruk purut menjadi 2 bagian lalu gosokkan pada lantai keramik yang bernoda setelah itu bilas dengan air pel seperti biasa.
  • Memperlancar proses pencernaan dengan cara mengkonsumsi sebagai wedang atau minuman hangat yang diseduh dengan air panas serta ditambah sedikit gula dan garam untuk meminumnya.
  • Meningkatkan imunitas / daya tahan tubuh, hampir sama dengan manfaat jeruk yang lain, jeruk purut ini juga mempunyai kandungan antioksidan yang baik. Sehingga mampu menangkal radikal bebas masuk kedalam tubuh.
  • Mengurangi Stress dan Sakit Kepala. Ekstrak minyak dari jeruk purut mempunyai daya untuk menghilangkan pusing, stress, cemas serta mengobati lelah atau pegal linu, dikarenakan aroma yang didapat sebagai terapi penyembuhan.
  • Sebagai anti radang. Cara Mengobati radang atau pembengkakan pada gusi dengan menggunakan air jeruk purut sebagai obat kumur.
Demikian beberapa manfaat tanaman buah jeruk purut bagi kita. Silakan sebarkan dan bagikan informasi manfaat dan khasiat jeruk purut ini jika bermanfaat. Terima kasih.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 19:51:00