Penyebab Sapi Ambruk, Bisa Penyakit atau Kurang Gizi

Posted by

Apa Penyebab Sapi Ambruk? Apakah Sapi Sehat Bisa Ambruk? Bagaimana Cara Mengatasi atau Menangani dan Mengobati Sapi Ambruk?

Sapi Ambruk. Istilah sapi ambruk sebenarnya hanya istilah biasa untuk menggambarkan bagaimana kondisi seekor sapi yang tiba-tiba tidak bisa berdiri. Sapi ambruk banyak sekali penyebabnya tetapi yang paling sering terjadi adalah sapi ambruk jika mengalami atau terserang penyakit dan kondisinya sudah sangat parah sehingga sapi tidak mau dan tidak bisa berdiri.


Beberapa penyebab sapi ambruk:

Sapi habis bertarung dengan sapi lain
Untuk sapi-sapi yang dipelihara dengan dilepas, hal ini sering terjadi dimana dua ekor sapi bertarung adu kuat dan yang kalah tiba-tiba ambruk atau tidak bisa berdiri. Kondisi ambruk ini biasanya terjadi akibat kaki sapi terpentang dan tidak mampu menahan bobot badan saat bertarung dengan lawannya sehingga akhirnya persendian seperti terlepas dan sapi tidak bisa berdiri.

Sapi Terkena Penyakit Yang Parah
Sapi-sapi yang terserang penyakit parah seperti antrax, mulut dan kuku, kejang karena infeksi yang parah dapat tiba-tiba ambruk. Biasanya kejadian ini terjadi saat serangan penyakit sudah berlanjut ke stadium akhir.

Pakan Sapi Kekurangan Mineral Terutama Kalsium
Kekurangan mineral yang bermanfaat untuk memperkuat tulang bisa menyebabkan sapi tiba-tiba ambruk, hal ini biasa terjadi pada sapi-sapi induk yang baru saja melahirkan dikenal dengan syndrom milk fever. Juga sapi-sapi jantan penggemukan yang memiliki berat besar tetapi tidak didukung pakan dengan mineral yang cukup bisa membuat sapi ambruk karena tulangnya kurang kuat menopang bobot tubuhnya. Penyakit yang di akibatkan kekurangan kalsium terutama pada sapi yang sedang bunting bisa berakibat sapi ambruk. Umumnya pada sapi yang sedang bunting kebutuhan akan kalsium harus di tambah karena kalsium sebagian di serap untuk pertumbuhan janin dan memperkuat tulang si induk sehingga sanggup menopang berat janin. Pemberian kalsium tambahan terutama apabila si induk kekurangan pakan atau pakan dengan gizi yang kurang bagus.

Cara Mencegah dan Mengatasi Sapi Ambruk
  • Untuk sapi-sapi yang dipelihara secara dilepas dikandang koloni, pastikan lantai kandang dalam kondisi tidak licin atau dibuat agak kasar. Lantai kandang juga tidak boleh terlalu miring. Pastikan populasi atau jumlah sapi dalam kandang koloni tidak terlalu penuh sesak karena akan menyebabkan persaingan area dan sapi tarung yang bisa mengakibatkan sapi ambruk.
  • Untuk sapi ambruk karena penyakit, pastikan pengobatan sapi yang sesuai dengan diagnosa penyakitnya dan lakukan pengobatan saat kondisi sapi belum parah. Pengobatan saat kondisi penyakit sapi sudah parah biasanya akan sia-sia saja.
  • Untuk sapi ambruk karena kekurangan mineral, pastikan bahwa pakan yang anda berikan mengandung mineral yang cukup terutama kalsium untuk memperkuat tulang sapi. Kalsium sangat dibutuhkan untuk induk sapi maupun sapi penggemukan yang akan dipelihara dalam jangka panjang dan ditujukan untuk menjadi sapi super jumbo yang memiliki berat diatas 1 ton atau lebih. Mineral lain dan juga vitamin juga harus memenuhi kebutuhan minimal sapi dalam sehari.
  • Untuk penanganan pertama pada sapi ambruk karena tarung dan kondisi tidak terlalu parah adalah dengan memisahkan sapi yang kalah tarung, berikan suntikan semacam biosalamin untuk menyegarkan kondisi sapi. Jika kaki sapi sempat terpentang maka dapat diatas dengan mengikat dua kaki sapi dengan tali dan rentangan tali hanya cukup untuk sapi tetap bisa jalan. Hal ini bisa menghindarkan sapi ambruk.
Demikian beberapa hal terkait dengan sapi ambruk. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 00:26:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.