Pohon Kayu Jaran, Pohon Penghijauan Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Posted by

Manfaat Pohon Kayu Jaran (Pohon Jaranan) Bagi Kesehatan

Pohon Kayu Jaran. Pohon Jaranan ini adalah pohon yang saat ini sangat mudah ditemukan disepanjang pinggiran jalan raya. Pohon jaranan merupakan pohon andalan untuk menghijaukan suatu kawasan dengan cepat karena sifat tumbuhnya yang sangat mudah tumbuh.

Tanaman pohon jaranan ini juga sangat sering dimanfaatkan sebagai pagar hidup yaitu dengan memotong sekitar 1,5 meter sampai 2 meter batang/cabang pohon kayu jaran, bersihkan daunnya dan tinggal tanam atau tancapkan ditempat yang diinginkan. Syarat tumbuhnya sangat mudah yang penting ada sedikit air (banyak juga lebih bagus) dan tanahnya tidak terlalu kering maka pohon jaranan ini akan mudah sekali bertunas dan tumbuh dengan cepat. Jadi anda bisa memperbanyak pohon jaranan dengan cara menggunakan stek batang.

Kayu jaran ini umumnya hanya dimanfaatkan sebagai kayu bakar karena sifat kayunya yang tidak keras. Tanaman yang punya nama ilmiah Lannea coromandelica ini jika di daerah Sulawesi disebut dengan nama Kayu Jawa dan tersebar luas di Indonesia. Di Jawa sendiri disebut pohon Kudo, Jaranan, Ki Kuda, Kedondong Laki, dan di Flores disebut pohon Reo. Pohon Kayu Jawa atau Kudo ini masuk dalam famili Anacardiaceae yang artinya satu keluarga dengan pohon mangga. Nama internasionalnya adalah Indian Ash Tree, dan diperkirakan berasal dari daerah india kemudian menyebar luas sampai indonesia. Di India sendiri tanaman ini merupakan tanaman obat yang cukup penting dan banyak digunakan masyarakat disana.

Jika kita perhatikan fisik dari tanaman kayu jaran atau pohon jaranan ini mirip dengan pohon angsana dan biasa ditanam berdampingan dengan angsana. salah satu ciri pohon jaranan ini adalah saat musim kering daunnya gugur dan tinggal ujung ranting yang ditumbuhi malai bunga.

Banyak yang tidak atau belum mengetahui jika ternyata pohon jaranan yang biasa kita temukan sehari-hari di pinggiran jalan ini memiliki beberapa manfaat baik untuk kesehatan maupun manfaat lainnya.

Manfaat Pohon Jaranan (Pohon Kayu Jaran)

Manfaat untuk lingkungan, adalah sebagai pohon penghijauan yang sangat bagus dan cepat pertumbuhannya. Dengan pertumbuhan yang demikian cepat maka pohon jaranan ini bisa mengurangi polusi udara di jalanan terutama dari asap kendaraan bermotor yang lalu lalang di jalan raya. Pohon ini mampu menyegarkan kondisi udara sekitarnya dengan menyerap CO2 dari udara dan melapaskan O2 pada siang hari saat pohon jaranan ini melakukan proses fotosintesis.

Manfaat Untuk Kuliner, anda bisa memanfaatkan daun pohon jaranan (pohon kayu jaran) untuk mengurangi rasa pahit saat anda memasak daun pepaya. Caranya masukkan saja beberapa lembar atau tangkai daun pohon kayu jaran bersamaan dengan saat anda memasak daun pepaya. Jika daun pepaya sudah masak, pisahkan daun jaranan dan daun pepaya, maka anda akan mendapatkan rasa daun pepaya yang tidak begitu pahit lagi.

Manfaat Untuk Kesehatan.

Mengatasi gigitan hewan berbisa. Ternyata manfaat dari daun kayu jaranan bisa untuk mengobati gigitan binatang berbisa. Pucuk daun dari pohon Kayu Jawa ampuh untuk penawar bisa (racun) binatang berbisa, seperti ular atau gigitan serangga. Caranya pucuk daunnya secukupnya kemudian ditumbuk boleh dicampur dengan garam secukupnya lalu oleskan pada luka.(info ini saya rangkum dari sebuah blog, saya masih mencari lagi data pendukung secara medis sebagai pembanding dan penguat tentang khasiat daun kayu jaran untuk mengatasi gigitan binatang berbisa ini).

Manfaat untuk Obat Mata Alami. Tentu anda pernah mengalami yang namanya "belekan" maupun mata merah. Ternyata dengan menggunakan pucuk batang kayu jaran anda bisa mengobati belekan dan mata merah secara alami. Caranya adalah potong pucuk batang muda dengan diameter 3-4cm pada pagi hari sebelum matahari terbit (antara jam 4-5 pagi), tetesan air daribatang kayu jawa dapat dimanfaatkan untuk tetes mata alami untuk mata merah.

Kulit Batang Kayu Jaran untuk Obat Alami Luka Sayat. Cara memanfaatkan kulit batang kayu jaran untuk luka sayat adalah kupaslah kulit batang kayu jawa lalu kerik batang kayu jawa pada bagian kambiumnya, lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

Manfaat Kayu Jaran Untuk Obat Sakit Gigi. Untuk obat sakit gigi, anda bisa memanfaatkan kambium dari batang kayu jaran. Caranya dengan mengupas sedikit kulit dari kayu jaran dan ambil bagian kambiumnya. Letakkan kambium kayu jaran pada bagian gigi yang sakit.

Demikian beberapa manfaat yang tersembunyi dari pohon kayu jaran yang merupakan salah satu pohon andalan untuk penghijauan di jalan-jalan dan juga merupakan tanaman pagar yang sangat mudah tumbuh dan diperbanyak hanya dengan menancapkan potongan batang atau cabang pohon dari tanaman kayu jaran ini.

Silakan sebarkan dan bagikan info manfaat kayu jaran ini jika bermanfaat. Terima kasih.


Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:37:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.