Rambut dan Kulit Jagung, Manfaat dan Kandungan Kimiawinya

Posted by

Rambut Jagung dan Kulit Jagung. Kulit jagung sering dimanfaatkan sebagai bahan rokok pada jaman dahulu. Nama rokok kulit jagung ini biasa disebut dengan klobot karena dalam bahasa Jawa kulit jagung namanya klobot. Kulit jagung juga banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak terutama untuk ternak sapi, kerbau dan kambing. Bagimana dengan rambut jagung? Berdasarkan  penelitan, ternayat diketahui bahwa di dalam rambut jagung terdapat kandungan manfaat antioksidan seperti flavonoid, saponin, dan β- karoten. Selain itu juga terdapat metabolit sekunder lain yang ditemukan dalam rambut jagung seperti zat samak, minyak atsiri, minyak lemak, alantoin, zat pahit, maysin, β- sitosterol, hordenin, geraniol, mentol, limonen, serta viteksin.

Kandungan nutrisi dan kimia yang terkandung dalam rambut jagung menjadikan rambut jagung ini memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu sebagai sarana pengobatan tradisional. Beberapa jenis penyakit dapat diobati dengan menggunakan rambut jagung,



Cara Memanfaatkan Rambut Jagung Sebagai Obat Alami:

Untuk menurunkan tekanan darah akibat hipertensi. Caranya: siapkan 5 hingga 7 tongkol jagung muda dan 1 genggam rambut jagung. Bahan tersebut direbus dengan menggunakan 110 ml air bersih hingga mendidih. Minum ramuan hasil rebusan tersebut satu kali sehari selama satu minggu. Catatan: dalam pembuatan ramuan untuk menurunkan tekanan darah ini, adalah jangan menggunakan rambut jagung dalam jumlah yang terlalu banyak dalam ramuan. Hal itu nantinya dapat menurunkan tekanan darah Anda secara drastis dalam waktu yang relatif singkat.

Rambut Jagung Untuk Menormalkan dan Mengatur kadar Gula Darah. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 di dalam International Journal of Biological Makromolekul mengungkapkan jika nutrisi ekstra dari rambut jagung sangat baik untuk mengatur gula darah dalam tubuh. Selain itu, nutrisi pada rambut jagung ini juga sangat baik dalam mencegah serta mengobati risiko diabetes.

Rambut Jagung untuk Sariawan dan Panas Dalam. Caranya: Siapkan daun pandan (diris-iris) dan 40 gram rambut jagung, selanjutnya kedua bahan direbus hingga mendidih. Biarkan air rebusan menjadi dingin, setelah itu minum ramuan tersebut secara teratur

Untuk mengobati batu ginjal. Caranya: siapkan bahannya yaitu jagung muda segar sebanyak 4 tongkol, 1 genggam rambut jagung, serta sekitar 8 helai daun keji beling yang masih segar. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut di atas dengan menggunakan air bersih sekitar 110 ml hingga mendidih. Setelah dingin, minum ramuan tersebut satu kali sehari selama +/- 14 hari (2 minggu). Setelah batu ginjal keluar (baik dalam bentuk butiran maupun buih), sebaiknya segera menghentikan konsumsi ramuan tersebut. Lanjutkan dengan mengkonsumsi ramuan herbal lainnya yang berasal dari manfaat daun kumis kucing dan daun meniran yang direbus atau diseduh seperti teh.

Rambut jagung untuk meluruhkan batu empedu. Caranya: Ambil 30 gram rambut jagung. Rebus bahan tersebut dengan menggunakan air bersih hingga mendidih. Setelah itu saring air rebusan dengan menggunakan saringan atau kain tipis lalu dinginkan selama beberapa saat. Saring kembali ramuan tersebut sebelum Anda meminumnya. Konsumsi ramuan tersebut 1 kali sehari

Melancarkan air seni. Caranya: Ambil 50 gram rambut jagung serta satu buah rimpang jahe yang berukuran sedang. Rebus sampai mendidih. Setelah dingin saring ramuan. Minum ramuan seperti minum air putih biasa.

Manfaat Kulit Jagung

Selain sebagai rokok klobot dan juga sebagai pembungkus makanan dan makanan ternak di pedesaan, Kulit jagung banyak dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan yang bernilai seni dan layak jual.

Beberapa kerajinan tangan dari kulit jagung antara lain:
  • Tempat lampu yang unik
  • Boneka mainan lucu
  • Kerajinana aneka bentuk bunga hias.Proses pembuatan bunga kering dari kulit jagung diawali dengan memilih kulit jagung yang cukup umur (sekitar 3 bulan) yang kemudian akan direbus. Setelah itu, kulit dilepaskan satu persatu dari tungkulnya dan dipilah sesuai lembarannya. “Lembaran 1-3 adalah kualitas satu dan digunakan untuk daun bunga yang berwarna tua. Sedangkan lembaran 4-6 untuk warna yang lebih muda (cerah). Kulit jagung yang sudah dipilah selanjutnya direbus dengan pewarna selama satu jam sampai warnanya terserap rata. Selama perebusan, kulit jagung harus dibolak-balik agar warnanya merata. Selanjutnya kulit jagung ditiriskan/dikeringkan tanpa sinar matahari. “Tidak boleh dijemur diterik matahari karena kulitnya akan pecah. Biarkan kering terkena angin. Kulit jagung yang telah kering sempurna selanjutnya disetrika dengan panas sedang. Langkah selanjutnya kulit jagung dilapis dua sebelum dipola. Kulit jagung yang sudah di-double selanjutnya dipola sesuai keinginan. Lalu diserut sesuai lengkung yang diinginkan. Proses terakhir merangkai bahan sesuai bentuk bunga. Selesai dirangkai, bunga diberi tangkai berupa kawat yang dibalut floral tape. Untuk kreasi bentuk bunganya silahkan dikreasikan sendiri.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:58:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.