Loading...

Sekilas Info Harga Sapi Hidup di Pasar Hewan Jawa Timur Januari 2016

Loading...
Info Harga Sapi dari Beberapa Pasar Hewan di Jawa Timur Awal Januari 2016

Kondisi sapi di Jawa Timur yang selama ini dikenal sebagai daerah lumbung sapi di negara kita karena memiliki populasi sapi terbesar diantara daerah-daerah lain, semakin memprihatinkan.

Dari beberapa pasar hewan yang ada di Jawa Timur, baik yang besar maupun pasar hewan kapasitas kecil menunjukkan trend yang serupa yaitu jumlah populasi tiap hari pasaran cenderung terus menurun dan efeknya adalah harga sapi terus naik.

Jika dahulu ada ungkapan jika dipasar hewan Jawa Timur, Jumlah sapi lebih banyak daripada jumlah orang yang hadir di pasar sehingga sejauh mata memandang pasar dipenuhi dengan sapi dari berbagai ukuran maka saat ini yang terjadi adalah kebalikannya, populasi sedikit sementara jumlah pembeli yang terdiri dari pedagang sapi antar propinsi, jagal, blantik, pemulang dan penjual daging memadati area pasar hewan.

Berikut info kisaran harga rata-rata sapi hidup dari berbagai pasar hewan di Jawa Timur, mengawali tahun 2016.
  • Untuk sapi pedet masih menjadi "juara" dalam hal harga karena harga per kg untuk sapi jenis pedet ini sangat sulit diprediksi (tergantung kualitas dan rasa suka pembeli), tetapi perkiraan harganya tetap jauh lebih tinggi daripada sapi ukuran bakalan apalagi sapi potong. Untuk jenis pedet estimasi harga oer kg hidupnya adalah antara Rp 70.000 - Rp 100.000/kg. (Bahkan bisa diatas Rp 100.000/kg).
  • Sapi Bakalan kecil dengan berat antara 200 - 300 kg kisaran harga Rp 47.000 - Rp. 50.000/kg
  • Sapi bakalan dengan berat antara 300 - 400 kg, kisaran harga antara Rp 46.000 - Rp 48.000/kg
  • Sapi dengan berat 400 - 600 kg, estimasi kisaran harga antara Rp. 44.000 - Rp. 47.000/kg
Harga diatas akan bisa sangat bervariasi dan berfluktuasi setiap hari pasaran, tetapi sebagai patokan harga tersebut yang umumnya berlaku di pasaran di daerah Jawa Timur.
Sedangkan untuk kisaran harga karkas, untuk harga karkas di RPH Surabaya kisaran harga antara Rp 83.000 - Rp 86.000/kg karkas, sedangkan di RPH Kota Malang berkisar antara Rp 88.000 - Rp. 90.000/kg karkas. Perbedaan harga antara RPH Surabaya dan RPH Kota Malang karena adanya perbedaan model potongan karkasnya, jadi bukan karena harga di Malang lebih tinggi.

Demikian info sekilas harga sapi dipasar hewan area Jawa Timur dan harga Karkas di RPH Surabaya dan RPH Kota Malang mengawali tahun 2016 dan sepertinya trend harga akan cenderung naik terus jika mengingat harga sapi import (BX) dari Australia juga trend harganya naik terus. Monggo para pelaku sapi lokal silakan atur strategi anda masing-masing, Semoga bermanfaat.

Silakan sebarkan dan bagikan infor harga ini jika bermanfaat. Terima kasih.

Loading...

Blog, Updated at: 19:17:00