Tanaman Ciplukan, Manfaat dan Cara Pemakaiannya

Posted by

Manfaat Kesehatan Tanaman Herbal Ciplukan

Ciplukan. Salah satu manfaat yang bisa diambil dari daun ciplukan saat musim penghujan ini adalah sebagai obat alami untuk penyakit flu. Seperti diketahui, flu biasanya sangat mudah menyerang kesehatan seseorang saat musim penghujan. Cara memanfaatkan ciplukan untuk obat flu adalah ambil daun ciplukan secukupnya kemudian potong-potong daun ciplukan hingga menjadi beberapa bagian, selanjutnya rebus dengan air sampai mendidih dan minum air rebusannya saat sudah dingin, lakukan cara ini secara rutin setiap hari hingga sembuh.

Kandungan Kimiawi dan Nutrisi pada Buah Ciplukan:
  • Vitamin C,gula,fisalin,tanin,kriptoxanin,polifenol,dan steroid terletak pada buahnya.
  • Asam palmiat,stearat terletak pada biji buahnya
  • Flavonoid dan saponin terletak pada daun dan tunas
  • Alkaloid terletak pada akarnya
  • Chlorogenic acid terletak pada batang dan daun.
Disamping untuk obat alami pada penyakit flu ternyata daun ciplukan juga sangat bermanfaat untuk pengobatan berbagai penyakit lainnya. Seperti untuk menangkal dan melawan kanker. Menurut beberapa penelitian kesehatan steroid yang terdapat pada daun dan buah ciplukan telah terbukti mampu melawan dan membunuh sel-sel ganas kanker yang tumbuh secara ganas dalam tubuh. Dan dalam studi tersebut telah membuktikan bahwa ramuan buah ciplukan ternyata mampu mengecilkan ukuran tumor atau kanker tersebut.
Selain itu daun ciplukan juga bisa untuk mengobati bisul dan borok. Berikut ini beberapa manfaat daun ciplukan dan cara memakaianya sebagai obat alami.

Daun Ciplukan untuk Obat Radang Tenggorokan. Caranya adalah dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan ini untuk meredakan radang tenggrokan secara alami.

Mengobati Pertusis. Daun ciplukan pun terbukti dapat menjadi obat bagi yang mengalami batuk rejan atau pertusis. Kandungan dalam daun ciplukan dapat meredakan batuk ini secara alami secara bertahap, namun tidak kembali lagi.

Daun Ciplukan untuk Obat Gondongan. Daun ciplukan juga memiliki manfaat untuk meredakan radang, hingga yang menyebabkan mengurangi nyeri seperti gondongan. Gondongan adalah kondisi dimana bagian kelenjar di bawah leher, mengalami pembengkakan. Ketika mengalami gondongan akan terasa nyeri, kemudian secara alami dapat dikurangi dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan.

Obat Alami Untuk Bisulan dan Borok. Daun ciplukan memiliki sifat anti radang sehingga daun ciplukan pun dapat digunakan untuk mengobati bisulan pada kulit. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan air rebusan daun ciplukan ke bisul yang sedang meradang. Namun pastian tangan anda dalam keadaan bersih. Sedangkan bagi yang menderita sakit borok pun dapat diatasi dengan daun ciplukan. Hanya dengan menumbuk daun ciplukan dengan alu, kemudian oleskan pada borok yang sedang meradang. Borok yang sedang dialami dapat semakin cepat mengering.

Obat Alami untuk Diabetes. Penderita kencing manis hanya perlu meminum rebusan daun ciplukan secara rutin untuk menormalkan kandungan gula dalam darah.

Daun Ciplukan untuk Meringankan Penyakit Paru-Paru Basah. Bagi yang menderita penyakit paru-paru basah dapat diterapi dengan air rebusan daun ciplukan. Air rebusan daun ciplukan yang dikonsumsi secara teratur, dapat mengurangi masalah kesehatan ini.

Mengurangi resiko Terjadinya Epilepsi. Bahkan, air rebusan daun ciplukan pun dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit epilepsi. Kemudian bagi yang memiliki penyakit tersebut, kemungkinan akan mengurangi kekambuhan penyakit epilepsi yang diderita.

Daun Ciplukan untuk Obat Gangguan Kelenjar Getah Bening. Cara memanfaatkannya adalah dengan meminum air rebusan daun ciplukan secara rutin.

Manfaat Bagian Lain dari Tanaman Ciplukan

Manfaat akar ciplukan
  • Mengobati diabetes melitus
Manfaat buah ciplukan
  • Mengobati penyakit ayan atau epilepsi
  • Mengobati penyakit paru-paru
  • Mengobati sakit tenggorokan
  • Mengobati sariawan dan gusi berdarah. Ini akibat adanya kandungan vitamin C yang begitu banyak yang terdapat pada buah ciplukan.

Manfaat Seluruh bagian tanaman Ciplukan
  • Untuk obat tekanan darah tinggi
  • Untuk mengatasi penyakit reumatik
  • Mengobati masalah batuk rejan
  • Mengobati bronchitis
  • Mengobati penyakit gondongan
  • Mengobati pembengkakan pada buah pelir untuk kaum laki-laki
  • Mengobati influenza
Demikian beberapa manfaat tanaman ciplukan, silahkan bagikan dan sebarkan info manfaat tanaman ciplukan ini jika bermanfaat. Terima kasih.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 00:45:00

1 komentar:

fajar gt said...

mantap sekali infonya :)
Tanaman ciplukan ternyata banyak sekali khasiatnya ya.
Ijin berbagi ini dia info lengkap tentang manfaat ciplukan

Powered by Blogger.