loading...

Ternyata Buah Salak Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata

Posted by

Loading...
Fakta Tentang Salak dan Kesehatan Mata

Antara Salak dan Wortel. Selama ini wortel dikenal sebagai makanan atau sayuran yang sangat erat kaitannya dengan kesehatan mata. Mata mau sehat? Konsumsi wortel, mau di jus boleh, direbus lalu dimakan langsung juga boleh bahkan dimakan mentah juga silahkan. Faktanya memang wortel mengandung betakaroten yang sangat bermanfaat bagi mata. Bagaimana dengan buah Salak?

Buah Salak selama ini hanya dianggap sebagai buah biasa saja dan jarang yang mengetahui bahwa ternyata salak juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Faktanya adalah salak mengandung betakaroten lebih banyak dibanding mangga, jambu biji dan semangka. 
Dalam 100 gram buah salak terkandung betakaroten 5,5 kali lebih banyak daripada yang terkandung pada buah mangga. Betakaroten pada salak juga 3 kali lebih banyak daripada yang terkandung dalam buah jambu biji bahkan kandungan betakaroten pada buah salak lebih banyak 5 kalinya dibandingkan pada buah semangka. Fakta ini adalah hasil penelitian dari Nurfi Afriansyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen kesehatan RI. 
Mengkonsumsi banyak wortel sebagai sumber vitamin A terbanyak, atau menambah ekstra minum vitamin A tidaklah menyembuhkan rabun jauh. Ketajaman mata tidak terkoreksi dengan pemberian vitamin A. vitamin A pada mata hanya menambah ketajaman dalam melihat terang dan gelap (rabun senja). Dr. Hendrawan juga mengatakan bahwa letak gangguan kelainan rabun jauh bukanlah di retina tetapi di garis sumbu mata yang memendek, sehingga obatnya adalah kacamata.

Jadi jika anda ingin menjaga kesehatan mata anda tetapi anda bosan dengan mengonsumsi jus wortel terus-menerus maka solusinya adalah dengan buah salak.

Anda bisa mengonsumsi jus salak yang dikombinasikan dengan buah mangga agar rasanya menjadi lebih nikmat. Kombinasi buah ini juga akan mendatangkan khasiat dan manfaat lebih bagi tubuh anda. Bahkan anda bisa mengkombinasikan dengan lebih dari 2 jenis buah, bisa 3 atau 4 macam buah sekaligus dibuat dalam 1 jus buah. Kombinasi seperti apa yang paling enak rasanya menurut anda maka itu yang bisa anda pilih sebagai alternatif konsumsi jus untuk menyehatkan mata jika anda jenuh dan bosan dengan jus wortel.

Catatan: Saat mengonsumsi salak, baik dibuat jus maupun dimakan secara langsung, jangan buang kulit ari yang menempel pada daging buah salak. Kulit ari pada daging buah salak ini dipercaya bisa mencegah sembelit atau sulir BAB saat anda banyak mengonsumsi Buah Salak.

Contoh Resep Jus Salak Kombinasi dengan Buah Naga dan Kesemek

Bahan-bahan untuk membuat jus salak :
  • 100 gram salak
  • 100 gram buah naga
  • 50 gram kesemek
  • 1 sdm gula pasir (boleh tanpa ditambah gula jika tidak suka)
  • 3/4 gelas air putih
Cara membuat Jus Salak:
  • Potong-potong buah salak dan kesemek lalu buang bijinya. Kupas dan potong Buah Naga
  • Masukkan semua bahan dalam blender. 
  • Blender sampai halus 
  • Tuang dalam gelas / wadah 
  • Dinginkan dengan ditambah es serut atau juga dimasukkan dalam lemari es
  • Jus Salak Segar siap dihidangkan
Demikian manfaat tersembunyi jus buah salak untuk kesehatan mata. Silakan bagikan dan sebarkan artikel manfaat buah salak untuk kesehatan mata ini jika bermanfaat. Terima kasih.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 18:34:00

0 komentar: