Tomat dan Kedelai Bermanfaat Cegah Kanker Prostat

Posted by

Tangkal Kanker Prostat dengan Konsumsi Tomat dan Kedelai

Buah Tomat dan Kanker Prostat. Manfaat tomat untuk mencegah kanker prostat sudah lama diketahui, dengan mengonsumsi tomat rebus 3 - 4 kali seminggu mampu menurunkan resiko terserang kanker prostat pada pria dewasa. Mencegah timbulnya kanker protat tentunya sangat lebih baik daripada kita mengobati kanker prostat setelah menyerang.


Seperti diketahui, manfaat tomat (konsumsi secukupnya) bagi kesehatan antara lain:
  • Mencegah Penyakit Jantung
  • Mencegah Kanker (Salah satunya mencegah kanker prostat)
  • Melancarkan proses Pencernaan
  • Meningkatkan Imunitas atau Daya Tahan Tubuh
  • Sumber Vitamin A dan C
Catatan : Waspadai efek samping jika mengonsumsi tomat secara berlebihan seperti asam lambung naik dan bisa mengakibatkan sakit perut.

Buah Tomat memilik kandungan lycopene, sehingga dapat mencegah terjadinya kanker prostat. Lycopene juga terdapat di berbagai produk olahan tomat, seperti pizza, sup tomat, kecap, jus, salad, saus spaghetti, salsa, dan pasta tomat. Dari berbagai produk olahan tomat ini merupakan sumber lycopene yang bioavailability-nya lebih baik daripada buah tomat yang masih segar

Berdasarkan penelitian terbaru ternyata khasiat tomat untuk mencegah kanker prostat akan lebih hebat dan lebih nyata jika anda mengonsumsinya bersama dengan konsumsi kedelai. Mengonsumsi tomat dan kedelai secara bersamaan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker prostat.
Manfaat mengonsumsi tomat dan kedelai secara bersamaan dalam menangkis bibit-bibit kanker prostat telah dibuktikan oleh para peneliti dari University of Illinois dan Ohio State University. Hasil riset yang dimuat dalam jurnal Cancer Preventation Research mengungkapkan bahwa konsumsi tomat dan kedelai secara bersamaan jauh lebih efektif mencegah kanker prostat jika dibanding dengan konsumsi tomat dan kedelai secara terpisah.
Riset yang melibatkan tikus sebagai responden uji coba ini menunjukkan bahwa tikus yang mendapatkan asupan serbuk tomat dan kedelai memiliki risiko terkena kanker prostat lebih rendah dibanding tikus yang hanya diberi asupan tomat atau kedelai saja. Tikus-tikus yang dilibatkan dalam riset ini telah direkayasa oleh para pelaku riset agar mampu mengembangkan suatu bentuk agresif kanker prostat.

Manfaat Lain Kedelai Bagi Kesehatan
  • Menangkal radika bebas penyebab kanker
  • Menjaga Kesehatan Jantung
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan fungsi dan kualitas otak
  • Sumber protein, kalsium dan lemak tak jenuh
  • Mencegah Osteoporosis
Catatan: Waspadai efek samping pada kedelai karena kedelai mentah mengandung zat yang disebut goitrogens, yang dapat mengganggu aktivitas kelenjar tiroid. Kacang kedelai juga mengandung oksalat, sehingga seseorang yang memiliki masalah dengan oksalat harus menghindari konsumsi kacang kedelai secara berlebihan, karena dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal.

Anjuran dan Cara Mengonsumsi Tomat dan Kedelai
  • Tomat: Perminggu 3 - 4 sajian (porsi)
  • Kedelai : Perhari 2 sajian (porsi)
Anda bisa mengonsumsi buah tomat dengan direbus atau dibuat jus sedangkan untuk kedelai anda bisa juga mengonsumsinya dalam bentuk susu kedelai.

Catatan: Mengonsumsi likopen secara alami yang berasal dari tomat dan susu kedelai akan jauh lebih berkhasiat dibandingkan sajian dalam bentuk suplemen likopen.

Demikian manfaat mengonsumsi kombinasi makanan antara tomat dan kedelai untuk mencegah timbulnya kanker prostat. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:58:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.