Tumbuhan Kaktus, Manfaat dan Fakta-Fakta Keunggulan Tanaman Ini

Posted by

Pohon Kaktus, Antara Manfaat dan Fakta-fakta Unik Tumbuhan Berduri Tajam Ini

Kaktus. Anda tentu kenal dengan jenis tanaman berduri ini, Kaktus. Fakta-fakta tentang kaktus ternyata banyak yang belum diketahui orang kebanyakan. Jarang yang tahu bahwa jenis tanaman kaktus memiliki buah yang sangat lezat dan bermanfaat jika dikonsumsi sampai era buah naga yang sekarang sudah sangat digemari masyarakat sebagai buah pilihan. Dan ternyata kaktus jenis tertentu juga sudah lama dimanfaatkan sebagai makanan oleh suku Indian kuno di Amerika dan Meksiko. Salah satu manfaat paling mengesankan dari kaktus adalah bahwa tanaman ini mampu berfungsi sebagai reservoir air alami.

Tumbuhan Kaktus termasuk dalam keluarga Cactaceae yang memiliki lebih dari 2000 varietas dengan berbagai warna dan bentuk. Kaktus dikenal sebagai tumbuhan sukulen karena bagian tubuhnya seperti batang, akar, dan daun mampu menyimpan air untuk bertahan hidup dalam kondisi kekeringan.Bagian tubuh kaktus memiliki jaringan spons tebal berdaging yang bisa menahan air yang diperoleh saat turun hujan.Batang kaktus juga dilapisi dengan zat lilin yang dapat mencegah penguapan air. Kaktus dikenal memiliki duri yang tak lain adalah daunnya. Daun kaktus tumbuh dari struktur khusus yang disebut areole.

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang dihasilkan oleh tanaman keluarga kaktus. Ciri khas kaktus buah naga ini memang durinya sedikit dan ruas tanamanya panjang-panjang. Jika ditanam tanpa menggunakan panjatan khusus, buah naga akan menjalar kemana-mana termasuk ke tembok-tembok rumah dan tetap akan berbuah. Jenis buah naga ada bermacam-macam dari putih, ungu dan yang sangat populer saat ini adalah buah naga merah


Fakta-Fakta Tentang Tumbuhan Kaktus

Dalam bidang Pengobatan.  Kandungan zat kimia yang dimiliki beberapa jenis tanaman kaktus dengan cepat melawan gigitan serangga, gatal-gatal, dan alergi sehingga kaktus dapat efektif untuk obat alami gigitan serangga. Kandungan flavonoid-nya terbilang tinggi untuk mengaktifkan reaksi tubuh dalam melawan alergi dan virus. Sel abnormal pembentuk kanker dan tumor pun bisa dicegah. Kaktus dapat pula dipakai sebagai sarana untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga, tepat pula dipakai untuk pengobatan dari dalam

Jika anda penggemar film cowboy dan juga film dokumenter penjelajaha di gurun pasir maka akan terlihat manfaat tanaman kaktus sebagai sumber air di padang pasir seperti gurun sahara. Dari Zaman dahulu tumbuhan yang satu ini selalu menjadi penyelamat, ketika sesorang kehabisan bekal minuman di gurun pasir, karena di dalam batang kaktus terdapat air yang bisa di minum. Penelitian terbaru menunjukkan air murni terbaik terdapat dalam pir kaktus berduri. Para peneliti dari University of South Florida melakukan percobaan dengan menyarikan getah dan menambahkan ke dalam air yang kotor karena sedimen dan bakteri. Getah mengakibatkan sedimen dan bakteri bergabung, kemudian mengendap di bagian bawah dan memisahkan 98 % bakteri di dalam air. Banyak suku di India dan Meksiko menjadikan kaktus sebagai makanan. Selain itu, dipakai juga untuk campuran sup, selai, dan keju


Ukuran duri bervariasi dari spesies ke spesies dan bisa mencapai panjang 15 cm. Bentuk dan ukuran daun yang kecil akan mencegah penguapan air berlebih. Sebagian duri kaktus bahkan berwarna terang yang membantu mereka memantulkan sinar matahari sehingga tanaman tetap dingin. Fungsi lain dari duri adalah untuk melindungi diri mereka dari burung dan hewan yang ingin mendapatkan air dari kaktus.

Tanaman Kaktus memiliki sistem akar rumit yang memungkinkan mereka menyerap air dari tanah. Anehnya, bahkan tanaman kaktus berukuran kecil memiliki akar besar. Akar tanaman ini tidak terlalu dalam menghujam dengan seringnya tidak lebih dari 10 cm tertanam di bawah permukaan tanah. Namun, akar kaktus sering menyebar ke sekeliling hingga meliputi diameter 2 meter. Fungsi akar adalah untuk menahan tanaman sekaligus untuk memperoleh air dan mineral secara maksimal.

Bunga kaktus berukuran besar dan memiliki berbagai warna seperti merah, kuning, pink. Beberapa bunga kaktus bisa mekar selama beberapa hari, sementara yang lain mati dalam waktu sehari. Sebagian bunga hanya mekar pada malam hari dan sebagian lain mekar di siang hari. Bunga yang mekar di malam hari terutama akan diserbuki oleh kelelawar serta serangga dan hewan nokturnal lain.

Dilihat dari segi umur tanaman, umur tumbuhan kaktus bervariasi dari 25 tahun sampai 300 tahun. Sebuah karakteristik yang unik adalah bahwa tanaman ini memiliki masa tumbuh dan istirahat. Selama fase tumbuh, kaktus membutuhkan sinar matahari langsung, suhu tinggi, kelembaban, dan air. Sementara di fase istirahat, mereka tidak membutuhkan air terlalu banyak.

Tanaman kaktus tertinggi adalah Pachycereus pringlei yang bisa mencapai ketinggian 20 m; sedangkan yang terpendek adalah Blossfeldia liliputiana dengan ketinggian hanya beberapa sentimeter. Beberapa tanaman kaktus berbentuk bulat dan terlihat seperti tong; sementara yang lain datar atau oval, atau terlihat mirip daun telinga.Bentuk unik lainnya adalah chandelier, ular melingkar, bintang laut, atau wajah manusia keriput.

Jadi, jangan pernah lupa, meskipun kaktus tanaman berduri yang jika menusuk kulit terasa sakit tetapi ternyata memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan ini dan faktanya tanaman ini adalah tanaman "super" yang bisa menjadi sumber air alami bagi mereka yang kehabisan bekal di daerah padang gersang atau padang pasir yang disana tumbuh tanaman kaktus.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 01:06:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.