Buah dan Biji Srikaya, Manfaat Dan Cara Penggunaannya

Posted by

Kandungan Nutrisi Buah Srikaya dan Cara Memanfaatkan Tanaman Srikaya Sebagai Obat Tradisional Untuk Berbagai Jenis Penyakit

Tanaman Buah Srikaya (Annona squamosa L.). Tanaman buah Srikaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya pada buahnya tetapi pada daun tanaman dan juga pada biji buah srikaya semuanya memiliki khasiat sebagai obat tradisional. Bahkan yang terbaru pada bagian akar dan kulit kayu tanaman buah srikaya juga memiliki manfaat bagi pengobatan berbagai jenis penyakit. Dilihat dari bentuk buah dan daunnya, sekilas srikaya ini mirip dengan buah sirsak. Begitu pun khasiatnya, jika daun sirsak berkhasiat untuk pengobatan tradisional, maka daun dan buah srikaya pun begitu. Bahkan hampir semua bagian tanaman srikaya ini bermanfaat sebagai obat. Buah Srikaya merupakan tanaman buah yang memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Ada yang menyebutnya delima bintang, serba bintang, sarikaya, seraikaya, serkaya, surikaya, srikawis, sarkaja, serakaja, sirikaja, garoso, ata, atis soe walanda, sirikaya, sirikaja, dan hirikaya.

Manfaat buah srikaya bagi kesehatan tidak terlepas dari kandungan gizi dan nutrisi serta kandungan zat aktif yang terdapat dalam buah srikaya. Buah srikaya mengandung energi sebesar 101 kilokalori, protein 1,7 gram, karbohidrat 25,2 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 20 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Buah Srikaya juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 22 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buah Serikaya, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 58 %.

Kandungan Nutrisi dalam 100 Gram Srikaya
  • Energi Buah Srikaya = 63 kkal
  • Protein Buah Srikaya = 1,1 gr
  • Lemak Buah Srikaya = 0,5 gr
  • Karbohidrat Buah Srikaya = 13,9 gr
  • Kalsium Buah Srikaya = 127 mg
  • Fosfor Buah Srikaya = 30 mg
  • Zat Besi Buah Srikaya = 2,7 mg
  • Vitamin A Buah Srikaya = 0 IU
  • Vitamin B1 Buah Srikaya = 0,08 mg
  • Vitamin C Buah Srikaya = 28,3 mg
Manfaat Buah, Daun dan Biji Srikaya

Manfaat Buah Srikaya. Kandungan vitamin B6 dalam buah srikaya dapat mencegah terjadinya penumpukan hemosistein, kandunfan inilah yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung.
Salah satu peran penting dari riboflavin dalam tubuh adalah untuk memastikan bahwa tubuh memiliki semua vitamin B lainnya yang diperlukan. Vitamin B adalah kelompok vitamin yang larut dalam air serta sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan fungsitubuh penting lainnya. Selain kaya akan vitamin B dan vitamin C, buah srikaya kaya akan kandungan niasin sehingga manfaat buah srikaya juga dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Buah srikaya juga mengandung tinggi serat,maka dari itu buah srikaya baik dikonsumsi bagi penderita konstipasi karena buah yang kaya akan serat akan memperlancar saluran pencernaan. Selain itu serat juga dapat memperlambat laju penyerapan gula darah sehingga dapat mencegah diabetes. Asam folat merupakan kandungam nutrisi yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otak bayi, maka dari itu bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat untuk kebutuhan otak janin. Salah satu buah yang memiliki kandungan asam folat adalah buah srikaya, maka dari iti bagi ibu hamil dapat mengkonsumsi buah berbiji ini.

Manfaat Biji Srikaya. Bijinya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pencernaan lemah, cacingan, dan mematikan kutu kepala dan serangga. Buah sirsak yang masih muda digunakan untuk mengobati diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan (atonik dispepsia).

Manfaat Akar dan Kulit Kayu. Akarnya digunakan untuk mengobati sembelit, disentri akut, depresi mental, dan nyeri tulang punggung. Kulit kayu digunakan untuk mengatasi diare, disentri, dan luka berdarah.

Manfaat Daun Srikaya. Sebagai obat antiradang, Mengobati penyakit batuk ringan, Obat demam. Meredakan nyeri reumatik. Membantu menurunkan kadar asam urat. Mengobati diare. Mengobati disentri. Daunnya digunakan juga untuk mengatasi batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, diare, disentri, rectal prolaps pada anak-anak, cacingan, kutu kepala, pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema. Membantu melancarkan pencernaan. Sebagai Obat flu.

Cara Membuat dan Menggunakan Ramuan Bagian-bagian Tanaman Buah Srikaya

Membasmi kutu pada hewan peliharaan
Mandikan hewan peliharaan anda yang berkutu dengan air rebusan daun atau biji srikaya.
Caranya, tumbuk halus daun atau biji srikaya, tambahkan air secukupnya, lalu saring airnya dan gunakan untuk memandikan hewan peliharaan.

Mematikan kutu kepala
Cara Penggunaannya: Ambil, siapkan dan cuci biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (1 genggam), lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk merata. Turapkan pada kulit kepala, lalu bungkus dengan kain. Setelah tiga jam, buka dan cuci sampai bersih. Jangan sampai bilasan air masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritasi dan meradang.

Mematangkan bisul
Caranya: Ambil isi buah yang sudah masak, lalu giling halus. Tambahkan sedikit garam sambil diaduk merata, turapkan pada bisul, lalu balut dengan kain kasa.

Obat Alami Sakit Diare
Caranya: Ambil dan cuci kulit batang srikaya (6--10 g), potong kecil- kecil, lalu tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan empat gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari, masing-masing satu gelas.
Catatan: Ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya. Hati-hati jika minum rebusan biji, kulit kayu, dan akar srikaya karena mengandung racun. Hanya digunakan dibawah pengawasan herbalis berpengalaman.

Mengobati Borok dan bisul
Caranya: Ambil dan cuci daun segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit garam, lalu gunakan ramuan ini untuk menurap borok atau bisul dan balut. Dalam sehari, ganti 2--3 kali.

Mengatasi Histeris
Caranya: Siapkan dan cuci daun segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita.

Mengobati Cacingan pada anak
Caranya: Ambil dan cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu rebus dengan lima gelas air sampai tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.

Mengatasi Gangguan pencernaan
Caranya: Ambil dan cuci daun srikaya segar secukupnya, giling sampai halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.

Daun Srikaya Sebagai Obat Kudis
Caranya: Ambil dan cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu giling sampai halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehari dua kali.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:05:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.