Bukti Penelitian Manfaat Biji Selasih (Kemangi) dan Cara Menggunakannya

Posted by

Manfaat Biji Selasih Menurut Tokoh Herbal Kenamaan

Menurut Prof. Hembing, seorang ahli tanaman, biji selasih mempunyai khasiat menenangkan (sedative) sehingga dapat bermanfaat untuk mengurangi keadaan gelisah, susah tidur ataupun sering gugup. Selain itu juga dapat bermanfaat membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan seperti sembelit maupun panas dalam. Masih ada lagi, selasih juga mempunyai efek farmakologis merangsang penyerapan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan kejang (antispasmodic), peluruh keringat (diaforetic), menghilangkan rasa sakit (analgetic), peluruh kemih (diuretic), menurunkan demam (antipirotic), membersihkan racun, dan meningkatkan sistem imun.

Manfaat Sebagai Fungisida

Tumbuhan selasih juga memiliki jenis-jenis bahan aktif, antara lain eugenol sebagai fungsida, tymol sebagai repellent (penghalau serangga, termasuk nyamuk), dan metal eugenol sebagai atraktan (pemikat) hama lalat buah,” ungkap Agus Kardinan, peneliti di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Bogor, dalam sebuah seminar.

Penelitian Manfaat Biji Selasih untuk Obat Diabetes

Dalam penelitian tahap awal pada 2010, Sutter Gould Medical Foundation menyebutkan biji selasih dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Biji kemangi (selasih) berkhasiat menghentikan pendarahan pada dada dan paru-paru, juga berkhasiat membersihkan lambung, namun tidak membahayakan dada dan paru-paru itu sendiri karena unsur pembersih yang ada (disebutkan dalam Zadul Ma’ad, itulah yang lebih tepat, sementara naskah asli disebutkan, karena zat manis yang ada di dalamnya). Khasiatnya berguna untuk mengobati sakit perut dan juga batuk. Dan itu jarang terdapat pada obat-obatan lain. Ia juga berkhasiat untuk memperlancar air seni, berguna mengobati luka pada kandung kemih serta mengobati akibat gigitan laba-laba berbisa dan sengatan kalajengking. Akan tetapi akarnya berbahaya jika digunakan untuk membersihkan gigi (Al-Jauziyah,2004:381).

Meskipun belum ada studi klinis mengenai efek psikologis selasih pada manusia, namun sudah banyak yang membuktikan khasiatnya sebagai pereda stres. Sebuah laporan mengumumkan hasil penelitian yang menunjukkan khasiat tanaman yang mirip kemangi ini sebagai penurun hormon stres. Juga tercatat adanya kesembuhan stres secara cepat. Penelitian pada binatang yang menguatkan bahwa selasih memiliki efek yang sama dengan obat-obatan stimulan dan antidepresi. Di Cincinnati, AS, tercatat banyak pasien stres yang mengalami kesembuhan setelah mengkonsumsi selasih. Seorang konselor klinis, Dr. Barbara Hensley, membenarkan efek herbal ini pada sejumlah pasiennya. Sebelumnya mereka telah mencoba herbal lain dan tidak berefek apa-apa.

Sebagai antiradang selasih memiliki efektivitas sama seperti aspirin dan ibuprofen. Yang lebih menguntungkan, tidak seperti obat-obat itu, selasih tidak mengiritasi perut. Itu karena pada herba ini terdapat unsur yang mencegah perlukaan dalam tubuh yang disebabkan obat-obatan. Tanaman ini juga bisa untuk mencegah kanker dan mengurangi kolesterol. Pada Diabetes Mellitus, terutama yang non-insulin dependent (NID DM), selasih dapat menurunkan kadar gula darah serta melindungi sel dalam pankreas yang memproduksi insulin, dari kerusakan (Tjitrosoepomo,1994:218). Penelitian secara acak pada tahun 1996 menunjukkan adanya penurunan kadar gula darah puasa dan setelah makan yang bermakna, pada pasien NID-DM. Menurut riset yang dilakukan pada tikus, kandungan ethanol dalam selasih berkhasiat menurunkan kadar gula darah. Temuan lain yang mengagumkan, ternyata selasih mampu melindungi jaringan dalam tubuh dari kerusakan akibat radiasi (Adnyana,2007).

Cara Pemakaian Biji Selasih Sebagai Obat Herbal

Biji Selasih Untuk Obat Radang Lambung
Caranya ambilah 5 gr biji selasih lantas rebus dengan suhu air 200 cc, campurlah dengan 1 sendok makan madu murni. Minum ramuan itu saat hangat-hangat kuku, kerjakan teratur 2 kali dalam sehari, pagi dan malam hari.

Biji Selasih Untuk Sakit Gigi
Caranya siapkan 10 gr biji selasih, rebus bersamaan 4 butir cengkeh dengan air mendidih seperlunya. Lantas minumlah air itu saat hangat-hangat kuku selama masa sakit sampai sembuh benar.

Biji Selasih Untuk Obat Alami Pada Stress / Obat Penenang
Caranya ambil dan seduhlah 5 gr biji selasih dengan air 200 cc. Lantas minumlah saat hangat, dapat ditambah dengan paduan madu serta perasan air jeruk nipis.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 03:05:00

0 komentar:

Powered by Blogger.