Bunga Kenop, Manfaat dan Cara Penggunaannya

Posted by

Manfaat Bunga Kenop Bagi Kesehatan dan Pengobatan Penyakit Secara Alami

Bunga Kenop. Anda penggemar tanaman hias jenis bunga? Tentu anda kenal dengan bunga kenop atau sebagian orang menyebutnya dengan bunga Ratna. Tanaman bungan Kenop adalah tanaman hias yang sangat mudah tumbuh dan bahkan tumbuh sebagai tanaman liar dipekarangan. Meskipun awalnya ditanam sebagai tanaman hias, jika dibiarkan tanpa ada pembatasan tumbuh, tanaman bunga kenop akan mudah menyebar dan berkembang biak memenuhi pekarangan rumah dan tanah-tanah kosong disekitar rumah. Tanaman bunga knop bisa tumbuh mulai dataran rendah sampai dataran tinggi.

Tanaman Bunga Kenop ternyata banyak memiliki manfaat bagi manusia, salah satunya adalah sebagai penambah nafsu makan. Untuk membuat ramuan bunga kenop sebagai penambah nafsu makan bisa menggunakan herbanya. Caranya adalah siapkan dan cuci 20g herba segar sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa dua gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum. Sehari dua kali, masing masing satu gelas.



Bunga Kenop (Gomphrena Globosa L) tidak terlalu sulit ditemukan karena bunga ini termasuk salah satu jenis tanaman hias. Bunga Kenop ditanam di pekarangan dan di tanam sebagai tanaman hias atau tumbuhan liar di ladang yang cukup mendapat sinar matahari. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini dapat ditemukan pada ketinggian 1-1.300 m dpi. Terna semusim, tumbuh tegak, tinggi 60 cm atau lebih, seluruh bagiannya berambut. Bunga knop mengandung beberapa zat kimia, antara lain: Gomphrenin I, II, III, V, VI, dan amarathin. Kandungan minyak asiri, flavon atau saponin mempunyai khasiat sebagai peluruh dahak. Sifat herbal bunga kenop adalah rasanya manis, sifatnya netral. Bunga kenop berkhasiat sebagai obat batuk, obat sesak napas, peluruh dahak dan obat radang mata.

Beberapa Ciri Bunga Kenop
  • Batangnya berwarna hijau kemerahan, membesar pada ruas percabangan.
  • Daun tunggal, bertangkai pendek, letak berhadapan bersilang.
  • Helaian daun bentuknya bulat telur, sungsang sampai memanjang, ujung meruncing, tepi rata, berwarna hijau, berambut kasar berwarna putih di permukaan atas dan berambut halus di permukaan bawah.
  • Bunga tunggal, keluar dari ujung tangkai, bentuknya bulat, seperti bola, berwarna merah tua keunguan, putih, atau merah muda.
  • Buahnya buah kotak berbentuk segitiga, terbungkus oleh lapisan tipis berwarna putih, berbiji kotak.
Manfaat Bunga Knop Bagi Kesehatan
  • Obat Alami untuk Sakit Radang mata;
  • Meringankan Sakit kepala;
  • Panas dan kejang pada anak karena gangguan hati, mimpi buruk pada anak;
  • Mengobati Disentri
  • Mengatasi Tidak lancar buang air kecil
  • Herba digunakan untuk menambah nafsu makan.
  • Obat Alami untuk Batuk rejan (pertusus);
  • TB Paru disertai batuk darah;
  • Meringankan Sesak napas (Asma Bronkial);
  • Mengobati dan Mengatasi Radang saluran napas akut dan menahun
Cara Membuat dan Menggunakan Ramuan Bunga Kenop Untuk Pengobatan Tradisional

Ramuan Bunga Kenop Untuk Sesak Napas karena Asma Bronkitis
Caranya: Ambil dan Rebus 10 kuntum bunga kenop dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Tambahkan arak kuning sebanyak satu seloki. Minum ramuan sehari tiga kali, masing-masing 1/3 gelas. Lakukan tiap hari sampai sembuh.

Melancarkan Air Kencing
Caranya: Siapkan dan  rebus 3-10 g bunga kenop dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, rebusan bunga kenop disaring dan air saringannya diminum dua kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Mengatasi Panas pada Anak karena Gangguan Hati (Liver)
Caranya: Ambil dan cuci 7-14 kuntum bunga kenop segar sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa 11/2 gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum sehari tiga kali, masing-masing 1/2 gelas. Catatan : Untuk gangguan livernya harus tetap konsultasi dengan dokter.
Obat Alami Untuk Disentri
Caranya: Ambil dan rebus 10 kuntum bunga kenop segar dalam 100 cc arak kuning sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.

Semua artikel Herbal di web ini hanya bersifat informasi dan tidak untuk menggantikan pendapat ahli, dokter, atau profesional. Konsultasikan pada ahlinya sebelum anda menggunakan resep herbal di web ini.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 00:28:00

0 komentar:

Powered by Blogger.