Bunga Pukul Delapan, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Posted by

Sebagai tanaman hias yang memiliki bunga warna-warni dan sangat mudah tumbuh, tanaman ini memang sangat bagus ditanam sebagai tanaman hias penutup tanah diantara tanaman lain yang tumbuh tinggi (jenis pohon). Bunga Pukul Delapan memiliki nama latin Portulaca grandiflora Hook sehingga tanaman ini juga disebut dengan nama tanaman portulaka. Tanaman bunga pukul delapan masuk dalam Family Portulacaceae. Awalnya bunga pukul delapan adalah tanaman liar yang mudh tumbuh dimana-mana. Bunga Pukul Delapan atau Portulaka merupakan tanaman asli Argentina, selatan Brazil, dan Uruguay. Biasanya, ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan atau di taman-taman. Herba ini memerlukan sinar matahari penuh agar tumbuh subur dan berbunga meriah. Portulaka dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian. 1.400m dpl.


Terna semusim yang berbatang basah ini tumbuh menyamping atau naik ke atas, panjang 15-30 cm, sering bercabang mulai dari pangkalnya, pada ruasnya berambut halus, dan warnanya merah atau hijau. Daun tunggal, letak tersebar, tidak bertangkai, di ujung batang berjejal rapat, ke bagian pangkal daunnya lebih jarang. Helaian daun tebal berdaging, berair, bentuk jarum, bulat silindris, ujungnya tumpul, panjang 1-3,5 cm, warnanya hijau.
Bunga berkumpul berkelompok 2-8 di ujung batang, mekar pada pukul delapan pagi dan layu menjelang sore, warnanya merah, dadu, putih, oranye atau kuning. Buah bentuknya bulat telur, permukaan berambut, panjang 5-8 mm. biji bulat, jumlah banyak, kecil, dan berwarna cokelat muda. Perbanyak dengan stek batang atau biji yang sudah tua. Herba ini rasanya pahit, sifatnya dingin. Berkhasiat menghilangkan bengkak, penghilang nyeri (analgesic), antiradang, dan menghilangkan bekuan darah.


Seluruh herba mengandung portulal. Batang dan bunga mengandung betacyanin, beranin, dan betanidin. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah seluruh herba dalam bentuk segar. Herba digunakan untuk mengatasi : Sakit tenggorok,sakit kepala, Radang hati (hepatitis), dan Bengkak akibat terbentur (memar).

Cara Pemakaian Dalam (Diminum): Rebus seluruh herba (15-30g) dan minum setelah dingin. Bisa juga herba segar dibuat jus, lalu minum. Cara pemakaiannya tak berbeda jauh dengan penggunan herba lainnya. Anda bisa merebus Bunga Pukul Delapan ini sekitar 15-30 gram dan kemudian air rebusannya diminum setelah dingin atau Anda juga bisa membuat herba segar ini menjadi jus dengan dicampurkan berbagai buah-buahan sehingga rasanya menjadi enak.

Cara pemakaian luar,  Siapkan dan cuci herba segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tempelkan pada bagian yang sakit, seperti gigitan serangga, bisul, koreng, atau memar, lalu balut. Air perasan gilingan herba segar juga bisa digunakan untuk mencuci dan mengompres ekzema, luka bakar, atau tersiram air panas.

Cara Membuat Ramuan Tanaman Portulaka Sebagai Obat Herbal

Untuk Pengobatan Sakit Hepatitis
Caranya: Siapkan dan cuci herba partulaka segar (30 gram), lalu giling sampai halus. Peras dengan sepotong kain, lalu minum air yang terkumpul sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari sampai sembuh.

Untuk Mengatasi Ekzema pada bayi
Caranya: Ambil dan cuci herba segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Gunakan air perasannya untuk mengompres ekzema.

Obat Alami Sakit Tenggorokan
Caranya: Ambil dan cuci herba portulaka segar, lalu giling sampai halus dan peras sampai airnya terkumpul satu cangkir. Tambahkan sedikit boraks, lalu gunakan untuk kumur-kumur.

Mengobati Keluhan Sakit kepala
Caranya: Siapkan dan cuci seluruh bagian portulaka segar, kecuali akar, (+/- 30 gram). tambahkan dua gelas air, rebus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Jika sakit berulang, lakukan 2-3 kali dalam sehari.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 21:10:00

0 komentar:

Powered by Blogger.