Kubis, Manfaat dan Kandungan Nutrisinya

Posted by

Manfaat Kubis Bagi Kesehatan
Tanaman Kubis. Kubis adalah jenis sayuran yang tumbuh didaerah dingin dengan ketinggian tertentu dan tidak cocok jika ditanam didaerah panas. Di daerah Jawa Tengah, terutama di Kabupaten Wonosobo, Kubis ini banyak dimanfaatkan sebagai sayuran utama pada makanan khas yang bernama "megono" yang terdiri dari nasi dicampur dengan sayuran (terutama kubis) dan juga dengan parutan kelapa dan bumbu secukupnya. Makanan yang bernama "megono" ini sangat nikmat dijadikan menu sarapan dengan lauk "tempe kemul" yaitu makanan khas Wonosobo juga yang terbuat dari tempe yang digoreng dengan dibungkus tepung dengan bumbu khas Wonosobo.

Ternyata manfaat kubis tidak hanya sebatas sebagai sayuran tetapi juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat yang terkandung pada kubis?

Nutrisi Pada Kubis:
  • Vitamin A
  • Vitamin B kompleks
  • Zat besi
  • Kalium
  • Ripoflavin
  • Asam folat
Berikut ini manfaat Kubis Bagi Kesehatan

Manfaat Kubis Untuk Mengatasi Sariawan
Kandungan zat glutamine yang ada dalam kubis bisa untuk obat alami pada sariawan dengan cara mengonsumsi kubis sebagai jus (minuman).

Menjaga Kestabilan tekanan darah
Kalium memang senyawa yang baik untuk mengurangi gejala hipertensi, tingginya kandungan kalium dalam kubis membuatnya merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk darah tinggi.

Menyehatkan Sistem Pencernaan
Kubis juga kaya akan sulfur dan mineral lain yang berfungsi sebagai pembersih sistem pencernaan manusia. Mengonsumsi kubis akan mencegah konstipasi.

Mencegah Penyakit Otak Alzheimer
Berdasarkan penelitian ternyata zat dalam kubis bisa mencegah penyakit Alzheimer dan bahkan bisa untuk mengobati pasien yang terkena Alzheimer.

Manfaat Diet, Menurunkan Berat Badan
Kubis hijau dan merah diketahui rendah kalori dan mengandung banyak vitamin serta mineral.

Manfaat untuk Mencegah Penuaan Dini
Kubis mengandung vitamin C yang tinggi dan menjaga kulit agar tetap muda, serta memperlambat proses penuaan. Selain itu, kubis juga merupakan sumber vitamin E yang baik.

Sumber Antioksidan Penangkal Radikal Bebas dan Pencegah Kanker
Mengonsumsi kubis bisa memberikan tubuh flavonoid yang bisa melindungi tubuh dari kanker.

Menyehatkan Mata
Vitamin A dalam kubis membantu menyehatkan mata dan menjaga kesehatan mata.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kubis kaya akan vitamin E yang bertugas sebagai elemen kunci dalam perbaikan sel dan jaringan dalam tubuh. Tak hanya itu, vitamin E dalam kubis juga bisa memperlancar metabolisme. Kubis juga bisa meningkatkan lebih banyak antibodi.

Manfaat Kubis Sebagai Anti Inflamasi
Kubis memiliki zat Anti-inflamasi dan merupakan sumber utama glutamin. Glutamine adalah agen anti-inflamasi yang kuat, sehingga mengkonsumsi kubis dapat mengurangi efek dari berbagai jenis penyakit seperti peradangan, iritasi, alergi, nyeri sendi, demam, dan berbagai gangguan kulit.

Manfaat Kubis Sebagai Obat Sakit Kepala Alami
Caranya: Menggunakan daun kubis yang dikompres hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala. Selain itu, menghancurkan daun kubis dan meletakkannya di dahi juga dapat meringankan sakit kepala. Untuk sakit kepala kronis, membuat jus kubis 25-50 ml dapat membantu membasmi sakit kepala tersebut.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:02:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.