Mengapa Sapi Madura Harganya Mahal?

Posted by

Benarkah Sapi Madura Adalah Sapi Potong Lokal Termahal?

Harga sapi madura perekor biasanya jauh lebih murah daripada sapi limousine atau simmental mengapa? Karena ukuran bobot tubuh sapi madura kecil dan beratnya ringan sehingga terkesan harga murah jika dihitung perekor.

Tetapi kenyataannya saat dikonversi ke kg, harga sapi Madura siap potong bahkan jauh lebih mahal dari sapi limousine, Simmental bahkan PO.

Sapi Madura - Tulang Kecil
Sapi Tulang Besar

Harga sapi madura saat ini dipasaran perekor antara 14 jutaan sampai 17 jutaan. Sementara harga sapi Limousine dan simmental banyak yang diatas 20 juta per ekor. Kelihatan lebih mahal mana? Limousine dan simmental.

Ternyata jika kita timbang hasilnya adalah:
Berat sapi madura antara 200 - 300 kg, sehingga harga per kg Rp 56.000/kg
Berat limousin dan simmental siap potong antara 400 - 450 kg, sehingga harga per kg Rp 45.000/kg

Dari hitung-hitungan diatas terlihat ternyata harga sapi Madura per kg jauh lebih MAHAL daripada sapi jenis lainnya.

Mengapa harga sapi Madura bisa lebih mahal dari jenis sapi lain?

Sapi Madura adalah jenis sapi tulang kecil dan Daging Tanpa Lemak (Jantan).
Salah satu alasan harga sapi madura mahal adalah sapi madura terkenal memiliki tulang yang kecil dan juga daging non fat pada yang jantan. Dengan tulangnya yang kecil tersebut saat sapi Madura gemuk maka persentase dagingnya akan jauh lebih banyak daripada sapi jenis lain yang memiliki tulang kasar/tulang besar

Sapi Madura Adalah Sapi Favorit untuk Kurban
Dengan ukurannya yang berbobot kecil, sapi Madura menjadi salah satu sapi pilihan untuk digunakan sebagai sapi kurban sehingga membuat harga sapi ini selalu lebih mahal daripada sapi lain jika dijual per kg berat hidup.

Didaerah Asalnya, Harga Sapi Madura Sudah Mahal Karena Harga Daging yang Tinggi
Didaerah asalnya sendiri yaitu pulau Madura, sapi madura sudah berharga mahal karena di Madura harga jual daging hampir selalu lebih tinggi bahkan dengan harga daging di kota besar seperti Surabaya. Saking mahalnya harga sapi Madura di Pulau Madura kadang membuat jaga-jagal dari Madura berbelanja atau membeli sapi potong di luar pulau madura seperti ke Tuban, Babat, Bojonegoro, Leces dan Lumajang.

Sekilas Info Berat Potong Sapi Madura
Hasil survey menunjukkan bahwa rata-rata bobot badan Sapi Madura saat dipotong adalah 316,48 kg. Data yang didapat menunjukkan bahwa bobot badan ternak sangat bergam, yaitu bobot terendah sebesar 181,83 kg dan bobot tertinggi sebesar 448,48 kg.

Rata-rata bobot badan Sapi Madura saat dipotong
  • Kabupaten         Rata-rata Bobot Badan (Kg)
  • Bangkalan            349,06
  • Sampang              383,34
  • Sumenep              246,21
  • Pamekasan           263,19
  • Rata-rata            316,48
Demikian sedikit info tentang harga sapi madura yang jika dikonversi per kg jauh lebih mahal daripada sapi jenis lain seperti jenis Limousine, Simmental, PO dan SO. Pertanyaannya adalah: Apakah hasil potong sapi Madura lebih menguntungkan bagi Jagal daripada sapi Jenis Lain? Para jagal sendiri yang bisa menjawabnya.

Semoga bermanfaat.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:05:00

0 komentar:

Powered by Blogger.