Obat Kejang Pada Anak-anak: Tanaman Kembang Coklat, Manfaat dan Cara Penggunaannya

Posted by

Manfaat Tanaman Herbal Kembang Coklat (Zephyranthes candida Herb.) Untuk Mengobati Epilepsi dan Kejang Pada Anak-anak Secara Alami


Tanaman Kembang Coklat
. Ciri khas tanaman kembang coklat adalah memiliki daun yang panjang dan memiliki umbi pada akarnya. Gambaran lengkap tentang tanaman kembang coklat yang merupakan Familia dari Amaryllidaceae adalah merupakan tumbuhan terna kecil berumbi, warga suku bakung-bakungan, tinggi 15 – 30 cm, berasal dari Chili dan Brasilia. Daunnya panjang dan pipih keluar dari bonggol umbi yang terletak di dalam tanah. Daun agak melengkung, licin. Bunga mempunyai tangkai, tunggal, warna putih dan dadu, berbentuk seperti corong yang menghadap ke atas. Biji warna hitam dan pipih. Umbi berwarna putih, berlendir.

Tanaman kembang coklat dikenal memiliki kemampuan untuk meringankan penyakit epilepsi dan juga mengobati demam pada anak-anak karena tanaman ini memiliki sifat sebagai penurun panas dan memiliki rasa agak manis. Manfaat tanaman kembang coklat ini tidak lepas dari kandungan zat aktif pada tanaman yang berupa  Lycorine, tazettin, haemanthidine, nerinine. Selain itu kembang coklat juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan hati (penyakit lever). Di negara tirai bambu china, tanaman kembang coklat dikenal dengan nama Gan leng cao. Seluruh bagian tanaman ini (herba) bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional.


Cara Membuat dan Menggunakan Ramuan Tanaman Kembang Coklat Sebagai Obat Alami


Ramuan untuk penyakit Epilepsi
Caranya: Siapkan lebih kurang 10 gr herba (Z.candida) dan gula batu secukupnya, kemudian direbus dan di minum.

Ramuan Kembang Coklat Untuk Obat Kejang pada anak-anak
Caranya: Ada 2 cara untuk membuat dan menggunakan kembang coklat sebagai obat kejang pada anak-anak yaitu:
Cara pertama: Siapkan 10 – 15 gr daun segar dan gula batu secukupnya, direbus, minum.
Cara kedua: Ambil 10 – 15 gr herba ditambah garam, dilumatkan, untuk ditempel pada pelipis. Mirip seperti kompres pada saat demam.

Efek Samping dan Bahaya Tanaman Kembang Coklat
Belum ada informasi dan laporan resmi mengenai efek samping penggunaan tanaman kembang coklat sebagai obat herbal selama dalam pemakaian yang wajar sesuai dosis dan aturan pakai serta tidak berlebihan. Kadang karena ingin sembuh seseorang menggunakan obat herbal secara berlebihan dan ini malah bisa memicu timbulnya efek samping, salah satu efek samping penggunaan herbal yang berlebihan adalah kerusakan ginjal sebagai akibat ginjal bekerja terlalu keras menyaring obat-obatan yang masuk dalam darah.

Silakan sebarkan dan bagikan info tanaman kembang coklat ini jika bermanfaat. Terima kasih.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 17:53:00

0 komentar:

Powered by Blogger.