Prediksi Harga Sapi Kurban Tahun 2016

Posted by

Estimasi Harga Sapi Lokal Untuk Kurban Type Jumbo, Sedang dan Kecil 2016

Harga sapi lokal saat ini adalah harga tertinggi sejak beberapa bulan terakhir. Meskipun banyak jagal yang mengurangi jumlah potongan sapinya ternyata harga sapi dipasaran tetap cenderung bertahan tinggi.

Jika kondisi harga seperti ini terus bertahan maka kemungkinan besar harga sapi untuk lebaran haji atau hari raya kurban tahun ini 2016 akan bisa jauh lebih tinggi daripada harga sapi kurban tahun 2015.

Hal ini bukan merupakan prediksi yang asal-asalan karena kenyataan dipasar hewan membuktikan bahwa populasi sapi lokal yang beredar dipasar hewan cenderung terus menurun dari bulan ke bulan. Kenyataan lain, saat ini harga sapi pedet dan sapi bakalan dengan ukuran yang kecil sangat berbeda jauh dengan harga sapi besa yang siap potong. Sapi dengan bobot kecil dibawah 300 kg adalah sapi favorit para pedagang sapi kurban karena sapi berat kecil inilah yang paling disukai para pembeli sapi kurban karena disesuaikan dengan budget pembeliannya.

Bagaimana dengan harga kurban untuk sapi yang super jumbo atau super besar? Sapi jenis ini yang beratnya bisa mencapi 1 ton lebih tetap akan mendapatkan apresiasi harga bagus bagi para peminat sapi kurban dengan ukuran besar atau Jumbo.

Berikut beberapa prediksi harga per kg sapi hidup untuk kurban berdasarkan jenis dan bobotnya.
  • Sapi kecil, Sapi Madura Kisaran harga Kurban untuk 2016 antara Rp 55.000 - Rp 65.000 per kg berat hidup. Ini juga berlaku untuk sapi jenis lain dengan berat kecil antara 200 - 250 kg.
  • Sapi sedang, dengan berat antara 300 - 500 kg jenis limousine, simmental maupun PO harga kisaran untuk kurban 2016 diperkirakan antara Rp 47.000 - Rp 50.000 per kg berat sapi hidup.
  • Sapi Potong, sapi potong yang dimaksud adalah sapi ideal yang biasa dipotong jagal tetapi juga dipakai sebagai sapi kurban perkiraan harganya antara Rp 45.000 - 48.000 per kg hidup
  • Sapi Jumbo, sapi super dengan berat diatas 1 ton. Harga sapi jumbo atau sapi super besar biasanya sangat tergantung dari "kesukaan" pembeli disamping tentu saja kualitas bentuk fisik sapi yang ideal. Perkiraan harganya masih akan tetap jauh lebih tinggi daripada harga sapi jenis yang lainnya. Harga untuk sapi super jumbo diperkirakan berkisar antara Rp 70.000 - Rp 120.000 per kg berat hidup. Kisaran harga antara Rp 70.000.000 - 125.000.000 per ekor.
Demikian beberapa prediksi harga sapi kurban 2016, mudah-mudahan tidak terlalu jauh meleset dari kenyataan dan bisa dijadikan sedikit acuan bagi yang ingin berkurban ataupun ingin berdagang sapi kurban.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 01:51:00

1 komentar:

Dewi Sempurna said...

alhamdulillah bermanfaat sekali informasi mengenai kurban ini, terimakasih.

Loading...
Powered by Blogger.