Rumput Belang, Manfaat dan Cara Menggunakannya Sebagai Obat Tradisional

Posted by

Manfaat Tanaman Hias Rumput Belang Bagi Kesehatan
Rumput Belang. Tanaman yang bernama rumput belang ini adalah merupakan tanaman hias yang sangat mudah tumbuh dan bisa diperbanyak hanya dengan menggunakan batangnya saja (stek Batang). Dengan menancapkan potongan batang rumput belang pada tanah atau media tanam yang gembur dan subur dan dibarengi dengan sedikit penyiraman makan tanaman rumput belang bisa tumbuh dengan subur, apalagi jika ditambah dengan pemupukuan (organik dan anorganik). Rumput belang ini merupakan tanaman menahun yang memiliki batang lemah tetapi mudah tumbuh jika di stek.

Rumput belang adalah jenis tanaman hias yang berasal dari meksiko dan dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu sebagai ramuan obat tradisional. Rumput yang memiliki nama latin Zebrina pendula Schnl ini banyak ditanam masyarakat dalam pot-pot dan dijadikan hiasan pada teras-teras rumah. Dikenal juga dengan nama diao zhu mei di negara china. Rumput belang kaya kandungn kimia, beberapa yang sudah diketehui antara lain kalsium oksalat dan gummi yang terdapat pada batang dan daun tanaman anggota familli Commelinaceae ini bersifat manis, dingin, dan agak beracun.

Untuk memanfaatkan tanaman rumput belang sebagai obat, anda bisa memanfaatkan selirih bagian tanaman (herba) rumput belang tentunya dengan memperhatikan cara pemakaian dan dosis yang dianjurkan.



Cara Membuat dan Menggunakan Ramuan Rumput Belang Sebagi Obat Tradisional

Ramuan untuk mengobati Batuk darah
Caranya: Siapkan dan cuci bersih 7 gr tanaman segar termasuk bagian akar. Setelah dicuci bersih, tumbuk tanaman hingga halus. Dengan kain perca, peras tumbukan itu hingga air keluar, lalu minum.

Ramuan untuk mengobati Disentri kronis
Caranya : Siapkan 150 gr rumput belang segar dan cuci bersih lalu tambahkan 30 gr beras putih yang telah disanggrahi sampai kuning, rebus kedua bahan tersebut dalam 6 gelas air bersih. Setelah mendidih, diamkan hingga air tersisa 3 gelas. Minum air rebusan itu sehari 32 kali, masing-masing 1 gelas.

Ramuan rumput belang untuk obat Bisul
Caranya : Siapkan tanaman segar secukupnya, lalu cuci bersih dan lumatkan. Hasilnya dibubuhkan diatas bisul dan sekitarnya.

Ramuan untuk mengobati keluhan keputihan pada wanita
Caranya : Siapkan 150 gr rumput belang segar dan cuci bersih lalu tambahkan 30 gr beras putih yang telah disanggrahi sampai kuning, rebus kedua bahan tersebut dalam 6 gelas air bersih. Setelah mendidih, diamkan hingga air tersisa 3 gelas. Minum air rebusan itu sehari 32 kali, masing-masing 1 gelas.

Ramuan rumput belang untuk mengobati Kencing nanah
Caranya : Siapkan sekitar 75 gr rumput belang segar dicuci bersih. Lalu, rebus dengan 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 mangkuk. Minum hasil rebusan 2 x sehari, masing-masing 1/2 mangkuk.

Efek Samping dan Bahaya Tanaman Rumput Belang
Belum ada laporan dan informasi mengenai efek samping penggunaan rumput belang sebagai obat sejauh mengikuti aturan dan dosis yang dianjurkan. Penggunaan rumput belang jangan berlebihan karena sifatnya yang sedikit beracun jika digunakan secara berlebihan dikhawatirkan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Silakan sebarkan dan bagikan informasi tentang rumput belang ini jika bermanfaat. Terima kasih.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:10:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.