Tanaman Ajeran, Manfaat dan Cara Pemakaiannya

Posted by

Manfaat Penggunaan Tanaman Ajeran (Bidens pilosa L.) Sebagai Obat Herbal

Tanaman Ajeran. Tanaman ini memiliki beberapa persamaan nama atau sinonim yaitu antara lain Bidens sundaica Blume (1826), Bidens leucorrhiza (Lour.) DC. (1836), Bidens pilosa L. var. minor (Blume) Sherff (1925). Dalam taksonomi tanaman, ajeran masuk dalam Familia Asteraceae (Compositae).

Tanaman ajeran bisa dimanfaatkan sebagai minuman seperti halnya teh, anda dapat menggunakan daun anjeran sebagai minuman penyegar. Dengan menggunakan daun ajeran segar lebih kurang 10 gram yang sudah dicuci dan dibersihkan kemudian anda rebus dengan dua gelas air sampai mendidih setelah itu anda dinginkan. Minuman penyegar ajeran siap dinikmati dengan tambahan sedikit gula atau madu sebagai penambah rasa.

Bunga Ajeran
Ciri-ciri dan Deskripsi Tanaman Ajeran. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan liar dan banyak ditemui di pinggir jalan. Kadang-kadang ditanam di halaman, sebagai tanaman hias. Tumbuhan ini tergolong terna, tinggi dapat mencapai 150 cm. Batang berbentuk segi empat, warna hijau. Daun bertiga-tiga, masing-masing berbentuk bulat telur, pinggir bergerigi. Bunga bertangkai panjang, mahkota bunga berwarna putih dengan putik berwarna kuning. Bagian yang digunakan Seluruh bagian tumbuhan yang berada di atas tanah (herba).

Berdasarkan penelitian yang tengah mengidentifikasi mengenai kandungan dari tanaman ajeran ini menemukan beberapa kandungan yang memiliki sifat rasa pahit, agak dingin, penurun panas (antipiretik), anti radang (anti inflamasi), menghentikan perdarahan, melancarkan peredaran darah, astringen dengan kandungan kimia Phytosterin-B. Kandungan Kimia Ajeran : alkaloid poliina, saponin, zat pahit, minyak atsiri, dan zat samak.

Tumbuhan Ajeran
Banyak sekali nama yang bisa dialamatkan untuk menyebut tanaman ini, simak saja yang berikut ini: ajeran, hareuga (Sunda), jaringan, ketul (Jawa). Black jack (En). Sornet (Fr). Malaysia: kancing baju, pau-pau pasir, keroten. Papua New Guinea: ivu na mag (Gunantuna, New Britain), rakot (Kurtatchi, Bougainville). Philippines: dadayem (Ibanag), burburtak (Ilocano), pisau-pisau (Bisaya). Thailand: puen noksai, kee nok sai, yaa koncham khaao. Vietnam: d[ow]n bu [oos] t, t [uwr] t [oo] hoang, q [ur]y tr [aa] m th [ar] o. Bidentitis pilosae Herba; Herba Ajeran.


Manfaat Ajeran:
  • Antipiretik
  • Antiinflamasi
  • Antiseptik
  • Demam.
  • Gangguan pencernaan
  • Rematik (nyeri persendian).
  • Selesma.
  • Usus buntu.
  • Wasir.
Cara Membuat Ramuan dan Menggunakan Ajeran Sebagai Obat Herbal

Ramuan Tanaman Ajeran untuk penurun panas
Caranya : Siapkan daun ajeran segar segenggam atau lebih kurang 5 gram, tambahkan dengan daun sembung dan jahe secukupnya. Campur semua bahan dan rebus dengan 500 ml air (setengah liter). Setelah mendidih, dinginkan, lalu saring. Dalam keadaan hangat atau dingin, air hasil saringan dapat dimanfaatkan untuk minuman pereda demam. Atau bisa juga dengan cara siapkan daun ajeran yang telah dikeringkan sekitar satu genggam, campur dengan jahe secukupnya atau cengkeh sekitar lima buah. Rebus semua bahan tersebut dalam dua gelas air. Setelah mendidih, saring, dan dinginkan sebelum diminum.

Ramuan Tanaman Ajeran untuk Obat Selesma
Caranya: Siapkan Herba Ajeran (3 gram), Babakan Pule (200 mg), Daun Sembung (3 gram), Daun Poko (2 gram) dan Air (130 ml). Semua bahan dibuat infus atau diseduh. Minum ramuan 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml. Lakuan secara rutin sampai sehat kembali.


Ramuan Tanaman Ajeran Untuk Mengobati Usus Buntu
Caranya: Siapkan Herba Ajeran (5 gram) dan Air (120 ml), Direbus atau pil. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml, atau 3 kali sehari 9 pil.



Ramuan Ajeran Untuk Menjaga Kesehatan Mata (Mencuci Mata)

Caranya: Siapkan sekitar segenggam daun anjeran segar atau lebih kurang 5 gram ukuran sedang. Cuci dan bersihkan sebelum direbus dalam air sebanyak satu gelas. Setelah mendidih, dinginkan. Setelah benar-benar dingin, Anda dapat memanfaatkan rebusan daun ajeran tersebut untuk mencuci mata. Sebaiknya gunakan alat khusus (gelas pencuci mata) yang dapat dibeli di apotek agar lebih bersih dan efisien.

Ramuan Untuk Obat Luar. Radang kulit bernanah (Pyodermi), gigitan ular, memar terpukul, wasir, gatal-gatal, caranya lumatkan bahan segar untuk dipakai ditempat yang sakit, atau rebus dengan air untuk cuci. Untuk koreng, daun dilayukan diatas apai, ditempelkan pada koreng.

Efek Samping dan Bahaya Pemakaian Tanaman Ajeran
Belum ada laporan dan informasi resmi mengenai bahaya dan efek samping penggunaan tanaman ajeran sebagai obat. Gunakan ramuan ajeran sesuai dosis dan aturan pakai yang dianjurkan. Jangan berlebihan karena semua yang berlebihan bisa memicu timbulnya efek samping seperti gangguan ginjal akibat kerja ginjal yang terlalu keras menyaring kelebihan obat-obatan termasuk herbal.

Silakan bagikan dan sebarkan info manfaat tanaman ajeran ini jika bermanfaat. Terima kasih.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:19:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.